Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (Pmks) (Studi Penanganan Fakir Miskin Pada Dinas Sosial Kota Malang)

Widodo, Rahmad Prasetyo (2019) Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (Pmks) (Studi Penanganan Fakir Miskin Pada Dinas Sosial Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang pemilihan judul penelitian ini dilandaskan karena masih tingginya angka kemiskinan di Kota Malang mengakibatkan masih banyaknya masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang belum terpenuhi hak atas kesejahteraan sosial secara merata. Terdapat dua puluh enam jenis permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), akan tetapi yang harus ditangani dengan optimal pada jenis Penyandang Masalah Fakir Miskin yang menyumbang angka banyaknya masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Hal ini menjadi masalah serius yang harus ditangani oleh Pemerintah Kota Malang terutama kepada Dinas Sosial Kota Malang yang diberikan otonomi daerah untuk mengatasi masalah sosial. Oleh karena itu, diharapkan kinerja Dinas Sosial sebagai pihak utama yang berwenang untuk mengatasi masalah sosial dapat bertanggung jawab dalam menangani penyandang masalah fakir miskin di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini fokus pada 2 hal yaitu: 1. Evaluasi kinerja Pemerintah Daerah dalam menangani penyandang masalah fakir miskin Kota Malang. 2. Faktor-faktor penghambat dan pendukung kinerja Pemerintah Daerah dalam menangani penyandang masalah fakir miskin Kota Malang. Lokasi penelitian di Kota Malang dan situs penelitian di Dinas Sosial Kota Malang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yaiu menggunakan Metode analisis data interaktif menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan dari ketiga indikator pengukuran kinerja yang dilakukan Dinas Sosial sudah berusaha untuk melaksanakan semua indikator kinerja dengan semaksimal mungkin. Dari ketiga indikator tersebut dapat diketahui bahwa kinerja Dinas Sosial dalam menangani masalah fakir miskin yaitu indikator responsivitas kurangnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai pengaduan berbasis online, sehingga masyarakat tidak dapat menggunakan dengan baik. Indikator responsibilitas sebagian peraturan yang telah ditetapkan tidak sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan. Indikator akuntabilitas memberikan bantuan ekonomi, memberi pelatihan dan ketrampilan

English Abstract

The background for the selection of the title of this research is based on the still high rate of poverty in Malang, resulting in the still large number of people with social welfare problems (PMKS) who have not yet fulfilled the right to social welfare evenly. There are twenty-six types of problems with people with social welfare problems, but that must be handled optimally in the types of people with poor problems which contribute to the number of people with social welfare problems. This is a serious problem that must be handled by the Malang City Government, especially to the Malang City Social Service which is given regional autonomy to overcome social problems. Therefore, it is expected that the performance of the Social Service as the main party authorized to overcome social problems can be responsible for dealing with people with poor problems in Malang City. The research method used is descriptive qualitative. This study focuses on two things: 1. Evaluation of the performance of the Regional Government in dealing with the poor people of Malang City. 2. Inhibiting factors and supporting performance of the Regional Government in dealing with the poor people of Malang City. Research locations in Malang City and research sites in Malang City Social Service. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. The data analysis used is using interactive data analysis methods according to Miles, Huberman, and Saldana (2014). The result of this research that has been carried out, it can be concluded that the three performance measurement indicators conducted by the Social Service have tried to implement all performance indicators to the maximum extent possible From the three indicators, it can be seen that the performance of the Social Service in dealing with the problem of the poor is an indicator of responsiveness to the lack of socialization to the community regarding complaints based online, so that people cannot use it properly. Responsibility indicators for some of the rules that have been set are not in accordance with the conditions in the field. Accountability indicators provide economic assistance, provide training and skills.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/148/051906095
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kinerja, Kesejahteraan Sosial, Fakir Miskin, Performance evaluation, Social welfare, The poor
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.66 Utilization and training
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Nov 2020 10:06
Last Modified: 28 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172661
[thumbnail of Rahmad Prasetyo Widodo (2).pdf]
Preview
Text
Rahmad Prasetyo Widodo (2).pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item