Peran Digital Tourism dalam Pengembangan Kampung Wisata Jodipan

Nagari, Mareta Puspa (2019) Peran Digital Tourism dalam Pengembangan Kampung Wisata Jodipan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertema digital tourism. Kampung Wisata Jodipan adalah salah satu destinasi pariwisata yang merupakan kampung wisata pertama di tengah Kota Malang. Destinasi pariwisata ini terletak di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang dengan populasi 13,368 dengan 542 keluarga miskin. Sebelum menjadi populer, Kampung Jodipan adalah area kumuh dengan penduduk yang memiliki kebiasaan buruk membuang sampah di sungai. Sejak adanya komunitas Guyspro, yaitu kelompok mahasiswa Universitas Muhammadiah Malang berkolaborasi dengan PT. Inti Daya Guna Aneka Warna yang menunaikan tugas dan fungsi dari CSR perusahaan untuk menjadikan Kampung Jodipan sebuah destinasi pariwisata digital. Digital tourism berhasil mengatasi permasalahan sanitasi dan ekonomi masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Peran pariwisata digital dalam pengembangan Kampung Wisata Jodipan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuannya adalah untuk menggambarkan secara sistematis tentang fokus penelitian. Data diperoleh dengan mewawancarai dan mengevaluasi beberapa dokumen yang berkaitan dengan pariwisata digital yang diterapkan pada pengembangan Kampung Wisata Jodipan. Fokus penelitian mengacu pada tiga pernyataan, (1) implementasi pariwisata digital di Kampung Wisata Jodipan, (2) peran masyarakat lokal dalam pengembangan Kampung Wisata Jodipan, (3) hambatan dan pendukung keberhasilan Kampung Wisata. Pengembangan Jodipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada penerapan pariwisata digital yang baik ke Kampung Wisata Jodipan dan berdampak positif. Empat dimensi pemanfaatan teknologi digital telah diterapkan sebelum, selama, dan setelah kegiatan pariwisata. Implementasi pariwisata digital adalah cara untuk memenuhi permintaan tren pariwisata di Indonesia. (2) Berbagai ciptaan oleh masyarakat setempat terbatas dan perlu lebih banyak upaya demi keberhasilan pembangunan. (3) Ada beberapa kendala yang dihadapi, termasuk lokasi fisik, kreativitas yang terbatas oleh sumber daya manusia, dan beberapa peran oleh pemerintah kota. Lebih jauh lagi, ingat para pendukung banyak antusiasme oleh masyarakat luas dan strategi lokasi dimungkinkan untuk membuat keberhasilan pembangunan, tetapi hal-hal itu tidak mampu jika tidak sadar akan kendala.

English Abstract

This research themed of digital torism. Kampung Wisata Jodipan was one of digital destination tourism wich the first tourism village in middle of Malang City. The destination tourism located in Jodipan Village, Blimbing Sub-district, Malang City and has a population 13,368 with 542 poor families. Before popularity, Kampung Jodipan was a slum area with a bad habit of residents throwing trash in the river. Since the existence of the Guyspro community, a group of students at Malang Muhammadiah University who made collaborate with PT. Inti Daya Guna Aneka Warna to applied the duties and functions of company as CSR to Jodipan Village into digital tourism destination. Digital tourism succeded on overcome the problems of sanitation and economy of local citizens. This study aimed to explain the Role of digital tourism into the development of Kampung Wisata Jodipan. The researcher used descriptive qualitative methode with case study approach. The purpose is to describe systematically about the focus of the study. The data was obtained by interviewing and evaluating some documents related to the digital tourism wich was applied to the development of Kampung Wisata Jodipan. Focus of the study reffered of three statements, (1) implementation of digital tourism on Kampung Wisata Jodipan, (2) the role of local society on the development of Kampung Wisata Jodipan, (3) the obstacles and supporters of the success of Kampung Wisata Jodipan development. The result of the study showed that (1) there were good implementation of digital tourism into Kampung Wisata Jodipan and had a positive impact. The four dimensions of utilization of digital tekhnology had applied on before, during, and after tourism activity. The Implementation of digital tourism were the way of fulfil the demand of tourism tren in Indonesia. (2) Various creations by local society were limited and need more efforts for the sake of development success. (3) There were some obstacles faced, including the physical location, limited creativity by human resourches, and a few role by city government. Furthermore, remembered the supporters were much antusiasm by wide society and the strategism of the location are possible to make the success of the development, but those matter are not able if unconsciousness for the obstacles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/546/051906798
Uncontrolled Keywords: Digital Tourism, Pengembangan Pariwisata-Digital Tourism, Tourism Development
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:28
Last Modified: 21 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172637
[thumbnail of Mareta Puspa Nagari.pdf]
Preview
Text
Mareta Puspa Nagari.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item