Perubahan Daya Dukung Tanah Lempung Lunak yang Diperbaiki dengan Metode PVD (Prefabricated Vertical Drain) Karena Perbedaan Jarak Pemasangan dengan Pola Segitiga

Biasmahendra, Bima (2019) Perubahan Daya Dukung Tanah Lempung Lunak yang Diperbaiki dengan Metode PVD (Prefabricated Vertical Drain) Karena Perbedaan Jarak Pemasangan dengan Pola Segitiga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia saat ini gencar-gencarnya membangun infrastruktur dibidang transportasi pembangunan jalan tol. Salah satu contoh pembangunan jalan tol Gempol - Pasuruan di Jawa Timur yang menghubungkan Gempol, Sidoarjo dengan Kota Pasuruan. Tanah di Jalan Tol Gempol-Pasuruan mempunyai karakteristik struktur massif dan konsistensi tanah yang tidak stabil akibat kandungan air tanah yang banyak. Salah satunya di proyek pembangunan jalan tol Gempol-Pasuruan tepatnya di Desa Kedawung Wetan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Penurunan tanah menyebabkan beberapa kasus kegagalan konstruksi. Diperlukan proses perbaikan tanah guna mempercepat proses penurunan serta keluarnya air dari dalam tanah hal yang bisa dilakukan adalah dengan teknik pembebanan yang dikombinasikan menggunakan PVD (Prefabricated Vertical Drain). Pada penelitian ini dilakukan pengujian laboratorium terhadap campuran tanah dan air dengan berat isi yang telah disamakan yaitu sebesar 1,4 gr/cm3 dan penambahan beban 50 kg setiap 24 jam yang dilakukan sebanyak 5 kali dengan total beban 250 kg. Variasi jarak antar PVD pola segitiga yang dilakukan pada sampel adalah 12 cm, 14 cm, 16 cm dan 18 cm. Pengujian yang dilakukan adalah uji penurunan, vane shear, water content, dan density. penurunan tanah yang terjadi antara tanpa PVD dan menggunakan PVD sangat efisien sekali untuk membantu penurunan tanah. Dan penggunaan PVD dengan variasi jarak diketahui bahwa semakin dekat jarak antara PVD maka semakin besar penurunan yang terjadi. Kenaikan nilai penurunan yang terjadi pada sampel yang dibebani tanpa PVD sebesar 3,66 mm dan menggunakan PVD pola segitiga sebesar 14,35 mm mengalami kenaikan sebesar 292,213%. Nilai kuat gesesr tanah (Su) semakin naik seiring bertambahnya beban dan semakin dekat jarak pemasangan PVD pola segitiga. Kenaikan nilai kuat geser (Su) sebelum menggunakan PVD mempunyai nilai kuat geser tanah sebesar 0,581 kPa dan sesudah diperbaiki menggunakan PVD mengalami kenaikan sebesar 333,333% menjadi 1,691 kPa. Pada penelitian Water Content dan Density didapatkan kadar air kadar air pada tanah sebelum pembebanan dan setelah pembebanan menggunakan PVD, maka kadar air tanah tersebut semakin turun. Jarak PVD semakin dekat kadar air tanah semakin sedikit juga. Semakin kecilnya kadar air pada tanah maka berat butiran tanahnya saja pada tanah tersebut semakin banyak

English Abstract

In Indonesia, currently there are fast and huge development in field of toll road build. One example of the construction is The Gempol – Pasuruan toll road in east java that connects Gempol, sidoarjo with the city of pasuruan. The soil on Gempol -Pasuruan toll road has massive structural characteristic and unstable soil consistency due to the high amount of soil water content. One of them is the Gempol – Pasuruan toll road construction project, precisely in Kedawung Wetan Village, Grati district, PAsuruan Regency. The Land subsidence causes several cases of construction failure. The process of soil improvement is needed to acceleratr the process of declining and discharge of water from the soil. What can be done is by applying combined technique using PVD (Prefabricated Vertical Drain). In this study, laboratory test were carried out on a mixture of soil and water, with an equivalent weight of 1.4 gr/cm3 and additional 50 kg load every 24 hours, which was carried out 5 times with a total load of 250 kg. The distance variations between PVD triangle pattern carried out on the sample were 12 cm, 14 cm, 16 cm, and 18 cm. The carried out test were a decreased test, vane shear, water content, and density. Soil degradation that occurs between ‘Non PVD’ and using PVD is very efficient to help soil reduction. And the use of PVD with distance variations is known that the closer the closer the distance between PVD, the greater the decrease that occurs. The increase in the value of decline that occurred in the sample burdened without PVD was 3.66 mm and by using PVD triangular patterns was 14.35 mm, increased by 292.213%. The value of the soil shear strength (Su) increases with increasing load and the closer PVD mounting distance is to the triangular pattern. The increase in shear strength (Su) before using PVD has a value of soil shear strength of 0.581 kPa, and after being repaired using PVD has increased by 333.333% to 1.691 kPa. In the study of water content and density, the moisture content of the water content in the soil was obtaind before loading and after loading using PVD, the soil moisture content decreased. The PVD distance is getting closer to the less water content of the soil. The smaller the water content in the soil, the more weight of the soil grains on the soil.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/92/051904572
Uncontrolled Keywords: Penurunan, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Kadar Air, Pola Segitiga, Kuat Geser Tanah.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering > 624.1 Structural engineering and underground construction > 624.15 Foundation engineering and engineering geology > 624.151 Engineering geology > 624.151 3 Rock and soil mechanics > 624.151 36 Soil mechanics > 624.151 363 Soil stabilization
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:41
Last Modified: 10 Aug 2020 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173317
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item