Rancang Bangun Human Fall Detector pada Defibrilator Eksternal Otomatis yang Terintegrasi dengan Ambulans dan Rumah Sakit Melalui Jaringan Internet

Faizah, Lina Nur (2019) Rancang Bangun Human Fall Detector pada Defibrilator Eksternal Otomatis yang Terintegrasi dengan Ambulans dan Rumah Sakit Melalui Jaringan Internet. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jantung adalah organ terpenting pada tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung tidak bekerja dengan baik dapat menyebabkan organ akan berhenti bekerja dan dapat mengakibatkan kerusakan organ bahkan bisa menyebabkan kematian. Salah satu keadaan pada jantung yang dapat mengakibatkan kematian adalah fibrilasi. Fibrilasi adalah keadaan dimana denyut jantung sangat cepat dan tidak teratur. Terdapat dua jenis fibrilasi yaitu fibrilasi atrium dan fibrilasi ventrikel. Fibrilasi atrium adalah suatu aritmia (kondisi detak jantung yang tidak normal) yang ditandai oleh disorganisasi dari depolarisasi atrium sehingga berakibat pada gangguan fungsi mekanik atrium. Fibrilasi ventrikel adalah kelainan ritme jantung dimana jantung akan berdetak sangat cepat. Hal ini dipicu oleh adanya gangguan pada rangsangan (impuls) listrik di jantung, sehingga bilik jantung bergetar secara tidak terkontrol. Penderita fibrilasi ini sangat membutuhkan penanganan secara cepat guna untuk mengembalikan aliran darah ke seluruh tubuh dan mencegah rusaknya organ-organ tubuh. Salah satu gejala yang perlu diketahui secara cepat yaitu tidak sadarnya penderita karena hal ini juga dapat menyebabkan kematian. Ketika seseorang tidak sadar, tubuh akan jatuh ke posisi duduk atau bahkan jatuh tergeletak ke lantai. Jatuhnya penderita ini harus segera ditangani karena hal ini menyangkut nyawa manusia. Oleh karena itu diperlukan suatu detektor posisi tubuh atau human fall detector dalam perancangan alat deteksi penderita fibrilasi jantung. Pada penelitian ini dirancang suatu rangkaian yang mampu mendeteksi posisi tubuh manusia dan posisi tubuh ketika jatuh. Pembuatan alat ini terdiri dari sensor Inertial Measurement Unit (IMU) MPU6050 yang berfungsi untuk mengambil nilai percepatan linier dan kecepatan sudut, arduino nano sebagai mikrokontroler untuk pusat pemrosesan data, micro SD Card module untuk mengirim data yang didapatkan dari sensor, SD Card untuk tempat penyimpanan data dan buzzer sebagai indikator human fall detector. Hasil keluaran kecepatan sudut di integrasi satu kali dengan metode midpoint riemann sum agar didapatkan nilai sudut. Keluaran percepatan linier dan sudut dijadikan grafik untuk dianalisis. Pengujian sistem dilakukan pada beberapa subyek dengan melakukan beberapa variasi gerakan antara lain jalan, lari, melompat, berdiri kemudian duduk, duduk kemudian berdiri, jatuh ke arah belakang, jatuh ke arah depan, jatuh ke arah samping, jatuh ke arah depan dengan bertumpu pada lutut. Hasil penelitian didapatkan bahwa error pembacaan gyroscope dalam posisi diam adalah -5.071 dimana dengan diketahui error ini maka nilai kecepatan sudut akan lebih akurat. Error integrasi kecepatan sudut yang didapatkan sebesar 8.02%. Error percepatan linier dari accelerometer sebesar 28.72% dan error pengujian secara keseluruhan adalah sebesar 6.66%. Dari pengujian sistem didapatkan bahwa alat dapat mendeteksi posisi ketika jatuh yang diketahui melalui buzzer.

English Abstract

The heart is the most important organ in the human body which functions to pump blood throughout the body. If the heart does not work properly it can cause the organ to stop working and can cause organ damage and even cause death. One of the conditions in the heart that can cause death is fibrillation. Fibrillation is a condition where the heart rate is very fast and irregular. There are two types of fibrillation, atrial fibrillation and ventricular fibrillation. Atrial fibrillation is an arrhythmia (abnormal heartbeat condition) characterized by disorganization of atrial depolarization resulting in impaired mechanical function of the atrium. Ventricular fibrillation is a heart rhythm abnormality in which the heart will beat very fast. This is triggered by a disturbance in electrical impulses in the heart, so that the heart chambers vibrate uncontrollably. Fibrillation sufferers really need rapid treatment to restore blood flow throughout the body and prevent damage to body organs. One of the symptoms that need to be known quickly is the unconscious patient because this can also cause death. When someone is unconscious, the body will fall into a sitting position or even fall to the floor. The fall of this sufferer must be dealt with immediately because this concerns human life. Therefore a body position detector or human fall detector is needed in designing detection devices for heart fibrillation sufferers. In this study a series is designed that can detect human body position and body position when falling. The making of this tool consists of the MPU6050 Inertial Measurement Unit (IMU) sensor which functions to take the value of linear acceleration and angular velocity, Arduino nano as a microcontroller for data processing centers, a micro SD Card module to send data obtained from sensors, SD Cards for storage data and buzzer as indicators of human fall detector. The output of angular velocity is integrated once with the midpoint riemann sum method to obtain an angle value. Linear acceleration and angle output are used as graphs for analysis. System testing is carried out on several subjects by doing a number of variations including walking, running, jumping, standing and then sitting, sitting then standing, falling towards the back, falling towards the front, falling to the side, falling forward with the knees resting. The results showed that the error of the gyroscope reading in the stationary position was -5,071 where with this error known, the angular velocity value would be more accurate. Error integration of angular velocity obtained is 8.02%. The linear acceleration error of the accelerometer is 28.72% and the overall test error is equal to 6.66%. From the system test it was found that the tool can detect the position when it falls known through the buzzer.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/383/051904979
Uncontrolled Keywords: Fibrilasi, IMU MPU6050, jatuh, Fibrillation, IMU MPU6050, fall
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.39 Computer engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:29
Last Modified: 05 Aug 2020 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172773
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item