Inovasi Pembelajaran Berbasis E-learning Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Pada SMP Negeri 5 Kota Malang)

Sandy, Elma Regina (2019) Inovasi Pembelajaran Berbasis E-learning Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Pada SMP Negeri 5 Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan perkembangan tersebut, banyak kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dengan memanfaatkat teknologi ini. Electronic learning (E- learning) pada hakekat E-learning adalah bentuk pembelajaran konvensional yang dituangkan dalam format digital melalui teknologi internet. Sistem ini dapat digunakan dalam pendidikan konvensional. Oleh karena itu mengembangkan model ini tidak sekedar menyajikan materi pelajaran ke dalam internet tetapi perlu dipertimbangkan secara logis dan memegang prinsip pembelajaran. Begitu pula desain pengembangan yang sederhana, personal, dan cepat, serta unsur hiburan akan menjadikan peserta didik betah belajar di depan internet seolah-seolah mereka belajar di dalam kelas. Ilmu dan teknologi terutama teknologi informasi berkembang sangat pesat. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang berlokasi di Kota Malang, sedangkam situsnya berada di SMP Negeri 5 Kota Malang. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian inovasi pembelajaran berbasis e-learning dua komponen : 1) Karakteristik 2) Prinsip. Karakteristik inovasi pembelajaran berbasis e-learning ada 4 komponen 1) Interactivity 2) Independency, 3) Accessibility, 4) Enrichment yang sudah terlaksana dengan cukup baik. Pada prinsip inovasi pembelajaran berbasis e-learning ada 3 komponen: 1) Interaksi, 2) Ketergunaan, 3) Relevansi yang sudah terlaksana dengan cukup baik. Dalam inovasi pembelajaran berbasis e- learning terdapat faktor pendukung maupun faktor penghambat. Faktor pendukungnya adalah 1) aksesbilitas pada website e-learning, 2) pelatihan pembelajaran e-learning, 3) sumber daya manusia. Dan faktor penghambat adalah sarana prasarana yaitu server dan jaringan internet. Penulis memberikan saran Pihak sekolah lebih memperhatikan sarana prasarana agar sesuai standar sarana prasarana, Pihak Kepala Sekolah lebih memperhatikan penguasaan kompetensi atau kemampuan bapak/ibu guru dengan melakukan kontroling dan evaluasi. Pihak sekolah bisa berkerjasama dengan Pihak Telkom untuk membatasi siswa tidak mengakses portal-portal atau web-web yang tidak sesuai untuk kalangan pelajar.

English Abstract

In line with these developments, many learning activities can be carried out by utilizing this technology. Electronic learning (E-learning) on the nature of E- learning is a form of conventional learning that is outlined in digital format through internet technology. This system can be used in conventional education. Therefore developing this model does not merely present subject matter on the internet but needs to be considered logically and holds the principle of learning. Similarly, development designs that are simple, personal, and fast, as well as elements of entertainment will make students feel at home studying in the internet as if they are studying in the classroom. Science and technology, especially information technology is developing very rapidly. The research conducted by this researcher uses descriptive research methods using a qualitative approach, located in Malang City, while the site is located in Malang State Middle School 5. The primary data source is obtained from several interviews from related informants, while the secondary data is obtained from documents related to the research topic. The technique of collecting data through observation, interviews and documentation. While the research instruments are the researchers themselves, and several supporting tools such as interview guidelines, and other tools. The results of research are two components of e-learning based learning innovations: 1) Characteristics 2) Principles. Characteristics of e-learning based learning innovations are 4 components 1) Interactivity 2) Independence, 3) Accessibility, 4) Enrichment that has been done quite well. There are 3 components: 1) Interaction, 2) Skills, 3) Relevance that has been carried out quite well. Learning factor based learning supports inhibiting factors. The supporting factors are 1) accessibility on e-learning websites, 2) training in e-learning, 3) human resources. And the inhibiting factor is infrastructure, namely the server and internet network. The author advises the School to pay more attention to infrastructure facilities so that according to infrastructure standards, the Principal is more concerned with mastering competencies or the ability of the teacher / teacher by controlling and evaluating. The school can collaborate with Telkom to restrict students from accessing portals or web sites that are not suitable for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/518/051906645
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pembelajaran Berbasis E-learning, Mutu Pendidikan-Innovation, Electronic based learning, education quality.
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Oct 2020 09:21
Last Modified: 21 Oct 2021 05:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172782
[thumbnail of Elma Regina Sandy.pdf]
Preview
Text
Elma Regina Sandy.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item