Faktor-Faktor Motivasi Wisatawan di Objek Wisata Kabupaten Sumenep

Safitri, Laras Tri Ayu (2019) Faktor-Faktor Motivasi Wisatawan di Objek Wisata Kabupaten Sumenep. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang memiliki berbagai macam potensi objek wisata, baik objek wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. Pemerintah Kabupaten Sumenep sedang mengembangkan objek wisata diantaranya dengan cara mengkonsep Tahun Kunjungan Wisata Sumenep 2018 yang diharapkan dapat memotivasi calon wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sumenep. Motivasi wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata akan sangat dipengaruhi oleh persepsinya mengenai produk wisata yang ada, baik yang berkaitan dengan atraksi wisata maupun faktor pendukungnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi persepsi wisatawan terhadap motivasi wisata di Kabupaten Sumenep dengan menggunakan metode kualitatif berupa penilaian persepsi wisatawan terhadap motivasi dalam mengunjungi objek wisata di Kabupaten Sumenep yang terbagi menjadi persepsi wisatawan terhadap motif, persepsi wisatawan terhadap produk wisata, persepsi wisatawan terhadap jasa/pelayanan wisata dan analisis faktor. Adapun hasil dari penelitian adalah nilai rata-rata indeks motivasi wisatawan di Kabupaten Sumenep sebesar 50% - 82,47% dengan klasifikasi motivasi kuat. Sedangkan hasil analisis faktor yaitu prioritas motivasi wisatawan berbeda berdasarkan tipe karakteristik wisatanya. Seperti pada objek wisata alam, faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi wisatawan adalah faktor penawaran wisata, pada objek wisata budaya, faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi wisatawan disebabkan oleh faktor kebutuhan pokok dan pada pada objek wisata buatan, faktor terbesar yang mempengaruhi motivasi wisatawan disebabkan oleh faktor motif.

English Abstract

Sumenep Regency is a district which has a variety of potential tourism including nature tourism, culture tourism and artificial tourism. Sumenep Regency Government is currently developing the tourist attractions by conceptualize the Sumenep tourism visit Year 2018 which is expected to motivate tourists to visit Sumenep Regency. Tourist motivation to visit tourism objects influenced by their perceptions of existing tourism products regarding to tourism products, related to tourist attractions and supporting factors. The purpose of this research is to identify the tourist perception of tourism motivation in Sumenep by using qualitative methods in the form of valuation tourist perceptions of motives, tourist perceptions of tourism products, tourist perceptions of tourism services and factor analysis. As for the results of this research is the average value of tourist motivation index in Sumenep Regency by 50% - 82,47% with a strong motivation classification. While the results of factor analysis, the priority of tourist motivation is different based on the type of tourist characteristics. As with nature tourism, the biggest factor that affects the motivation factor is tourism offers; on culture tourism, the biggest factor that affects the motivation of tourists caused by factors of basic needs and on artificial tourism, the biggest factor that affects the motivation of tourists caused by factors of motive.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/349/051904945
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Wisatawan, Analisis Faktor. Motivation, Tourist, Factor Analysis.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture > 306.48 Recreation and performing arts > 306.481 General topics of recreation > 306.481 9 Travel and tourism
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Nov 2020 15:43
Last Modified: 10 Nov 2020 15:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173109
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item