Analisis Penerapan Manajemen Risiko pada Perusahaan Ekspor (Studi pada PT Eka Timur Raya, Pasuruan)

Imami, Aden Budi Wahyu (2019) Analisis Penerapan Manajemen Risiko pada Perusahaan Ekspor (Studi pada PT Eka Timur Raya, Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perdagangan internasional khususnya ekspor memiliki ragam risiko yang lebih banyak bila dibandingkan dengan perdagangan domestik. Mengetahui ragam risiko dalam aktivitas perdagangan ekspor merupakan hal yang penting bagi perusahaan agar dapat melakukan manajemen risiko manajemen risiko dengan baik. Memilih metode pembayaran yang tepat merupakan hal yang penting bagi perusahaan agar tidak terjadi risiko tidak terbayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam risiko yang dihadapi perusahaan dalam kegiatan perdagangan internasional khususnya ekspor, serta menganalisis penerapan manajemen risiko yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghindari terjadinya kerugian dari risiko yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu ragam risiko yang dihadapi perusahaan dalam menjalankan aktifitas ekspor serta penggunaan prepayment, letter of credit, dan asuransi kredit ekspor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ragam risiko yang dihadapi oleh PT Eka Timur Raya dalam aktivitas perdagangan internasional khususnya ekspor diantaranya risiko tidak terbayar, risiko nilai tukar, risiko ketidaksesuaian, dan risiko penipuan. Manajemen risiko yang dilakukan perusahaan untuk mencegah atau menghindari risiko tidak terbayar yaitu dengan menggunakan metode pembayaran prepayment dan letter of credit serta melakukan kontrak dengan perusahaan asuransi kredit ekspor. Manajemen risiko yang dilakukan perusahaan untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh risiko nilai tukar perusahaan melakukan budgeting dengan mata uang asing dan menyimpan mata uang asing yang diterima serta menukar ke mata uang lokal pada saat kursnya bagus. Manajemen risiko yang dilakukan perusahaan untuk menghindari risiko ketidaksesuaian dan risiko penipuan yaitu dengan terus berkomunikasi dengan bank mengenai kesesuaian dari dokumen dan keaslian dari letter of credit yang diterima. Perusahaan diharpakan melakukan lindung nilai (hedging) untuk mencegah terjadinya risiko nilai tukar. Untuk mencegah terjadinya risiko tidak terbayar perusahaan dapat menerapkan metode pembayaran dimuka 100% untuk buyer yang sudah sering bertransaksi dengan perusahaan.

English Abstract

International trade especially export have more risks than domestic risks. The understanding about various risks in export trade activity is an important things for an enterprise in order to be able to carry out risk management properly. Choose the right payment method is important things for an enterprise to avoid non payment risk. The purpose of this research is to find out the various risk that a company face in internatioanal trade especially in export activities and also to analyze the implementation of risk management carried out by the company to avoid loss. The research method used in this study is descriptive research method with a qualitative approach. The focus of the research in this study is the variety of risks faced by the company in export activities and the use of prepayments, letters of credit, and export credit insurance. The results of this study indicate that the various risks faced by PT Eka Timur Raya in international trade activities especially in exports non payment risk, exchange rate risk, discrepancy risk, and fraud risk. Risk management conducted by the company to prevent or avoid unpayment risk is by using prepayment methods and letters of credit. PT Eka Timur Raya also uses export credit insurance services to cover losses caused by unpayment risks.Risk management carried out by the company to avoid losses caused by the exchange rate risk is companies do budgeting with foreign currencies and save foreign currency received and exchange it to local currency when the exchange rate is good. Risk management is carried out by the company to avoid the discrepancy risk and fraud risk by continuing to communicate with the bank regarding the suitability of the documents and the authenticity of the letters of credibility received. The company could use hedge to prevent exchange rate risk and in order to avoid non payment risk the company could use 100% prepayment method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/548/051906800
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.155 Management of income and expense
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Nov 2020 09:43
Last Modified: 21 Oct 2021 05:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172686
[thumbnail of Aden Budi Wahyu Imami.pdf]
Preview
Text
Aden Budi Wahyu Imami.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item