Perancangan Desain Interface Digital Platform Penjualan Online UKM Dengan Pendekatan Kansei Engineering

Rahmatika, Firda (2019) Perancangan Desain Interface Digital Platform Penjualan Online UKM Dengan Pendekatan Kansei Engineering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UKM merupakan salah satu penopang perekonomian negara, pada saat ini Kementrian Perindustrian Republik Indonesia menjalankan program e-smart IKM untuk memperdayakan UKM dalam menerapkan Industri 4.0 Industri 4.0 merupakan revolusi industri yang erat kaitannya dengan digitalisasi dan interkoneksi antar elemen sistem, sehingga untuk menunjang hal tersebut dibutuhkannya Internet of Things (IoT). Pengguna internet sendiri terjadi peningkatan di tiap tahunnya, dimana terjadi peningkatan sebesar 7.96% dari tahun 2016 hingga 2017. Namun masih sedikit pelaku usaha yang menerapkan pemanfaatan tersebut, khususnya bagi UKM. Permasalahan yang dihadapi oleh UKM sendiri yaitu terkait dengan pemasaran, dimana dari hasil survei pendahuluan pada penelitian ini didapatkan bahwa model pemasaran yang dilakukan oleh UKM masih konvensional. Dengan adanya hal tersebut, maka perlu dilakukan metode pemasaran yang lebih sesuai dengan perkembangan industri yang ada saat ini yaitu digital platform. Digital platform sendiri sangat erat kaitannya dengan interface yang nantinya bersentuhan langsung oleh pengguna, maka sangat dibutuhkan pemahaman terkait keinginan pengguna terhadap interface digital platform penjualan online. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang desain interface digital platform penjualan online sesuai dengan kebutuhan UKM maupun konsumen yang terbiasa meggunakan digital platform penjualan online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kansei Engineering. Kansei Engineering merupakan suatu teknologi yang menyatukan kansei (perasaan dan emosi) dengan ilmu teknik, hal yang paling ditekankan yaitu mengenai emosi dari pengguna itu sendiri. Tahap awal yang dilakukan yaitu mengumpulkan dan membangkitkan kata kansei, kemudian mengembangkan skala Semantik Diferensial (SD) yang dilanjutkan dengan mengumpulkan contoh interface digital platform penjualan online yang ada saat ini. Setelah itu dilakukan eksperimen evaluasi dengan menyebarkan kuesioner SD kepada 86 responden yang terdiri dari pihak UKM maupuan pengguna digital platform penjualan online. Kemudian melakukan analisis statistik dengan menggunakan analisis faktor. Tahap analisis faktor antara lain dengan Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) and Barlett Test, Principal Component Analysis (PCA) dan rotasi faktor. Hasil pengelompokkan tersebut nantinya ditetapkan nama spesimen tiap faktor yang akan dilanjutkan untuk menyebarkan kuesioner spesifikasi desain tampilan, hasil kuesioner tersebut didapatkan desain terpilih yang dibutuhkan oleh UKM maupun pengguna digital platform penjualan online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 40 kata kansei yang terkait dengan digital platform penjualan online yang diinginkan responden. Kata kansei tersebut dikelompokkan menjadi 8 faktor dengan nama sintesis tiap faktor yang berbeda-beda. Hasil kuesioner spesifikasi desain yang diberikan kepada responden didapatkan bentuk tampilan yang diinginkan responden, antara lain tampilan perkenalan awal, tampilan halaman utama, tampilan produk, tampilan identitas toko, tampilan transaksi dan notifikasi, tampilan ulasan, tampilan profil akun pengguna, dan tampilan hasil fitur share digital platform penjualan online. Adanya rekomendasi tampilan tersebut dapat menjadikan langkah awal dalam penerapan Industri 4.0 di UKM, sehingga dapat meningkatkan penjualan maupaun eksistensi produk-produk UKM secara global.

English Abstract

UKM is one of the pillars of the country's economy, at this time the Ministry of Industry of the Republic of Indonesia runs an e-smart IKM program to empower SMEs in implementing Industry 4.0. Industry 4.0 is an industrial revolution that is related to digitalization and interconnection between system elements, to support it the Internet of Things (IoT) is needed. Internet users themselves have increased every year, with an increase of 7.96% from 2016 to 2017. However, there are still a few business actors who implement these uses, especially for SMEs that are the pillars of the economy in Indonesia today. The SMEs problems are related to marketing, where from the results of the preliminary survey in this study it was found that the marketing model carried out by SMEs was still conventional. With this, it is necessary to do a marketing method that is more in line with the current industrial development, namely the digital platform. Digital platform have related to interfaces that will be in direct contact with users, so it is very important to understand the desires of users towards the digital interface of online sales platforms. The purpose of this study is to design digital platform interface an online sales according to the needs of SMEs and consumers who are accustomed to using online sales digital platform. The method used in this study is Kansei Engineering. Kansei Engineering is a technology that unites kansei (feelings and emotions) with engineering, the most emphasized thing is about the emotions of the user himself. The initial stage is to collect and generate the Kansai word, then develop the Differential Semantic scale (SD) which is continued by gathering examples of the existing online sales platform digital interfaces. After that an evaluation experiment was carried out by distributing SD questionnaires to 86 respondents consisting of SMEs and digital users of online sales platforms. Then perform statistical analysis using factor analysis. The factor analysis phase uses Kaiser-Meyer- Olkin (KMO) and Barlett Test, Principal Component Analysis (PCA) and factor rotation. The results of the grouping will be determined by the name of each specimen which will be continued to distribute the display design specification questionnaire, so that the selected designs needed by SMEs and digital users of the online sales platform are obtained. The results showed that there were 40 kansei words related to the digital online sales platform that the respondents wanted. The kansei word is grouped into 8 factors with the name of the synthesis of each different factor. The results of the design specification questionnaire given to respondents obtained the desired form of appearance of respondents, including the initial introduction interface, digital main page interface, digital product interface, digital store identity interface, transaction and notification interface, digital review interface, and digital user account profile interface. The appearance of these interface as a first step to implement Industry 4.0 in SMEs, so it can increase sales as well as the existence of SME products globally.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/348/051904944
Uncontrolled Keywords: digital platform penjualan online, kansei engineering, semantik diferensial, analisis faktor, digital platform of online sales, kansei engineering, semantic differensial, factor analysis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.39 Computer engineering > 621.398 Interfacing and communication devices, peripherals > 621.398 1 Interfacing and communication devices
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:31
Last Modified: 05 Aug 2020 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173106
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item