Keterkaitan Budaya Suku Tengger dengan Pola Permukiman Desa Ngadas Kecamatan Poncokusmumo Kabupaten Malang

Hutama, Jatayu Atma (2019) Keterkaitan Budaya Suku Tengger dengan Pola Permukiman Desa Ngadas Kecamatan Poncokusmumo Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permukiman Suku Tengger di Desa Ngadas merupakan lingkungan hunian yang dihuni oleh masyarakat asli suku Tengger. Terbentuknya permukiman ini didasarkan terhadap 5 elemen pembentuk permukiman yaitu lingkungan Alam, Manusia, Masyarakat, Hunian, dan Jaringan. Selain itu terdapat aspek budaya yang mempengaruhi karakteristik permukiman di Desa Ngadas sehingga permukiman di Desa Ngadas berbeda dengan permukiman yang lainnya khususnya diluar kawasan permukiman Suku Tengger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keterkaitan antara budaya suku tengger dengan pola permukiman yang ada di Desa Ngadas. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis overlapping untuk mengetahui keterkaitan antara Budaya dengan pembentukan pola permukiman Desa Ngadas. Berdasarkan hasil studi permukiman Desa Ngadas menghasilkan pola yang dihasilkan dari Kelima elemen pembentuk permukiman. Pola yang dihasilkan ini kemudian di overlapping dengan kebudayaan yang ada di Desa Ngadas dan menghasilkan 1 Tipologi yaitu Tipologi memusat. Bentuk Tipologi permukiman ini didapatkan dari hasil overlay kelima elemen dengan budaya yang ada di Desa Ngadas. Berdasarkan hasil overlay didapatkan bahwa Elemen Manusia dan Elemen Masyarakat (Hubungan Kekerabatan) merupakan elemen utama yang membentuk Tipologi Permukiman di Desa Ngadas. Sedangkan Elemen lainnya secara tidak langsung dipengaruhi oleh kedua elemen utama ini..

English Abstract

Settlement of Suku Tengger in Ngadas village is a original residence of Suku Tengger community. The formation of these settlements in Ngadas village based on 5 ecistic elements, namely Nature, man, society, shell and network. In addition there are cultural factors that influence the characteristics of settlements in Ngadas Village, cultural factor make Ngadas Village are different from other village especially in outside settlement of Suku Tengger. This research aims to determine the relationship between Adat Suku Tengger and settlement pattern. the method used in this Research is a qualitative descriptive method using overlapping analysis techniques to determine the relationship between adat and settlement patterns. based on the results of this research obtained the pattern produced by each element. These 5 elements were then overlapped and produced 1 typologies, namely centered typology. This form of the typology of Ngadas Village settlement can’t be separated from the cultural influence of the Tengger Tribe in Ngadas Village. From the influence of these cultural elements, then we known from the five elements forming the settlement, Man Element and Society Elements (Kinship Relations) are the main elements which formed the form of the Typology of Settlements in Ngadas Village. While other elements are indirectly influenced by these two main elements.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/623/051905185
Uncontrolled Keywords: Budaya, Suku Tengger, Desa Ngadas, Culture, Settlement-pattern, Ngadas Village, Suku Tengger
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.4 Spesific aspects of culture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2020 06:46
Last Modified: 01 Oct 2020 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172877
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item