Usulan Strategi Pemasaran pada Produk Donat di PT Citra Putri Prima Lestari

Rofik, Firlyana Nurafifah (2019) Usulan Strategi Pemasaran pada Produk Donat di PT Citra Putri Prima Lestari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Citra Putri Prima Lestari merupakan perusahaan yang memproduksi donat, yang mulai beroperasi dari tahun 2012. Tetapi dalam kurun waktu empat tahun terakhir, perusahaan terus mengalami penurunan penjualan produk donat. Padahal tingkat persaingan untuk memperebutkan pasar menjadi semakin sulit, karena semakin banyaknya kompetitor dengan produk sejenis maupun produk substitusi yang mulai memasuki pasar. Sehingga perlu adanya penelitian untuk melakukan penilaian terhadap strategi yang akan diimplementasikan perusahaan, agar mampu mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kondisi internal maupun eksternal yang mempengaruhi perusahaan, serta mencari alternatif strategi yang paling sesuai dengan kondisi perusahaan. Dalam proses mengidentifikasi kondisi internal dan eksternal perusahaan menggunakan bantuan dari Internal Evaluation Matriks (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE), serta untuk mencocokan alternatif strategi yang sesuai dilakukan dengan menggunakan Matriks Internal-Eksternal (IE) dan Matriks TOWS. Terakhir untuk memilih alternatif strategi yang paling direkomendasikan dilakukan dengan menggunakan bantuan dari Quantitive Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian yang dilakukan terdapat 50 faktor yang mempengaruhi PT Citra Putri Prima Lestari, mencakup 35 kondisi internal dan 15 kondisi eksternal. Faktor internal terdiri dari 18 faktor kekuatan dan kelemahan 17 faktor. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari 9 faktor kesempatan dan 6 faktor yang menjadi ancaman perusahaan. Dari kondisi internal dan eksternal yang sudah diidentifikasi, terdapat dua puluh satu strategi dirumuskan. Lima strategi dibangkitkan dari Matriks IE dan enam belas strategi dibangkitkan dari Matriks TOWS, dengan posisi perusahaan berada dalam sel V yang dapat dikelola dengan baik menggunakan strategi mempertahankan dan dijaga. Untuk memilih alternatif strategi yang paling sesuai dilakukan menggunakan QSPM. Lima alternatif strategi yang paling direkomendasikan terkait pengembangan produk, promosi dan membina relasi dengan konsumen adalah membuat tart donat, membuat inovasi produk dari segi penyusunan dan bentuk produk, menggalakan program promosi dengan memberdayakan sosial media, pemberian reward untuk konsumen yang mengunggah produk ke sosial media dan pembuatan booth serta kontrak terkait kerjasama dengan pihak luar seperti rumah makan, kedai kopi, EO dan jasa catering.

English Abstract

PT Citra Putri Prima Lestari is a dougnut manufacturing that established in 2012. But for the past four years, doughnut sales keep decreased. Mean while the level of market competition keep incread because of the newcomer or the substitution product. So with that conditions, this research need to be done to know which strategies are the best to maintain the existence of the company. This research aims to determine internal and external conditions that affect the company, also to search the most suitable strategies for PT Citra Putri Prima Lestari. To identify internal and external conditions this research used Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix and External Factor Evaluation (EFE) Matrix, Internal-External (IE) Matrix and TOWS Matrix is used to define the match strategic alternative with the company condition. And last to decide which alternatives strategies are the most recomended is used QSPM. As the result of the research there are 50 factors that impact PT Citra Putri Prima Lestari, that consist of 35 internal conditions and 15 external conditions. The internal factors consist of 18 strength factors and 17 weakness factors. For the external factors consist of 9 opportunities factors and 6 threat factors. From internal and external conditions, twenty one alternative strategies that has been formulated. Five alternative strategies formulated from IE Matrix and sixteen alternative strategies formulated from TOWS Matrix, from IE Matrix the position of the company is in quadrant V (hold and maintain). Based on the decision stage with QSPM, the most five recomended alternative strategies that related with product development, promotion and customer relationship are make donuts tart, making an innovation from the forming and framing, hold up a promotion program that used social media, rewarding the customer because of uploaded product on their social media and making booth and also contract that aims to collaborate with outsider such as restaurant, coffee shop, EO and catering organizer.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/618/051905180
Uncontrolled Keywords: Matriks IFE, Matriks EFE, Tahap Pencocokan Strategi, Tahap Pemilihan Strategi, Manajemen Strategi, Internal Evaluation Matrix (IFE), External Evaluation Matrix (EFE), Matching Stage, Decision Stage, Strategic Management.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:42
Last Modified: 29 Oct 2019 01:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172871
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item