Faktor-Faktor Dalam Corporate Social Responsibility (CSR) Yang Memengaruhi Citra Perusahaan

Hasudungan, Midian Boy (2019) Faktor-Faktor Dalam Corporate Social Responsibility (CSR) Yang Memengaruhi Citra Perusahaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan rokok harus menyadari peran dan tanggung jawabnya pada komunitas dimana perusahaan tersebut beroperasi. PT. Bentoel Prima dalam program CSR-nya difokuskan pada tema-tema utama seperti kontribusi untuk mempromosikan pelestarian lingkungan, kontribusi untuk mempromosikan pemberdayaan masyarakat, kontribusi untuk mempromosikan kehidupan bermasyarakat, kontribusi untuk lembaga lembaga amal, kontribusi untuk penanganan bencana. Sebagai penyumbang dalam pencemaran udara, tentu perusahaan tersebut mendapat penilaian yang buruk dari masyarakat. Oleh sebab itu, program CSR PT. Bentoel Prima berupa pembangunan dan peremajaan Taman Slamet Kota Malang diharapkan dapat meningkatkan Citra Perusahaan. Taman ini difungsikan sebagai taman bermain dan rekreasi keluarga. Fasilitas rekreasi di Slamet Park, photo booth, tempat bersantai, fasilitas olahraga, fasilitas bermain anak-anak, kamar mandi, dan yang terpenting adalah pohon rindang, dan akses mudah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis elemen kompetensi dan material. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara semi struktur dan dokumentasi. Elemen kompetensi dan material diuji menggunakan Confirmatory Faktor Analysis (CFA) untuk melihat pengaruh antar variabel dalam elemen terhadap citra perusahaan, sedangkan elemen pemaknaan dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah yaitu terlihat bahwa elemen kewajiban sosial, kewajiban lingkungan dan menghormati perjanjian pada dasarnya mempengaruhi citra perusahaan. Hal ini dikarenakan, kewajiban sosial, kewajiban lingkungan dan menghormati perjanjian merupakan tujuan utama dalam pelaksanaan program CSR suatu perusahaan. Selain itu, responden merasakan manfaat ketika berada di Taman Slamet seperti di bidang kesehatan, psikologis dan sosial.

English Abstract

This cigarette company is aware of its role and responsibility in the community in which the company operates. PT. Bentoel Prima in its CSR program focused on key themes such as contributions to promoting environmental conservation, contributions to promoting community empowerment, contributions to promoting community life, contributions to charitable institutions, contributions to disaster management. As a contributor to air pollution, of course the company received a bad assessment from the public. Therefore, the CSR program of PT. Bentoel Prima in the form of development and renovation of Malang City Slamet Park is expected to improve the Company's Image. This park functions as a playground and family recreation. Recreational facilities at Slamet Park, photo booth, place to relax, sports facilities, children's play facilities, bathrooms, and most importantly shade trees, and easy access. This study uses a quantitative approach to analyze elements of competence and material. Data in this study were collected through semi-structured questionnaires and interviews and documentation. Elements of competence and material were tested using Confirmatory Factor Analysis (CFA) to see the influence of variables in the elements on company image, while the meaning elements were carried out by condensing data, presenting data and drawing conclusions. The results of this study are that it appears that elements of social obligation, environmental obligations and respect for agreements basically affect the company's image. This is because, social obligations, environmental obligations and respect for agreements are the main objectives in implementing a company's CSR program. In addition, respondents felt the benefits of being in Slamet Park such as in the health, psychological and social fields

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/311/051907033
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:11
Last Modified: 24 Aug 2020 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173385
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item