Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecelakaan Lalu Lintas oleh Pengendara Sepeda Motor di Kota Malang

Pradhini, Virnanda Putri (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecelakaan Lalu Lintas oleh Pengendara Sepeda Motor di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah kendaraan bermotor di Kota Malang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini dapat menyebabkan kemacetan yang menjadi salah satu penyebab terjadinya stres mengemudi atau rasa jenuh sehingga seringkali mempengaruhi perilaku pengemudi melanggar peraturan lalu lintas dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas (Marwati, 2008). Kecelakaan lalu lintas di Kota Malang mengalami peningkatan setiap tahunnya, namun mengalami penurunan pada tahun 2017. Kecelakaan yang terjadi di dominasi oleh sepeda motor yaitu sebanyak 95,46%. Kecelakaan dapat terjadi karena 3 faktor yaitu faktor manusia, faktor kendaraan, dan faktor lingkungan fisik (Azizirrahman, 2015). Faktor terbesar yang memberikan pengaruh terhadap kecelakaan yang terjadi di Kota Malang adalah faktor manusia. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian terkait kecelakaan lalu lintas khususnya oleh pengendara sepeda motor di Kota Malang, kaitannya dengan penyebab kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas oleh pengendara sepeda motor di Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan pada pengendara sepeda motor yang menggunakan sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari dan pernah mengalami kecelakaan di Kota Malang sebagai responden. Variabel yang dibahas dalam penelitian adalah terkait dengan karakteristik kecelakaan yang dialami oleh pengendara sepeda motor, karakteristik pengendara sepeda motor yang dibagi menjadi aspek sosial ekonomi, aspek pergerakan, dan aspek perilaku, serta penilaian terhadap faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang dibagi menjadi faktor manusia, faktor kendaraan, dan faktor lingkungan fisik. Metode yang digunakan dalam pengolahan data di penelitian ini adalah metode statistik deskriptif yaitu analisis distribusi frekuensi dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis terhadap variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian, terdapat 31 variabel yang berpengaruh terhadap kecelakaan di Kota Malang, 16 variabel diantaranya memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kecelakaan di Kota Malang yaitu variabel waktu kecelakaan, usia pengendara, pendidikan, penghasilan, frekuensi aktivitas, jarak tempuh perjalanan, kepemilikan SIM, kecepatan rata-rata berkendara, memakai helm, berkendara dengan berboncengan, berkendara berombongan, mematuhi rambu lalu lintas, mendahului dari sebelah kanan, memakai sein saat akan berbelok, mengendarai sepeda motor dengan bermain handphone, dan mengendarai sepeda motor saat hujan/cuaca buruk. Sedangkan 15 variabel lainnya memberikan pengaruh secara signifikan terhadap kecelaakaan yang terjadi di Kota Malang yaitu variabel kecepatan tinggi/ugal-ugalan, tidak tertib (melanggar marka jalan/rambu lalu lintas), kurang berhati- hati, tidak mendahulukan pejalan kaki, tidak mengutamakan jalan utama, melawan arus, tidak menggunakan lampu sein saat akan berbelok, tidak menjaga jarak aman, tidak menggunakan kaca spion, kerusakan pada lampu, jalan berlubang, jalan tergenang, jalan tanpa rambu lalu lintas/marka jalan, jalan gelap, dan tikungan tajam

English Abstract

The number of motorized vehicles in Malang has increased every year. This issue will create chaos to the traffic and frequently lead to the driver’s horrible performance which cause road traffic accidents. Road traffic accidents are consistently increasing year after year in Malang, however the rates have decreased in 2017. 95.6% of road traffic accidents are dominated by the number of motorcycles accident . Human and vehicle condition also physical environment state are the common factors to a road traffic accidents.The biggest factor that affects to the accidents that occur in Malang is human factors. Therefore research is needed regarding traffic accidents especially by motorcycle riders in Malang related to the causes of accidents. It aims to find out what factors affecting the accident in Malang. The purpose of this research is to observe factors causing road traffic accidents by motorcycles in Malang. Data were obtained through questionnaires given to respondents, based on these criteria: 1) motorcycle rider who uses motorcycle for daily activities and 2) has experienced road traffic accidents by motorcycles. Variables observed in this research are regarding characteristics of road traffic accidents experienced by motorcycle riders, characteristics of motorcycle riders, which divided by social-economic aspect, movement aspect, behavioral aspect, and assessment towards factors causing road traffic accidents which divided into human factor, vehicle factor, and physical environment factor. This research uses descriptive statistics method, specifically frequency distribution analysis and multiple linear regression. The result of analysis towards variables used in this research found 31 variables which influence road traffic accidents in Malang. 16 of those variables are not significantly influencing road traffic accidents in Malang. Those 16 variables are: the time of the accident, the age of the driver, education, income, frequency of activities, travel distance, driving license ownership, average driving speed, wearing a helmet, driving with pillion, driving in groups, obeying traffic signs, overtaking from the right, wearing a turn signal when going to turn, riding a motorcycle by playing cellphones, and riding a motorcycle during rain / bad weather. While, the rest 15 variables are significantly influencing road traffic accidents in Malang. Those 15 variables are: high speed / inconsiderate, disorderly (violating road markings / traffic signs), lack of caution, not prioritizing pedestrians, not prioritizing the main road, going against the flow, not using a turn signal when going to turn, not keeping a safe distance , not using the rear view mirror, damage to lights, potholes, flooded roads, roads without traffic signs / road markings, dark roads, and sharp turns.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/16/051904496
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan lalu lintas, Faktor penyebab kecelakaan, Regresi linier berganda, road traffic accident, factors causing accident, multiple linear regression.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics > 519.53 Descriptive statistics, multivariate analysis, analysis of variance and covariance > 519.536 Regression analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:23
Last Modified: 24 Aug 2020 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173754
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item