Analisis Tingkat Situation Awareness Pengendara Motor Berdasarkan Tingkat Usia Dengan Metode Quantitative Analysis Of Situational Awareness

Sari, Ajibah Permata (2017) Analisis Tingkat Situation Awareness Pengendara Motor Berdasarkan Tingkat Usia Dengan Metode Quantitative Analysis Of Situational Awareness. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecelakaan yang terjadi di Indonesia tergolong cukup tinggi sampai masuk dalam 10 besar di dunia menurut Dinas Perhubungan Indonesia pada tahun 2014. Angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia sebesar 98.970 pada tahun 2015 yang diantaranya terjadi di Kota Malang. Berdasarkan data dari Polresta Malang, kecelakaan yang terjadi di Kota Malang didominasi oleh tingkat usia 17-25 tahun. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah kesalahan pengendara dalam melakukan pengambilan keputusan yang tergolong pure human error. Salah satu hal yang menunjang kinerja pengendara dalam mengambil keputusan dalam kondisi di lalu lintas adalah situation awareness. Untuk mengetahui tingkat situation awareness berdasarkan tingkat usia pengendara maka perlu dilakukan identifikasi situation berdasarkan tingkat usia serta memberikan rekomendasi dari permasalahan yang ada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quantitative Analysis of Situational Awareness. QUASA merupakan metode yang menggabungkan teknik true/false probes dan self–ratings confidence yang akan menghasilkan dua output SA yaitu actual SA dan perceived SA. Actual SA didapatkan dari true/false probes yang dinilai secara objektif dengan menilai jawaban responden dari pernyataan yang telah diberikan dan perceived SA yang didapatkan dari self-ratings confidence yang secara subjektif ditentukan oleh responden sesuai dengan keyakinan terhadap jawabannya. Analisis situation awareness dengan metode QUASA menggunakan signal detection theory bertujuan untuk mengetahui probabilitas respon yang mungkin terjadi pada setiap responden, sensitivitas situation awareness untuk mengetahui kemampuan responden mengenali signal yang diberikan dan bias untuk mengetahui kemampuan responden dalam menghadapi rangsangan yang ambigu. Berdasarkan perhitungan situation awareness dan analisis menggunakan signal detection theory, dihasilkan bahwa tingkat situation awareness yang paling rendah adalah tingkat usia 17-25 tahun dengan nilai sebesar 48,25% yang masuk dalah kategori rendah dan jenis kelamin perempuan dengan nilai sebesar 63,29% yang masuk dalam kategori cukup. Nilai situation awareness yang rendah tersebut disebabkan kurangnya pemahaman beberapa aspek. Aspek yang kurang tersebut diantaranya adalah pemahaman yang buruk terkait traffic errors yang berhubungan dengan perilaku pengendara yang berhenti melebihi batas stopline saat lampu merah dan pelanggaran simbol lalu lintas, speed violations terkait kecepatan berkendara yang melebihi batas maksimal dan safety violations terkait penggunaan peralatan keamanan berkendara dan perilaku penggunaan headset untuk mendengarkan musik saat berkendara.

English Abstract

Accidents that occurred in Indonesia is quite high until included in the top 10 in the world according to Dinas Perhubungan Indonesia in 2014. The number of accidents that occurred in Indonesia amounted to 98.970 in 2015 which of them occurred in Malang city. Based on data from Polresta Malang, accidents that occurred in Malang is dominated by the age of 17-25 years. One of the causes of accidents is the fault of riders in making decisions that is classified as human error. One of the thing that support the performance of riders in making decisions in every conditions at traffic is situation awareness. To determine the level of situation awareness based on the age level of the rider, it is necessary to identify the situation awareness based on the age level and provide recommendations of the problems. The method used in this research is Quantitative Analysis of Situational Awareness (QUASA). QUASA is a method that combines the technique of true/false probes and selfratings confidence which will result in two SA outputs that are actual SA and perceived SA. Actual SA is derived from true/false probes that are objectively assessed by assessing the respondents answers from the given statements and perceived SA obtained from self-ratings confidence which are subjectively determined by the respondent according their confidence to the answer. Situation awareness analysis with QUASA method using signal detection theory aims to find out probability of response that may occur on each respondent, sensitivity situation awareness to know the ability of respondent to recognize given signal and bias to determine the ability of respondent in facing ambiguous stimulation. Based on the calculation of situation awareness and analysis using signal detection theory, it was found that the lowest level of situation awareness was 17-25 years old with the value is 48.25% which was in low category and female gender with the value is 63.29% which was in enough category. The low value of situation awareness is due to lack of understanding of several aspects. These poor aspects include a poor understanding of traffic errors associated with rider behavior that stops beyond the stopline limit of a red light and a violation of traffic symbols, speed violations related driving speed exceeds the maximum limit and safety violations regarding the use of riding safety equipment and the use of headsets to listen to music while riding motorcycle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/666/051707260
Uncontrolled Keywords: Situation Awareness, Pengendara Motor, Tingkat Usia, QUASA.
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.1 Public safety programs > 363.12 Transportation hazards > 363.125 Highway and urban vehicular transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:00
Last Modified: 03 Dec 2020 16:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1731
[thumbnail of 1. Bagian Depan.pdf] Text
1. Bagian Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[thumbnail of 3. BAB II.pdf] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[thumbnail of 4. BAB III.pdf] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB V.pdf] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)

Actions (login required)

View Item View Item