Proses Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Iv (Studi Pada Bidang Pengembangan Kompetensi Dan Fasilitasi Profesi Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)

Muktar, Imam Khoirul (2019) Proses Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Iv (Studi Pada Bidang Pengembangan Kompetensi Dan Fasilitasi Profesi Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV merupakan kegiatan yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas Pegawai Negeri Sipil melalui proses belajar. Diklat Kepemimpinan Tingkat IV yang ditujukan kepada para pejabat struktural eselon IV yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi dan kemampuan mempengaruhi serta memobilisasi bawahan dan pemangku kepentingan strategisnya dirasa masih kurang, dikarenakan masih banyaknya PNS yang setelah mengikuti diklat tapi masih belum bisa memberi perubahan yang baik pada instansinya masing-masing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif di Kota Malang dengan Situs Bidang Pengembangan Kompetensi dan Fasilitasi Profesi Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta instrument yang digunakan yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan pedoman lainnya. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan analisis data model Miles, Huberman dan Saldana. Diperlukan sebuah penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV yang inovatif, yaitu penyelenggaraan Diklat yang dapat meningkatkan kemampuan peserta untuk menerapkan kompetensi yang telah dimilikinya. Oleh karena itu, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerja masing-masing dan memimpin perubahan tersebut supaya dapat memberikan hasil yang signifikan, proyek perubahan adalah program yang baru pada proses diklat ini, yang pada intinya adalah bertujuan untuk meningkatkan inovasi-inovasi pada setiap peserta, dan nantinya inovasi-inovasi tersebut dapat diterapkan pada instansi masing-masing yang dapat berdampak positif pada instansi tersebut, maka disusunlah suatu kegiatan Diklatpim Tingkat IV Pola Baru yang berbeda dengan Diklatpim sebelumnya dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi para PNS pejabat struktural eselon IV disemua SKPD yang ada di Kota Malang.

English Abstract

Education and leadership training level IV is an activity that is essential for improving the quality of civil servants through the learning process. Leadership training: level IV addressed to Echelon IV structural officials aimed at improving capabilities in planning the implementation of the activities of the agencies and the ability to influence and mobilize subordinates and Regent its strategic importance is felt still less, due to the large number of Civil Servants who are still after following the training but still not able to give a good change at each Office. This research uses descriptive research methods with qualitative approach in the city of Malang with a field Site Development and facilitation Competencies of the Agency's Staffing Profession Area of Malang. Data source derived from primary data and secondary data using interviews, observation, and documentation. As well as the instrument used i.e. researchers themselves, guidelines for interviews, and other guidelines. Furthermore, this research uses data analysis model Huberman and Miles, Saldana. Needed a holding of Diklatpim an innovative level IV, namely holding of Training that can enhance the ability of participants to apply the competency has to bear. Therefore, participants are required to demonstrate their performance in designing a change in their respective work units and lead the change in order to give significant results, the project of change is a new program on the process This training, which is essentially aimed at improving innovation – innovation on each participant, and later innovations that can be applied to each instance of which can impact positively on the Agency, then disusunlah an activity level IV Diklatpim new patterns with different Diklatpim before in hopes of improving the competence of Civil Servants acting structural Echelon IV in all existing Segway in Malang.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/28/051906017
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV merupakan kegiatan yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas Pegawai Negeri Sipil melalui proses belajar. Diklat Kepemimpinan Tingkat IV yang ditujukan kepada para pejabat struktural eselon IV yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan instansi dan kemampuan mempengaruhi serta memobilisasi bawahan dan pemangku kepentingan strategisnya dirasa masih kurang, dikarenakan masih banyaknya PNS yang setelah mengikuti diklat tapi masih belum bisa memberi perubahan yang baik pada instansinya masing-masing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif di Kota Malang dengan Situs Bidang Pengembangan Kompetensi dan Fasilitasi Profesi Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta instrument yang digunakan yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan pedoman lainnya. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan analisis data model Miles, Huberman dan Saldana. Diperlukan sebuah penyelenggaraan Diklatpim Tingkat IV yang inovatif, yaitu penyelenggaraan Diklat yang dapat meningkatkan kemampuan peserta untuk menerapkan kompetensi yang telah dimilikinya. Oleh karena itu, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu perubahan di unit kerja masing-masing dan memimpin perubahan tersebut supaya dapat memberikan hasil yang signifikan, proyek perubahan adalah program yang baru pada proses diklat ini, yang pada intinya adalah bertujuan untuk meningkatkan inovasi-inovasi pada setiap peserta, dan nantinya inovasi-inovasi tersebut dapat diterapkan pada instansi masing-masing yang dapat berdampak positif pada instansi tersebut, maka disusunlah suatu kegiatan Diklatpim Tingkat IV Pola Baru yang berbeda dengan Diklatpim sebelumnya dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi para PNS pejabat struktural eselon IV disemua SKPD yang ada di Kota Malang, Education, Training, Leadership, Competence.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.66 Utilization and training
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:37
Last Modified: 28 Oct 2021 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172723
[thumbnail of Laporan Skripsi Imam Khoirul Muktar 135030600111001 (2).pdf]
Preview
Text
Laporan Skripsi Imam Khoirul Muktar 135030600111001 (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item