Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi dan Penerapan Cost Plus Pricing Method Untuk Penetapan Harga Jual Kopi Bubuk (Studi kasus di Agroindustri Kelompok Tani “Tani Harapan” Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang)

Sinaga, Dedy Harianto (2019) Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi dan Penerapan Cost Plus Pricing Method Untuk Penetapan Harga Jual Kopi Bubuk (Studi kasus di Agroindustri Kelompok Tani “Tani Harapan” Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Agroindustri memberi peranan yang penting bagi peningkatan kesejahteraan petani. Terutama bagi agroindustri yang lahir dari para petani, pasti memiliki satu tujuan yaitu untuk kesejahteraan petani. Salah satu agroindustri yang lahir dari kalangan petani adalah agroindustri kelompok tani “Tani Harapan”. Agroindustri ini berada di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Agroindustri “Tani Harapan” mengolah greenbean kopi menjadi bubuk kopi yang kemudian dikemas dalam kemasan 250 gr yang saat ini memiliki merk dagang “Amadanom”. Sebelum merk yang sah saat ini, agroindustri mengalami kendala dalam hak paten merk dagang. Agroindustri sudah mengganti merk sebanyak dua kali yang membuat pengaruh terhadap produksi. Kendala lain yang dihadapi adalah pembukuan laporan keuangan yang masih tidak teratur dan perhitungan harga pokok produksi yang masih sangat sederhana. Kendala tersebut menimbulkan permasalahan dalam penetapan harga jual produk. Harga jual yang diterima agroindustri masih terbilang kecil karena tidak akuratnya penghitungan penentuan harga pokok produksinya. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian di agroindustri kelompok tani “Tani Harapan” memiliki tujuan yaitu (1) Mengidentifikasi harga pokok produksi yang diterapkan di agroindustri kelompok tani “Tani Harapan” (2) Menganalisis harga pokok produksi agroindustri “Tani Harapan” dengan menggunakan metode full costing dan variable costing (3) Menerapkan cost plus pricing method dalam menetapkan harga jual kopi bubuk agroindustri “Tani Harapan” (4) Membandingkan penetapan harga pokok produksi dan harga jual antara metode sederhana agroindustri dengan hasil analisis menggunakan cost plus pricing method. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan key informan yaitu ketua produksi bubuk kopi untuk membantu dalam penambahan informasi penelitian. Pemilihan key informan dilakukan dengan metode purposive karena beliau merupakan penanggungjawab keseluruhan proses pengolahan kopi bubuk. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, studi pustaka dan wawancara. Metode analisis data menggunakan cost plus pricing method dengan pendekatan full costing dan variable costing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbedaan harga pokok produksi dan harga jual antara perhitungan sederhana dari agroindustri dan perhitungan menggunakan cost plus pricing method. Harga pokok produksi menggunakan perhitungan sederhana agroindustri adalah Rp 57.880, sedangkan dengan metode full costing adalah Rp 74.700 dan Rp 64.300 untuk metode variable costing. Harga jual yang diterapkan agroindustri saat ini adalah Rp 80.000. Harga dari hasil analisis perhitungan menggunakan metode full costing adalah Rp 92.300 dengan harapan persentase keuntungan 20% yang menghasikan mark-up sebesar 23,57% . Harga dari perhitungan metode variable costing adalah Rp 90.000 dengan harapan persentase keuntungan 20% yang menghasilkan mark-up 40,18%. Saran yang disampaikan pada penelitian ini adalah (1) Agroindustri diharapkan membuat pembukuan keuangan yang jelas untuk menghitung keseluruhan biaya yang sudah dikeluarkan selama proses produksi, seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan biaya administrasi dan umum. Adanya pembukuan keuangan yang jelas akan dapat lebih memudahkan agroindustri dalam menetapkan harga pokok produksi dengan akurat karena semua biaya selama proses produksi akan dicatat dan dihitung (2) Agroindustri berpeluang untuk mendapatkan laba yang optimal, jika menggunakan harga pokok produksi dan harga jual dari hasil analisis menggunakan metode cost plus pricing pendekatan full costing yaitu senilai Rp 92.300/ Kilogram. Harga jual yang didapat dari hasil analisis ini dinilai masih lebih rendah dibanding produk pesaing sejenis yang sudah dipasarkan secara online. Sehingga, jika produk kopi bubuk agroindustri kelompok tani “Tani Harapan” ini juga dipasarkan secara online akan dapat lebih bersaing (3) Agroindustri harus dapat mematenkan merk dagang agar tidak menggangu penjualan produk (4) Harga jual yang didapat dari hasil analisis full costing sebaiknya ditargetkan untuk konsumen per orangan atau kafe.

English Abstract

Agroindustry provides an important role for improving the welfare of farmers. Especially for agro-industries born of farmers, certainly have one goal, namely for the welfare of farmers. One of the agro-industries born from farmers is the farmer group agroindustry "Tani Harapan". This Agroindustry is in Amadanom village, Dampit sub-district, Malang district. Agroindustry "Tani Harapan" processes greenbean coffee into coffee powder which is then packaged in 250 gr packaging which currently has a trademark "Amadanom". Before the current brand is legitimate, agroindustry has problems in trademark patents. Agroindustry has replaced brands twice which has an effect on production. Another obstacle faced is the bookkeeping of irregular financial statements and the calculation of the cost of production which is still very simple. These constraints cause problems in determining the selling price of the product. The selling price received by agroindustry is still relatively small because of the inaccuracy in calculating the cost of production. Based on these problems, the research in agroindustry farmer group "Tani Harapan" has the objectives, namely (1) Identifying the cost of production that is applied in farmer group agroindustry "Tani Harapan" (2) Analyzing the cost of agro-industrial production "Tani Harapan" using the full costing method and variable costing (3) Applying cost plus pricing method in determining the selling price of agro-industrial ground coffee "Tani Harapan" (4) Comparing the determination of cost of production and selling prices between simple agroindustry methods with the results of analysis using cost plus pricing method. This study uses a quantitative descriptive approach. This research uses key informants, namely the head of coffee powder production to assist in adding research information. The selection of key informants was done by purposive method because he was responsible for the whole process of processing ground coffee. Data collection is done by the method of observation, literature study and interviews. Data analysis method uses cost plus pricing method with full costing and variable costing approaches. The results of this study indicate differences in cost of production and selling prices between simple calculations of agroindustry and calculations using cost plus pricing method. The cost of production using simple agroindustry calculations is Rp. 57,880, while the full costing method is Rp. 74,700 and Rp. 64,300 for the variable costing method. The selling price applied by the current agroindustry is Rp 80,000. The price from the results of the calculation analysis using the full costing method is Rp. 92,300 with 20% the expectation of profit percentage that produces a mark-up of 23.57%. The price of calculating the variable costing method is Rp. 90,000 with 20% the expectation of profit percentage which results in a mark-up of 40.18%. Suggestions presented in this study are (1) Agroindustry is expected to make clear financial accounting to calculate the total costs that have been incurred during the production process, such as raw material costs, labor costs, factory overhead costs, and general and administrative costs. The existence of a clear financial bookkeeping will be able to facilitate agroindustry in determining the cost of production accurately because all costs during the production process will be recorded and calculated (2) Agroindustry has the opportunity to obtain optimal profit, if using the cost of production and selling price from cost plus pricing method by full costing approach that is worth Rp. 92,300 / Kilogram. The selling price obtained from the results of this analysis is still considered lower than similar competing products that have been marketed online. So, if the agroindustrial ground coffee products of the "Tani Harapan" farmer group are also marketed online, they will be more competitive (3) Agroindustry must be able to patent the trademark so as not to interfere with product sales (4) Selling prices obtained from full costing analysis should be targeted for consumers per person or cafe

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/543/051907317
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.5 General production economics > 338.52 Prices
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:01
Last Modified: 18 Aug 2020 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173042
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item