Pengaruh Kemauan Masyarakat Terhadap Penggunaan Angkutan Umum di Kota Malang

Larini, Vicky Astri (2019) Pengaruh Kemauan Masyarakat Terhadap Penggunaan Angkutan Umum di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Angkutan kota merupakan angkutan umum di Kota Malang yang ada sejak sekitar tahun 1980. Namun, jumlah pengguna angkutan kota di Kota Malang mengalami penurunan dari tahun ke tahun, dilihat dari penurunan jumlah armada angkutan kota, yang berkurang 5- 10 kendaraan setiap tahun. Hal ini bertolak belakang dengan jumlah pengguna angkutan berbasis online yang relatif lebih muda keberadaannya di Kota Malang. Angkutan berbasis online mendapat respon positif dari masyarakat Kota Malang, dilihat dari semakin meningkatnya driver angkutan berbasis online. Hal tersebut yang akhirnya membuat persaingan antara angkutan kota dan angkutan berbasis online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penggunaan angkutan umum di Kota Malang berdasarkan kemauan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum dan mengetahui pengaruh kemauan masyarakat menggunakan angkutan umum terhadap penggunaan angkutan umum di Kota Malang. Variabel yang digunakan adalah karakteristik sosial ekonomi, karakteristik spasial, ciri pergerakan, ciri fasilitas moda, kualitas pelayanan dan kinerja angkutan umum. Analisa yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan perbedaan penggunaan antara angkutan kota dan angkutan berbasis online. Masyarakat cenderung menggunakan angkutan kota karena waktu terjadinya perjalanan dan biaya transportasi, sedangkan masyarakat cenderung menggunakan angkutan online karena waktu perjalanan dan aksesibilitas. Berdasarkan hasil analisis faktor, dari 12 variabel yang digunakan terdapat 4 variabel yang tidak berpengaruh terhadap penggunaan angkutan kota yaitu variabel aksesibilitas, pengalaman perjalanan, kecepatan kendaraan dan kapasitas kendaraan. Sedangkan untuk angkutan berbasis online, 2 variabel yang tidak memberikan pengaruh terhadap penggunaan angkutan online di Kota Malang yaitu waktu terjadinya perjalanan dan kebersihan. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, variabel yang paling mempengaruhi penggunaan angkutan kota adalah biaya perjalanan. Sedangkan variabel yang paling mempengaruhi penggunaan angkutan online adalah aksesibilitas.

English Abstract

City transportation is public transportation in Malang City which has existed since around 1980. However, the number of city transportation users in Malang City has decreased from year to year, judging from the decrease in the number of city transportation fleets, which are reduced by 5-10 vehicles every year. This contrasts with the relatively younger number of online-based transport users in Malang City. Online-based transportation received a positive response from the people of Malang City, judging from the increasing number of online-based transport drivers. This ultimately led to competition between city transportation and transportation based online. This study aims to determine the characteristics of the use of public transport in the city of Malang based on the willingness of the public to use public transport and to know the influence of the willingness of the public to use public transportation on the use of public transportation in Malang City. The variables used were socio-economic characteristics, spatial characteristics, movement characteristics, modal facilities characteristics, service quality and public transport performance. The analysis used is descriptive statistical analysis, factor analysis and multiple linear regression analysis. The results of the analysis show the differences in use between city transportation and online-based transportation. People tend to use city transportation because of the time of travel and transportation costs, while people tend to use online transportation because of travel time and accessibility. Based on the results of factor analysis, of the 12 variables used there are 4 variables that do not affect the use of city transportation, namely accessibility variables, travel experience, vehicle speed and vehicle capacity. Whereas for online-based transportation, 2 variables that do not influence the use of online transportation in Malang City are the time of travel and cleanliness. Based on multiple linear regression analysis, the variable that most influences the use of city transportation is the cost of travel. While the variables that most influence the use of online transportation are accessibility

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/32/051904512
Uncontrolled Keywords: Angkutan Kota, Angkutan Berbasis Online, Willingness To Use, City Transportation, Transportation Based Online, Willingness To Use
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:24
Last Modified: 26 Aug 2020 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173550
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item