Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Petani dalam Konversi Lahan Pertanian di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang

Hidayati, Dewi Kartini (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Petani dalam Konversi Lahan Pertanian di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Pakisaji merupakan salah satu kecamatan agraris yang berada di Kabupaten Malang dengan Luas wilayah sebesar 3.685 ha atau sekitar 1,29% dari total luas Kabupaten Malang dengan jumlah kepadatan penduduk sebesar 2.252 jiwa/km², luas lahan sawah dan tegalan mencapai 45,15% dari total luas wilayah kecamatan, yaitu sebesar 1.228 ha. Pertumbuhan penduduk di Kecamatan Pakisaji selalu mengalami kenaikan secara signifikan dari tahun 2014-2018, yaitu dari 84.964 jiwa menjadi 91.168 jiwa. Implikasi dari adanya pertumbuhan jumlah penduduk tersebut, maka kebutuhan akan sumberdaya lahan untuk tempat tinggal dan juga sarana serta prasarana pendukung lainnya juga akan mengalami peningkatan juga. Hal inilah yang mengakibatkan menyusutnya lahan pertanian di Kecamatan Pakisaji dari tahun 2014-2018 sebesar 22,59%. Lahan pertanian yang telah dikonversi menjadi lahan terbangun sangat kecil kemungkinannya untuk dapat dirubah lagi menjadi lahan pertanian, atau dapat dikatakan permanen. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah dapat mengawasi dan mengontrol laju konversi lahan dan dampak yang akan ditimbulkan. Maka dari itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui perubahan tutupan lahan serta faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam konversi lahan pertanian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan alat analisis berupa analisis perubahan tutupan lahan dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang berbanding terbalik antara pertumbuhan luas lahan terbangun dan penurunan luas lahan tidak terbangun. Dari data klasifikasi tutupan lahan terlihat bahwa lahan terbangun mengalami peningkatan luas sekitar 674.7 Ha setiap tahunnya dan sebaliknya lahan tidak terbangun mengalami penurunan luas sekitar 674.7 Ha setiap tahunnya. Dari hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi petani dalam konversi lahan pertanian, untuk faktor internal yang mempengaruhi petani dihasilkan tiga faktor baru, yaitu faktor kondisi lahan, faktor tanggungan keluarga, dan faktor pendapatan pertanian. Hasil dari analisis faktor eksternal menghasilkan dua faktor eksternal baru diantaranya, faktor kependudukan dan faktor perkembangan budaya masyarakat. Sedangkan dari hasil analisis faktor menujukkan bahwa dari 22 variabel yang mempengaruhi petani dalam konversi lahan pertanian, ada 12 variabel yang terpilih dan membentuk dua faktor baru yaitu, faktor himpitan ekonomi dan turunnya produktivitas lahan (faktor pendorong/ internal). Serta faktor meningkatnya kebutuhan lahan untuk tempat tinggal (faktor penarik/ eksternal)

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/570/051905238
Uncontrolled Keywords: konversi-lahan, perubahan-tutupan-lahan, faktor-konversi.
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.7 Land, recreational and wilderness areas, energy > 333.76 Rural lands
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:50
Last Modified: 10 Nov 2020 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173196
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item