Analisa Pengaruh Altitude Terhadap Performa Mesin Turbofan RR Trent 772B-60 dan CFM56-7B

Sadarda, Afa Satria (2019) Analisa Pengaruh Altitude Terhadap Performa Mesin Turbofan RR Trent 772B-60 dan CFM56-7B. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perawatan Power merupakan perawatan mesin pesawat yang paling vital dilakukan karena satu-satunya sumber pendorong pesawat berasal dari turbofan. Dalam perawatan mesin pesawat salah satunya yaitu memonitoring berbagai parameter mesin secara rutin hingga perbaikannya. Jika ada parameter yang tidak optimal saat pengoperasian maka perlu dilakukan perawatan yang lebih lanjut untuk mencegah keadaan yang tidak diinginkan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja mesin pesawat terbang adalah keadaan udara pada saat pengoperasian mesin. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ketinggian terhadap performa pemakaian mesin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen data sekunder, yaitu dengan melakukan analisis berdasarkan data yang diterima dari hasil report pesawat yang diterima oleh GMF AeroAsia, sehingga dapat mengetahui parameter saat mesin turbin beroperasi dan dapat mengetahui performa dari mesin tersebut. Jenis mesin turbin gas yang digunakan pada penelitian ini adalah RR Trent 772B-60 dan CFM56-7B karena kedua mesin ini memiliki diameter yang berbeda. Pada penelitian ini dilakukan analisa menggunakan berbagai macam ketinggian dari kondisi idle, Take Off, Ascending, dan Cruise untuk mengetahui pengaruhnya terhadap performa kedua mesin tersebut dengan menggunakan jadwal penerbangan pada daerah Indonesia. Hasil dari analisa pengaruh altitude terhadap performa mesin turbin gas RR Trent 772B-60 menunjukan penurunan efisiensi propulsifnya dengan semakin tinggi altitude maka semakin kecil efisiensi propulsif hingga ketinggian 20000 kaki dengan efisiensi propulsif yang bernilai 17,06% dan akan semakin bertambah sampai pada ketinggian 38000 kaki dengan nilai efisiensi 28,04% namun hal ini diikuti dengan penurunan laju aliran massa udara dengan nilai 744,45 kg/s pada ketinggian 20000 kaki dan semakin menurun hingga mencapai ketinggian 38000 kaki dengan nilai laju aliran massa udaranya bernilai 504,59 kg/s.

English Abstract

Power Maintenance is the form of airplane’s engine maintenance that vital to do because the only thrust source of airplane comes from turbofan. In the airplane’s engine maintenance that is from parameters monitoring routinely to repairing. If there is an abnormal parameter while operating then it needs to be maintenanced in advance to prevent undesirable condition. There is one factor that can influence airplane’s engine performance is air condition when the engine operates. So it needs to be researched to know how big the effects of altitude toward engine performance. This research done using secondary data experiment method, that is with analising based on data received from airplane’s report that received by GMF AeroAsia, so that we know the parameters while turbine engine operater so then we know the performance of the engines.The kind of gas turbine engine that being used in this research is RR Trent 772B-60 and CFM56-7B because both engines have different diameter. The research done by analising using many different altitude from idle, Take Off, Ascending, and Cruese to know the effects toward both of the engine performance using flight schedule in indonesia. Result from analising the effect of altitude toward performance of gas turbine engine RR Trent 772B-60 shows some reduction of propulsive efficiency with higher altitude the lower the propulsive efficiency until 20000 feet altitude with 17,06% propulsive efficiency then it will goes up until 38000 feet altitude with 28,04% propulsive efficiency however this matter followed by reduction of mass flow rate with value of 744,45 kg/s at altitude of 20000 feet and will goes down until altitude of 38000 feet with value of mass flow rate 504,59 kg/s.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/453/051905049
Uncontrolled Keywords: parameter, altitude, kondisi udara, performa mesin, turbofan. parameter, altitude, air condition, engine performance, turbofan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.4 Prime movers and heat engineering > 621.43 Internal - combustion engines
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:10
Last Modified: 04 Nov 2020 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173005
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item