Haryati, Norma Widya (2019) Pengaruh Kualitas Fisik Terhadap Livabilitas Koridor Jalan AA Gede Ngurah Kota Mataram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pejalan kaki atau pedestrian menurut Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Ruang Pejalan Kaki di Perkotaan adalah pengguna jalur pejalan kaki, baik dengan maupun tanpa alat bantu. Livable street adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa jalan yang ideal harus aman, memberikan kesehatan, dan memiliki suasana yang menyenangkan, juga harus menjadi wilayah lingkungan yang melibatkan masyarakat, menjadi tempat untuk anak-anak bermain dan belajar, dan juga memiliki kualitas yang unik serta menjadi identitas tempat. Dalam RTRW Kota Mataram, Jalan AA Gede Ngurah merupakan jalan yang diperuntukkan sebagai aktivitas komersil, seharusnya jalan ini memiliki peran yang sangat besar untuk akses kendaraan dan pejalan kaki yang aman dan nyaman. Sebagai ruang jalan yang sibuk, Jalan AA Gede Ngurah harus bisa menampung semua kegiatan dari masyarakat seperti pedestrian yang lebar dan nyaman, serta kualitas fisik yang baik dan nyaman bagi pejalan kaki. Tetapi dalam kenyataannya koridor ini belum berfungsi menampung beberapa kegiatan masyarakat dan masih perlu adanya perbaikan. Hal ini yang melatar belakangi penelitian ini dengan tujuan untuk menganalisa kualiats fisik yang berpengaruh terhadap livabilitas yang berada di Jalan AA Gede Ngurah. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitas fisik, analisis tingkat livability dan analisis regresi linear berganda. Dari hasil analisis didapatkan bahwa variabel kualitas fisik yang berpengaruh terhadap tingkat livability di Jalan AA Gede Ngurah adalah X1 (paving) yang dilihat berdasarkan material perkerasan, X2 (lampu penerangan), X4 (signage), X5 (kebersihan), dan X6 (vegetasi). Dapat disimpulkan kualitas fisik yang berpengaruh terhadap livabilitas adalah variabel yang berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda berpengaruh significant terhadap livabilitas dan masuk dalam model regresi linear berganda
English Abstract
Pedestrians according to the guidelines for the provision and utilization of pedestrian space infrastructure and facilities in urban areas are users of pedestrian pathways, both with and without tools. Livable street is a concept that the ideal street must be safe, provide health, and have a fun atmosphere, it must also be an environmental area that involves the community, a place for children to play and learn, and also have unique quality and become place identity. In spatial planning of the mataram city, AA Gede Ngurah Street is a street that is intended as a commercial activity, this street should have a very large role in accessing vehicles and pedestrians are safe and comfortable. As a busy street have to be able to accommodate all activities from the comunity, such as wide and comfortable pedestrians, and good physical quality and comfortable for pedestrians, but in reality this coridor does not yet function to accommodate several community activities and still needs improvement. This research is aim to analyze the physical quality that influences livability that is on the AA Gede Ngurah Street. The analysis used in this study is physical quality analysis, livability level analysis and multiple linear regression analysis. From the analysis, it was found that physical quality variables that affect the livability level at AA Gede Ngurah street are X1 (paving), (X2) lighting, X4 (signage), X5 (cleanliness), and X6 (vegetation). It can be concluded that the physical quality that affects livability is a variable based on the result of multiple linear regression analysis that has a significant effect on livability and is included in multiple linear regression models
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/74/051904554 |
Uncontrolled Keywords: | Jalan-Layak-Huni, Pejalan-Kaki, Kualitas-Fisik, Livable-Street, Pedestrians, Physical-Quality |
Subjects: | 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.7 Transportation facilities > 711.74 Pedestrian transportation facilities |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:24 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 04:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173392 |
Actions (login required)
View Item |