Strategi Membangun Budaya Membaca Siswa Melalui Gerakan Literasi Nasional (Studi Pada Perpustakaan SMPN 20 Malang)

Saraswati, Aldella Putri (2019) Strategi Membangun Budaya Membaca Siswa Melalui Gerakan Literasi Nasional (Studi Pada Perpustakaan SMPN 20 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi di Indonesia menjadi persoalan yang serius dan membutuhkan penanganan khusus. Angka kemampuan literasi di Indonesia mencapai 96,51% pada tahun 2012, namun pada tahun 2015 hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) memperlihatkan jumlah penduduk dengan buta aksara di Indonesia sebanyak 3,49%. Hal ini menunjukkan tidak ada peningkatan ataupun penurunan literasi di Indonesia dalam 3 tahun. Kemudian pemerintah membentuk Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang menjadi salah satu implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Sejak GLN dijalankan, tingkat literasi di Indonesia mencapai 97,932% pada tahun 2018. Perpustakaan SMPN 20 Malang telah memiliki strategi-strategi dalam membangun budaya membaca siswa, bahkan sebelum adanya program GLN. Perpustakaan sekolah ini telah memenangkan Juara Harapan 1 Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SLTP Provinsi Jawa Timur pada tahun 2015 dan Juara 1 Lomba Perpustakaan Tingkat SLTP Terbaik se-Kota Malang pada tahun 2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dibatasi oleh dua fokus, yaitu: (1) Strategi Perpustakaan SMPN 20 Malang dalam membangun budaya membaca siswa melalui GLN; (2) Faktor pendukung dan factor penghambat Perpustakaan SMPN 20 Malang dalam menjalankan strategi membangun budaya membaca siswa melalui GLN. Teknik analisis menggunakan Analisis Data Cresswell dengan tahap pengumpulan data mentah, mengatur dan menyiapkan data, membaca keseluruhan data, identifikasi data, mendeskripsikan data, mengaitkan data, dan menafsirkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi membangun budaya membaca siswa melalui GLN yang dilaksanakan oleh Perpustakaan SMPN 20 Malang cukup baik. Hal ini ditentukan dari indikator strategi GLN, yaitu penguatan kapasitas fasilitator, peningkatan jumlah dan ragam sumber belajar bermutu, perluasan akses terhadap sumber belajar dan cakupan peserta belajar, peningkatan pelibatan publik, dan penguatan tata kelola. Meskipun sudah dijalankan dengan cukup baik, masih ada beberapa strategi yang perlu dilaksanakan, yaitu pelatihan dan pengadaan mainan edukatif, pengadaan sesi diskusi dan pelaksanaan festival atau bulan bahasa yang melibatkan pegiat literasi. Rekomendasi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah perekrutan pustakawan atau mendukung petugas perpustakaan mendapatkan pendidikan formal dalam ilmu perpustakaan dan penyiangan koleksi yang tidak lagi digunakan. Yang perlu dilakukan Perpustakaan SMPN 20 Malang dalam membangun budaya membaca siswa ialah perluasan ruang perpustakaan untuk menampung lebih banyak bahan pustaka. Melakukan pelatihan Ilmu Perpustakaan pada petugas perpustakaan atau menjalankan pendidikan formal Ilmu Perpustakaan, atau pun merekrut pustakawan yang berlatar pendidikan Ilmu Perpustakaan agar perpustakaan dapat terus mengikuti perkembangan perpustakaan. Perlu melakukan penyiangan koleksi untuk mengurangi jumlah koleksi yang tidak terpakai. Selain itu, Perpustakaan SMPN 20 Malang perlu mengadakan permainan atau alat peraga edukatif yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sehingga dapat menumbuhkan budaya membaca siswa.

English Abstract

The low rate of literacy in Indonesia has been serious problem and requires special handling. Literacy skills in Indonesia reached 96,51% in 2012, but in 2015 showed illiteracy people in Indonesia was 3,49% by the result of Central Bureau of Statistics (BPS). It shows that literacy in Indonesia wasn’t increase or decrease for 3 years. Then government formed National Literacy Movement (GLN) as one of the implementation of the Minister of Education and Culture Regulation No. 23 in 2015. Since GLN has implemented, literacy rates in Indonesia reached 97,93% in 2018. SMPN 20 Malang Library has strategies in building reading culture for their students. This school library has won The Runner Up of The Best Junior High School Library in East Java Province 2015 and Winner of The Best Junior High Shool Library in Malang City 2016. This research is descriptive research with qualitative approach. The limitation of this research is consist of two different focuses, namely: (1) Building Student Reading Culture Strategies in SMPN 20 Malang Library, and (2) the supporting and inhibiting factors of the implementation building reading culture strategies. The analysis method that used is Data Analysis by Creswell, namely: collecting raw data, organizing and preparing data for analysis, reading through all data, coding the data, choose between them or description, interrelating themes/description, and interpreting the meaning of themes/description. The results of this study indicated that the strategy of building student reading culture through GLN by SMPN 20 Malang Library is quite good. This is determined based on the GLN strategy indicators, i.e.: strengthening the capacity of facilitators, increasing the number and variety of quality learning resources, expanding access to learning resources and coverage of learning participants, increasing public involvement, and strengthening governance. Although it has been quite good, there are several strategies that need to be implemented, such as training and procurement of educational toys, providing discussion sessions and conducting festivals or lunar months involving literacy activists. The recommendations generated from this study are the recruitment of librarians or supporting librarians to get formal education in library science and weeding collections that are no longer used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/519/051906646
Uncontrolled Keywords: gerakan literasi, literasi dasar, strategi negara, budaya membaca-literacy movement, basic literacy, reading culture, nation strategy
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 028 Reading and use of other information media > 028.9 Reading interests and habits
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:08
Last Modified: 21 Oct 2021 05:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172839
[thumbnail of Aldella Putri Saraswati.pdf]
Preview
Text
Aldella Putri Saraswati.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item