Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (Studi Pada Karyawan Pengguna Sistem Informasi Cleanvast)

Indaryanto, Surya Dwi (2019) Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi (Studi Pada Karyawan Pengguna Sistem Informasi Cleanvast). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Sistem (System Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) Sistem Informasi Laundry. 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Informasi (Information Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) Sistem Informasi Laundry. 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Layanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) Sistem Informasi Laundry. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner, teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian, yaitu karyawan pengguna sistem informasi laundry Cleanvast Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh signifikan positif antara Kualitas Sistem (System Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). 2) Terdapat pengaruh signifikan positif antara Kualitas Informasi (Information Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). 3) Terdapat pengaruh signifikan positif antara Kualitas Layanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan semakin baik Kualitas Sistem (System Quality) dan Kualitas Informasi (Information Quality) juga semakin baik dan sesuai ekspektasi atau harapan pengguna akan Kualitas Layanan (Service Quality) maka Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) akan mengalami peningkatan dan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan.

English Abstract

The purpose of this study are: 1) To find out and analyze the relationship of Quality System (Quality System) to User Satisfaction (User Satisfaction) Laundry Information System. 2) To find out and analyze the influence of Information Quality on User Satisfaction (User Satisfaction) Laundry Information System. 3) To find out and analyze the influence of Service Quality on User Satisfaction (User Satisfaction) Laundry Information System. The type of research used is quantitative research with a method of collecting data through questionnaires, sampling techniques using saturated samples where all research into a sample of research, namely employees of Cleanvast Indonesia laundry information system. The data analysis technique used in this study used multiple linear regression analysis. Based on the results of the research and discussion that have been conducted, conclusions can be drawn as follows: 1) There is a positive significant influence between System Quality (User Quality). 2) There is a positive significant effect between Information Quality (User Satisfaction). 3) There is a positive significant effect between Service Quality on User Satisfaction. The results of the analysis show that the better the Quality System (Information Quality) and Information Quality (Information Quality) are also better and in accordance with the expectations or expectations of users of Service Quality, User Satisfaction will increase and give influence positive and significant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/542/051906689
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, dan Kepuasaan Pengguna Sistem Informasi-System Quality, Information Quality, Service Quality, and System Information User Satisfaction
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:28
Last Modified: 21 Oct 2021 05:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172607
[thumbnail of Surya Dwi Indaryanto.pdf]
Preview
Text
Surya Dwi Indaryanto.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item