Pengaruh Pemasangan Keramik Dua Sisi Pada Bata Ringan Terhadap Perilaku Uji Tekan

Bagus O.K.A.N, Paradita (2019) Pengaruh Pemasangan Keramik Dua Sisi Pada Bata Ringan Terhadap Perilaku Uji Tekan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di zaman modern ini, banyak infrastruktur yang baru dibangun seperti apartemen, hotel, mall, gedung perusahaan dan gedung bertingkat lainnya. Sehingga, dalam pembangunannya infrastruktur perlu perhitungan dan perencanaan yang tepat. Selain merencanakan perhitungan struktur dari gedung tersebut, pemilihan alternatif bahan material juga sangat berpengaruh dalam pembangunan infrastruktur ini. Oleh karena itu, seorang perencana harus pandai dalam melaksanakan perhitungan struktur maupun pemilihan material sesuai dalam peraturan perencanaan dan peraturan hukum yang berlaku di Indonesia. Penelitian dengan judul “Pengaruh Pemasangan Keramik Dua Sisi Pada Bata Ringan Terhadap Perilaku Uji Tekan”, memiliki rumusan apa penyebab dari lepasnya keramik dua sisi pada dinding pasangan bata ringan, bagaimana hasil uji tekan terhadap bata ringan yang dipasang keramik pada dua sisi dan bagaimana perbedaan hasil uji tekan pada bata ringan dan bata ringan yang dipasang keramik pada dua sisi. Tujuan penelitian ini ada mengidentiifikasi penyebab dari lepasnya keramik dua sisi pada dinding pasangan bata ringan, mengevaluasi hasil uji tekan bata ringan yang dipasang keramik pada dua sisi dan mengevaluasi perilaku uji tekan pada bata ringan dengan bata ringan yang dipasang keramik pada dua sisi.. Penelitian ini menggunakan metode uji tekan pada bata ringan yang kemudian dilakukan pengumpulan dan pengolahan data. Adapun sumber data data primer dan sekunder dari hasil uji lab. Data akan diolah dengan metode analisis. Landasan teori yang digunakan adalah teori tentang bata ringan, mortar, dan keramik. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kuat tekan bata ringan yang dipasang keramik dengan ketebalan 1,5mm, 3mm, dan 6mm sebesar 1.9035 MPa, 1.9065 MPa, dan 1.778 MPa, sedangkan kuat tekan bata ringan sebesar 1.5075 MPa.

English Abstract

In modern period,many infrastructures were built such as apartments, hotels, malls, corporate buildings and other high rises.So that in infrastructure development requires proper calculation and planning. Other than planning the structural calculations,material also had a major influence in infrastructure development. Therefore, a planner must be good at carrying out structural calculations as well as selecting materials within the planning and legal regulations in Indonesia. Research entitled “Effect of Two-Sided Ceramic Installation on Lightweight Brick Compression Test Behaviour” has what caused the release of two sides of ceramics on a couple’s light brick wall, how did the compression test against the light brick set by ceramics two sides, how does the test differ from the light brick test and lightweight bricks set by ceramics on two sides. The purpose of this study identifies the cause of both sides of the ceramics loose on a couple’s light brick wall, evaluate the results of light brick test mounted on both sides, evaluate the press test behavior on light bricks with light bricks fitted with ceramics tiles. The study used a compressive test method lightbricks which is then carried out data collection and processing.. As for the primary and secondary data of the lab test results.The data will be processed using analysis methods.The teory used was the theory of light bricks, mortar, and tiles. Based on this analysis, it was concluded that celadon’s reinforced lightweight brick thickness of 1,5mm,3mm,and 6mm were reinforced 1.9035 MPa, 1.9065 MPa, and 1.778 MPa, whereas powerful lightweight bricks crush for 1.5075 MPa.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/580/051905248
Uncontrolled Keywords: Bata ringan, mortar, keramik, dan Hasil uji tekan. lightweight brick, mortar, ceramic, and Compression test result.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 691 Building materials > 691.3 Concrete and artificial stones
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:57
Last Modified: 24 Aug 2020 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172679
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item