Efektivitas Promosi Bandri Kembang Florist Melalui Sistem Pemasaran Online Menggunakan Epic Model (Kasus Di Bandri Kembang Florist, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu)

Atmaja, Ghaffar Rafi' (2019) Efektivitas Promosi Bandri Kembang Florist Melalui Sistem Pemasaran Online Menggunakan Epic Model (Kasus Di Bandri Kembang Florist, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia terdiri dari beberapa sub sektor, yaitu sub sektor tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan perkebunan. Sub sektor hortikultura mencakup tanaman buah-buahan, tanaman sayur-sayuran, tanaman hias (florikultura) dan tanaman bahan obat (biofarmaka). Sub sektor hortikultura mempunyai peran terhadap perkembangan pembangunan perekonomian di Indonesia. Tanaman hias (florikultura) yakni salah satu komoditas dari sub sektor hortikultura yang ikut andil dalam pembangunan perekonomian di Indonesia. Perkembangan usaha di bidang florikultura terutama pada tanaman hias dan bunga potong di Indonesia cukup pesat. Dewasa ini bunga potong yang cukup diminati oleh masyarakat yakni bunga potong jenis krisan. Peminat bunga potong krisan sendiri banyak dari berbagai kalangan masyarakat. Bunga krisan memiliki corak warna yang beragam dan juga tahan lama membuat bunga krisan banyak peminatnya. Indonesia khususnya Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi sumberdaya alam yang melimpah. Kondisi geografis di provinsi Jawa Timur yang mendukung karena di beberapa tempat memiliki dataran sedang sampai tinggi yang menjadi salah satu syarat untuk budidaya tanaman hias (florikultura). Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu sentra produksi tanaman hias (florikultura) di Indonesia. Sentra produksi tanaman hias (florikultura) berada di Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang serta Kota Batu. Bandri Kembang Florist yakni salah satu usaha yang bergerak di bidang florikultura dengan menjual tanaman hias yang beralamatkan di Desa Sidomulyo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Salah satu tanaman hias jenis bunga potong yang dibudidayakan yakni tanaman hias bunga krisan potong. Bunga krisan potong ini dijual secara langsung melalui toko Bandri Kembang Florist serta dijual juga secara online melalui Blog dan Facebook. Bandri Kembang Florist tidak hanya melayani kosumen yang ada di area sekitar Kota Batu dan Kota Malang. Bandri Kembang Florist juga melayani konsumen dari luar kota bahkan luar pulau. Pemasaran yang dilakukan oleh Bandri Kembang Florist dengan memanfaatkan media jejaring sosial seperti Facebook, dan Blog. Pemasaran melalui media jejaring sosial dewasa ini menjadi trend. Media jejaring sosial yang mudah digunakan dan dapat diakses kapan pun dan dimana pun membuat pelaku usaha dapat memasarkan produknya lebih mudah. Kurangnya kontrol dari pengelola Bandri Kembang terhadap media sosial yang digunakan dalam mempromosikan produk Bandri Kembang membuat akun tersebut belum berjalan dengan semestinya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan bauran pemasaran yang digunakan oleh Bandri Kembang Florist. (2) Menganalisis tingkat efektivitas promosi melalui sistem pemasaran online menggunakan Model EPIC. Penelitian ini dilakukan di Bandri Kembang Florist yang beralamat di Desa Sidomulyo Kecamatan Bumiaji Kota Batu dan penelitian dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan pada bulan Mei 2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data yakni metode analisis tabulasi sederhana dan analisis skoring.ii Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil pengukuran efektivitas promosi dengan menggunakan EPIC Model yang terdiri dari dimensi empati (emphaty), persuasi (persuation), dampak (impact) dan komunikasi (communication) dengan menggunakan dua media sosial facebook dan blog. Hasil EPIC Rate dari masing-masing media sosial tersebut sebesar 3,58 untuk facebook dan 3,63 untuk blog. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Bandri Kembang masuk dalam kategori promosi yang efektif.

English Abstract

The agricultural sector in Indonesia consists of several sub-sectors, namely the food crops, horticulture, livestock and plantation sub-sectors. The horticulture sub-sector includes fruit plants, vegetable crops, ornamental plants (floriculture) and medicinal plants (biopharmaca). The horticulture sub-sector has a role in the development of economic development in Indonesia. Ornamental plants (floriculture) is one of the commodities from the horticulture sub-sector that contributes to economic development in Indonesia. Business development in the field of floriculture, especially in ornamental plants and cut flowers in Indonesia is quite rapid. Today cut flowers are in demand by the public, namely chrysanthemum cut flowers. Many chrysanthemum cutters are interested in from various circles of society. Chrysanthemum flowers have a variety of colors and are also long lasting making many chrysanthemums. Indonesia, especially East Java Province, is one of the regions that has abundant natural resource potential. Geographical conditions in the province of East Java are supportive because in some places it has moderate to high plains which is one of the requirements for the cultivation of ornamental plants (floriculture). East Java Province is one of the centers of ornamental plant production (floriculture) in Indonesia. Ornamental plant production centers (floriculture) are in Tutur District, Pasuruan Regency, Poncokusumo District, Malang Regency and Batu City. Bandri Kembang Florist is one of the stores that is engaged in floriculture by selling ornamental plants that are addressed in Sidomulyo Village, Bumiaji District, Batu City. One of the ornamental plants of cut flowers is cultivated chrysanthemum cut flowers. This chrysanthemum cut flower is sold directly through the Bandri Kembang Florist shop, not only sold through stores but also sold online through Blog and Facebook. Bandri Kembang Florist does not only serve customers in the area around Batu City and Malang City. Bandri Kembang Florist also serves consumers from outside the city even outside the island. Marketing conducted by Bandri Kembang Florist by utilizing social networking media such as Facebook and Blog. Marketing through social media today is a trend. Social networking media that is easy to use and can be accessed at any time and wherever it makes businesses can market their products more easily. The lack of control from Bandri Kembang's management of social media used in promoting Bandri Kembang products makes the account not run properly. This study aims to: (1) Describe the marketing mix used by Bandri Kembang Florist. (2) Analyzing the level of effectiveness of promotions through an online marketing system using the EPIC Model. This research was conducted at Bandri Kembang Florist, having its address at Sidomulyo Village, Bumiaji Subdistrict, Batu City and the research was conducted in a period of 1 month in May 2018. This research method used a quantitative approach. The method of determining the location of research using a purposive method. The analysis technique used to process data is simple tabulation analysis and scoring analysis. The results of this study indicate that from the results of measuring the effectiveness of promotion using EPIC Model which consists of dimensions of empathy (emphaty), persuasion (persuation), impact (impact) and communicationiv (communication) using two social media Facebook and blogs. The EPIC Rate results of each social media amounted to 3.58 for Facebook and 3.63 for blogs. These results indicate that the promotion strategy carried out by Bandri Kembang was included in the effective promotion category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/658/051907432
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:24
Last Modified: 24 Aug 2020 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173789
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item