Nudira, Rizar (2019) Sistem Pengendalian Kecerahan Lampu Utama Pada Sepeda Motor Berbasis Arduino Uno. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada penelitian ini dilakukan pembuatan sebuah sistem untuk melakukan kontrol kecerahan pada lampu utama di sepeda motor berbasis Arduino Uno. Tujuan dari sistem kontrol lampu utama tersebut adalah merancang dan membuat sistem pengendalian kecerahan cahaya pada lampu utama sepeda motor berbasis Arduino Uno sehingga pengemudi memperoleh kecerahan lampu utama yang sesuai dengan kebutuhan berkendara secara otomatis. Selain itu juga dapat mengurangi panas berlebihan pada reflektor serta bohlam, mengurangi resiko kecelakaan dan efisiensi pemakaian baterai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Fuzzy Logic untuk pengambilan keputusan. Penggunaan metode ini karena solusi dari kondisi-kondisi yang terjadi dalam berkendara dapat di parameterkan menggunakan metode Fuzzy. Masukan dari metode ini adalah tingkat kecerahan cahaya dalam berkendara yang dapat di representasikan dengan gelap, redup serta terang dan jarak kendaraan lain yang ada di depan yang dapat di representasikan dengan dekat, sedang serta jauh. Keluaran dari metode ini adalah PWM untuk menetukan tingkat kecerahan lampu utama yang dapat di representasikan dengan Low-Beam, Medium-Beam serta High-Beam. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu kontrol kecerahan cahaya pada lampu utama dengan efisiensi tegangan pada kondisi terang dan jauh rata-rata 8,52 Volt, pada kondisi redup dan sedang efisiensi tegangan rata-rata 6,69 Volt, pada kondisi gelap dan jauh efisiensi tegangan rata-rata 3,45 Volt.
English Abstract
This study is created a system to control brightness in the motorcycle main lights based on an Arduino Uno. The purpose of the main light control system is to design and create a light brightness control system for motorcycle main lights based on Arduino Uno so that the driver get an appropriate driving light brightness automatically. Moreover, it can reduce heat on the reflector and the bulb, reduce the risk of accidents and efficiency of battery usage. The method used in this study is the Fuzzy Logic method for decision maker. This metod use because the solution of the conditions that occur in the driving condition can be parameterized using the Fuzzy method. The input of this method is the level of light brightness in driving can be represent as gelap, redup with terang and the distance of other vehicles in front can be represent as dekat, sedang with jauh. The output of this method is PWM to determine the brightness of the main lamp can be represent as Low-Beam, Medium-Beam with High-Beam. This study result in terang and jauh condition the voltage efficiency average is 8,52 Volt, in redup and sedang condition the voltage efficiency average is 6,69 Volt and in gelap and jauh condition the voltage efficiency average is 3,32 Volt.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/566/051905234 |
Uncontrolled Keywords: | Kecerahan, BH1750, HCSR04, Fuzzy Logic. Brightness, BH1750, HCSR04, Fuzzy Logic |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.32 Lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 04:24 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 04:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172660 |
Actions (login required)
View Item |