Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaaan Penerapan e-filing dan Sosialisasi Kepada Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Wajib Pajak Badan (Studi pada Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Malang Selatan tahun 2017)

Irsyadi, Mochamad Irwanul (2019) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaaan Penerapan e-filing dan Sosialisasi Kepada Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Wajib Pajak Badan (Studi pada Wajib Pajak Badan di KPP Pratama Malang Selatan tahun 2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebijakan - kebijakan modernisasi perpajakan khususnya mengenai e-filing untuk pelaporan pajak dari wajib pajak. KPP Pratama Malang Selatan merupakan salah satu yang telah menggunakan sistem e-filing. Dengan beberapa kebijakan penguat dari pemerintah dalam menggunakan sistem e-filing sebagai suatu cara pelaporan pajak, bagaimana pengaruh kepatuhan pelaporan SPT wajib pajak khususnya wajib pajak badan dalam hal ini, dilihat dari aspek persepsi kemudahan, persepsi kegunaan penerapan e-filing dan sosialisasi kepada wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pajak Pratama Malang Selatan khususnya pada Tahun 2017. Pengambilan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan hitungan dari teori Slavin, mengambil dari wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan dan telah menggunakan e-filing dalam melaporkan kewajiban perpajakannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik survei kuesioner dan pengujian datanya menggunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel persepsi kemudahan dan variabel sosialisasi kepada wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pelaporan SPT wajib pajak dalam hal ini dari wajib pajak badan, sedangkan untuk variabel persepsi kegunaan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan pelaporan SPT wajib pajak badan. Pengaruh dari variabel X1 dan X3 terhadap Y bersifat positif, artinya semakin tinggi peningkatan maka semakin meningkatkan kepatuhan pelaporan SPT dari wajib pajak yang bersangkutan yakni wajib pajak badan yang terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/512/051906639
Uncontrolled Keywords: persepsi, kemudahan, kegunaan, sistem e-filing, sosialisasi, wajib pajak badan, kepatuhan pelaporan, SPT
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:30
Last Modified: 05 Aug 2020 07:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172805
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item