Perancangan E-Commerce Berdasarkan Kebutuhan Transaksi Online pada Kerajinan Rotan Menerapkan Woocommerce dan Payment Gateway

Pamungkas, Prayoga Yudha (2019) Perancangan E-Commerce Berdasarkan Kebutuhan Transaksi Online pada Kerajinan Rotan Menerapkan Woocommerce dan Payment Gateway. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UD. Tiban Jaya Rotan merupakan salah satu industri kerajinan rotan di kota Malang yang melakukan transaksi online melalui media sosial whatsapp dan facebook. Admin yang mengelola pesanan secara online seringkali mengalami kesulitan yaitu melayani banyak konsumen dengan berbagai kebutuhan pada waktu yang bersamaan seperti menjawab pertanyaan seputar produk, verifikasi pembayaran, dan proses pengiriman. Selain itu admin juga harus melakukan verifikasi pembayaran tiap konsumen, mulai dari memberikan nomor rekening bank, menunggu bukti transfer, memeriksa mutasi rekening di internet banking, hingga memberikan tanggapan bahwa pembayaran sudah masuk rekening bank. Setiap proses tersebut dikalikan dengan jumlah konsumen yang sedang dilayani, sehingga terkadang admin lupa melayani konsumen karena chat yang ada semakin tenggelam. Oleh karena itu diperlukan sistem penjualan online yang terintegrasi dengan sistem pembayaran nasional untuk memverfikasi pembayaran secara otomatis. Pada penelitian ini dilakukan perancangan sistem e-commerce menggunakan metode prototyping dengan 4 tahap yaitu inisiasi, analisis, desain, dan implementasi. Pada tahap inisiasi ditentukan lingkup sistem yang dikembangkan. Langkah selanjutnya yaitu analisis dengan mengidentifikasi masalah menggunakan tools PIECES, menentukan kebutuhan sistem menggunakan System Requirement Checklist, membuat model data menggunakan Data Flow Diagram (DFD), dan merancang model proses. Tahap selanjutnya yaitu tahap desain database dan interface. Kemudian tahap terakhir yaitu implementasi e-commerce menggunakan platform Wordpress dengan plugin Woocommerce & Payment Gateway. Seluruh modul yang sudah dibangun dilakukan pengujian verifikasi dan validasi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem e-commerce memiliki 4 proses, 4 entitas, dan 4 tabel database. Proses yang dilakukan pada sistem e-commerce ini yaitu manajemen produk untuk menambah produk & mengelola keranjang, proses transaksi yang mencakup pembayaran & verifikasi oleh payment gateway melalui kode unik, pengelolaan pesanan, dan live chat. Melalui e-commerce, seluruh informasi produk ditulis secara rinci mulai dari deskripsi, harga, foto, spesifikasi, dan ulasan konsumen sehingga administrator tidak terbebani dengan pertanyaan konsumen yang sama dengan konsumen lainnya. Sistem ecommerce yang dibuat juga mempercepat proses verifikasi pembayaran secara signifikan menjadi 3 detik dari yang sebelumnya membutuhkan respon selama 3-30 menit. Dengan adanya sistem e-commerce, admin tidak lagi menghabiskan waktu untuk memeriksa pembayaran dengan membandingkan struk dan mutasi rekening bank.

English Abstract

UD. Tiban Jaya Rotan is one of rattan crafts industries in Malang that conducts online transactions via social media, whatsapp and facebook. The administrator who manage online orders often has difficulty on serving consumers which have various needs at the same time as answering questions about product, verifying payment, and shipping process. In addition, the administrator must verify the payment of each consumer, i.e. providing a bank account, waiting for the transfer’s receipt, checking the transfer in internet banking, until giving a response that the payment has successed. Each process is multiplied by the number of consumers, so sometimes the admin forgets to serve consumers because the chat is sinking. Therefore an online sales system that is integrated with the national payment system to verify payments automatically is needed. In this study e-commerce system design using prototyping method with 4 stages, that is initiation, analysis, design, and implementation. The initiation stage determine the scope of the system which developed. The next step is analysis by identifying problems using PIECES tools, determining system requirements using the System Requirement Checklist, creating data models using Data Flow Diagrams (DFD), and designing process models. The next stage is the database design and interface stages. Then the last stage is the implementation of e-commerce using the WordPress platform with the Woocommerce & Payment Gateway plugin. All modules that have been built are tested for verification and validation. The results of this study are e-commerce systems have 3 processes, 3 entities, and 4 database tables. The process carried out on this e-commerce system is product management to add products & manage baskets, transaction processes that include payment & verification by payment gateways through unique codes, and order management. Through e-commerce, all product information is written in detail start from descriptions, prices, photos, specifications, and consumer reviews so that the administrator is not burdened with the same consumer questions as other consumers. The e-commerce system which has created also speeds up the payment verification process significantly to 3 seconds from those who previously needed a response for 3-30 minutes. With the e-commerce system, the administrator no longer spends time for checking payments by comparing receipts and transfers of bank accounts.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/461/051905057
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Payment Gateway, Kerajinan Rotan, Verifikasi Pembayaran Otomatis, E-Commerce, Payment Gateway, Rattan Craft, Payment Verification Automatically
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.87 Marketing channels
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Nov 2020 17:04
Last Modified: 12 Nov 2020 17:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173032
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item