Ilmiah, Siti Nur (2019) Analisis Preferensi Pelaku Usaha Agribisnis Terhadap Atribut Peran Sentra Pengembangan Agribisnis (SPA) di Kecamatan Sukomoro dalam Pengembangan Agribisnis di Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor pertanian menyumbang PDRB Kabupaten Nganjuk sebesar 31,57% pada tahun 2017. Pertanian menjadi sektor dengan potensi dominan karena selalu menyumbangkan PDRB diatas angka 30% (BPS, Nganjuk Dalam Angka, 2018). Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam upaya mendukung sektor pertanian membangun Sentra Pengembangan Agribisnis (SPA) Sukomoro sebagai sarana untuk mendukung Kabupaten Nganjuk sebagai kawasan agropolitan. Sebagai sarana pendukung kawasan agropolitan, SPA mencakup kriteria konsep dari infrastruktur yang mendukung berbagai kegiatan dalam sub sistem agribisnis (Idrus, 2012). SPA dalam menjalankan perannya belum dapat dikatakan optimal. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal, seperti penurunan pengunjung dan sistem yang kurang sesuai dengan petani (Putra et al., 2013). Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) melakukan identifikasi karakteristik sosial ekonomi petani dan pelaku usaha agroindustri di Kabupaten Nganjuk, (2) menentukan kombinasi atribut peran Sentra Pengembangan Agribisnis (SPA) di Kecamatan Sukomoro yang sesuai dengan preferensi petani dan pelaku usaha agroindustri di Kabupaten Nganjuk, (3) menentukan urutan prioritas atau nilai kepentingan dari atribut peran Sentra Pengembangan Agribisnis (SPA) di Kecamatan Sukomoro yang dianggap penting menurut preferensi petani dan pelaku usaha agroindustri di Kabupaten Nganjuk. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan non-probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Petani dan pelaku agroindustri dipilih secara sengaja menjadi responden oleh penulis dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan yaitu menggunakan deskriptif kuantitatif untuk menjawab tujuan pertama dan analisis konjoin dengan bantuan software SPSS untuk menjawab tujuan kedua dan ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan sembilan indikator, karakteristik sosial ekonomi pelaku agribisnis adalah untuk responden petani mayoritas berjenis kelamin laki-laki sedangkan pelaku agroindustri berjenis kelamin perempuan. Usia dari petani tergolong dalam usia madya (40-60 tahun) sedangkan pelaku agroindustri bukan dalam usia madya (< 40 tahun). Tingkat pendidikan petani mayoritas SMA sedangkan pelaku agroindustri > SMA (perguruan tinggi). Pengalaman usaha petani lebih tinggi yaitu > 20 tahun dibandingkan pelaku agroindustri yang masih kurang dari lima tahun berjalan. Dari segi pendapatan baik petani maupun pelaku agrindustri tergolong dalam usaha mikro karena pendapatan pertahun kurang dari Rp. 300.000.000. Jangkauan pasar pelaku agroindustri lebih luas daripada petani yaitu mencakup pasar luar provinsi karena menggunakan pemasaran online, sedangkan petani hanya dalam lingkup pasar kabupaten karena pemasarannya melalui tengkulak atau pedagang pengepul lokal. Luas lahan petani tergolong dalam kategori sedang (0,5 ii – 1 ha) dengan penggunaan tenaga kerja luar keluarga. Usaha agroindusti tergolong dalam industri rumah tangga karena memiliki jumlah tenaga kerja 1 – 4 orang. Hasil penelitian mengenai preferensi pelaku agribinis di Kabupaten Nganjuk terhadap peran SPA menunjukkan kombinasi atribut berdasarkan prioritas responden dari yaitu pada Peran Perdagangan Pertanian, level atribut yang menjadi perioritas responden adalah SPA berperan dalam distribusi input pertanian dengan nilai utilitas 0,283. Hasil Preferensi terhadap Peran Pelatihan Pertanian diperoleh hasil bahwa level atribut yang menjadi prioritas responden adalah SPA menjadi pusat program pelatihan spembuatan pupuk alami dengan nilai utilitas 0,256. Hasil preferensi pada Peran Informasi Pertanian, diperoleh hasil bahwa level atribut yang menjadi perioritas responden adalah SPA berperan dalam memberikan informasi harga komoditas dengan nilai utilitas sebesar 0,083. Hasil preferensi pada Peran Pengembangan Bisnis Pertanian atribut yang menjadi prioritas adalah SPA menjadi pusat tempat pelatihan manajerial (entrepreneurship) dengan nilai utilitas 0,037. Urutan prioritas atau nilai kepentingan dari atribut peran Sentra Pengembangan Agribisnis (SPA) berdasarkan nilai kepentingan (importance value) hasil analisis konjoin adalah (1) Pusat Perdagangan Pertanian; (2) Pusat Pelatihan Pertanian; (3) Pusat Infromasi Pertanian; dan (4) Pusat Pengembangan Bisnis Pertanian. Saran yang dapat penulis berikan setelah melakukan penelitian terhadap topik terkait yaitu pemerintah meningkatkan peran SPA sebagai tempat berpusatnya perdagangan pertanian dan pelatihan untuk para palaku usaha agribisnis yang berfokus pada inovasi teknologi dan pengembangan pertanian di Kabupaten Nganjuk. SPA digunakan sebagai tempat pelatihan untuk pelaku usaha untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan baik dari penyuluh maupun dari sesama pelaku usaha. Pemerintah memfungsikan SPA dengan mempertimbangkan preferensi dari maysarakat khususnya pelaku usaha sektor pertanian. Saran untuk peneliti yang akan melakukan penelitian terkait preferensi terhadap peran SPA di kabupaten Nganjuk untuk dapat memperbanyak level atribut dari masing-masing peran yang sesuai dengan kebutuhan pelaku agribisnis dan potensi yang ada. Contohnya seperti menyediakan tempat penjemuran hasil panen untuk petani, menjadi tempat untuk organisasi UMKM.
English Abstract
Agricultural sector contributed to the Nganjuk Regency GDRP by 31.57% in 2017. Agriculture is a sector with dominant potential because it always contributes GDRP above 30% (BPS, Nganjuk in Figures, 2018). The Nganjuk Regency Government in an effort to support the agricultural sector built the Sukomoro Agribusiness Development Center (ADC) as a means to support Nganjuk Regency as an agropolitan area. As a means of supporting the agropolitan area, the ADC covers the concept criteria of infrastructure that supports various activities in the agribusiness sub-system (Idrus, 2012). ADCin carrying out its role cannot be said to be optimal. This is caused by several factors both internal and external factors, such as a decrease in visitors and a system that is less suitable with farmers (Putra et al., 2013). This study aims to (1) identify the socio-economic characteristics of farmers and agro-industry entrepreneurs in Nganjuk Regency, (2) determine the combination of the attributes of the role of the Agribusiness Development Center (ADC) in Sukomoro District which is in accordance with the preferences of farmers and agroindustry entrepreneurs in Nganjuk Regency, (3) determine the order of priority or value of importance from the attributes of the role of the Agribusiness Development Center (ADC) in Sukomoro District which is considered important according to the preferences of farmers and agroindustry entrepreneurs in Nganjuk Regency. The sampling technique with non-probability sampling using the purposive sampling method. Farmers and agroindustry actors were deliberately chosen as respondents by the authors in this study. The analytical method used is using quantitative descriptive to answer the first goal and conjoint analysis with SPSS software to answer the second and third goals. The results of the study showed that based on nine indicators, the socio-economic characteristics of agribusiness actors were for farmer respondents, the majority were male while the agroindustry was female. The age of farmers is classified as middle age (40-60 years) while agro-industry players are not in middle age (<40 years). The education level of the majority of farmers is high school while agro-industry actors> high school (college). The farmer's business experience is higher, namely> 20 years compared to agro-industry actors that are still less than five years running. In terms of income, both farmers and industrial actors are classified as micro businesses because annual income is less than Rp. 300,000,000. The market reach of agro-industry players is broader than that of farmers, which includes markets outside the province because it uses online marketing, while farmers are only within the district market because of marketing through middlemen or local traders. The land area of farmers is classified as medium (0.5 - 1 ha) with the use of labor outside the family. Agroindustive businesses are classified as home industries because they have a workforce of 1-4 people. iv The results of the study on the preferences of agribusiness practitioners in Nganjuk Regency on the role of SPA indicate a combination of attributes based on respondents' priorities, namely on the Role of Agricultural Trade, the attribute level that is the priority of respondents is ADC plays a role in the distribution of agricultural inputs with a utility value of 0.283. The Preference Results on the Role of Agricultural Training shows that the attribute level that is the priority of respondents is that ADC is the center of the training program for making natural fertilizers with a utility value of 0.256. The result of the preference on the Role of Agricultural Information shows that the attribute level that is the respondent's priority is that ADC plays a role in providing commodity price information with a utility value of 0.083. The results of the preference on the Role of Agricultural Business Development the priority attribute is that the ADC is the center of managerial training with a utility value of 0.037. The order of priority or value of importance of the attributes of the role of the Agribusiness Development Center (ADC) based on the importance value of the conjoined analysis results are (1) Agricultural Trade Center; (2) Agricultural Training Centers; (3) Agricultural Information Center; and (4) Center for Agricultural Business Development. The suggestion that the author can give after conducting research on related topics is that the government enhances the role of the ADC as a center for agricultural trade and training for agribusiness business people who focus on technological innovation and agricultural development in Nganjuk Regency. ADC is used as a training place for business people to obtain information and knowledge from both extension agents and fellow business actors. The government functions the ADC by considering the preferences of the community, especially those in the agricultural sector. Suggestions for researchers who will conduct research related to the preference for the role of SPA in Nganjuk district to be able to increase the level of attributes of each role in accordance with the needs of agribusiness actors and their potential. Examples such as providing a place to dry crops for farmers, become a place for entrepreneurial organizations.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/9/051906746 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 18:21 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 18:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |