Hubungan Place Attachment dengan Partisipasi Masyarakat dalam Program PLPBK di RW 04 Kelurahan Polehan

Haryani, Efma (2019) Hubungan Place Attachment dengan Partisipasi Masyarakat dalam Program PLPBK di RW 04 Kelurahan Polehan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

RW 04, Kelurahan Polehan merupakan termasuk ke dalam permukiman kumuh yang menjadi prioritas dalam program permukiman kumuh di Kota Malang. Pemerintah Kota Malang melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan di permukiman kumuh melalui Program PLPBK (Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas). Program PLPBK dapat mempengaruhi rasa keterikatan masyarakat terhadap RW 04 sehingga masyarakat merasa nyaman untuk tetap tinggal di lingkungan RW 04. Penerapan program dilaksanakan hanya dengan pembangunan fisik di permukiman kumuh sehingga masyarakat kurang memiliki sense of belonging. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara place attachment dengan partisipasi masyarakat dalam Program PLPBK di RW 04 Kelurahan Polehan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah social network analysis dan crosstabulation untuk mengetahui hubungan antara place attachment dengan partisipasi masyarakat dalam Program PLPBK di RW 04 Kelurahan Polehan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat yang memiliki keterikatan pada objek dalam RW 04 cenderung untuk berpartisipasi pada lingkungan RW 04. Masyarakat yang berpartisipasi pada lingkungan RW 04 cenderung untuk memiliki ikatan positif pada RW 04. Ikatan positif masyarakat yang semakin baik terhadap RW 04, salah salah satunya dipengaruhi oleh kenangan pada masa anak-anak di Sungai Bango maka tingkat partisipasi masyarakat juga akan semakin baik. Tingkat partisipasi yang semakin baik juga akan dipengaruhi oleh interaksi sosial antar aktor sehingga akan memunculkan kesan similarity, familiarity, dan proximity. Kesan yang ditimbulkan tersebut membuat masyarakat cenderung berkeinginan untuk tetap tinggal di lingkungan RW 04.

English Abstract

RW 04, Kelurahan Polehan is categorized to slum area which is the priority slums area program in Malang. Malang government effort to conquer the problem in slums area through Program PLPBK (Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas). PLPBK Program affects attachment community in RW 04 and as a result, the community feel comfortable and desire to stay in RW 04. The implementation of the program only focuses on physical construction in slum area and as a result, the community has a low sense of belonging. This study aims to identify the correlation between place attachment and community participation in PLPBK Program in RW 04, Polehan. The analyze used in this study are social network analysis and crosstabulation to find out the correlation between place attachment and community participation in RW 04, Polehan. This research shows that the community who have a relation on their object in RW 04 tend to participate actively. Community participation in RW 04 tend to has positive ties in RW 04. Community positive ties towards RW 04 will be affected by memories of childhood in the Bango River and as a result, the community tends to participate actively. The community tends to participate actively will be affected by social interaction between actors and as a result, social interaction will create an impression of similarity, familiarity, and proximity. Through those impressions will affect community to stay in RW 04

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/611/051905173
Uncontrolled Keywords: Place attachment, partisipasi masyarakat, social network analysis. Place attachment, community participation, social network analysis.
Subjects: 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.5 Specific kinds of areas
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2020 14:06
Last Modified: 25 Oct 2020 14:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172870
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item