Marita, Eka Gita (2019) Kuantifikasi Literasi Ekologi di Perguruan Tinggi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Permasalahan lingkungan penting untuk diperhatikan karena akan mengancam kehidupan saat ini maupun yang akan datang. Salah satu faktor terjadinya permasalahan lingkungan yaitu konsumsi makanan dan minuman berkemasan plastik yang berbahaya dan sulit dikelola. Botol air minum dalam kemasan merupakan sampah plastik yang sering dihasilkan oleh seseorang ketika berada diluar rumah, salah satunya saat berada di kampus.Upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui pendidikan berupa proses pemahaman mengenai lingkungan atau ekologi dan keberlanjutan sebagai dasar pemecahan permasalahan lingkungan. Pendidikan sebagai proses humanisasi yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan-pemahaman, kepedulian, dan praktik yang berkelanjutan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat literasi ekologi mahasiswa berdasarkan status mahasiswa sebagai gambaran pola pikir mahasiswa dalam kepeduliannya menciptakan praktik yang berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Maret 2019 di Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang dengan pertimbangan bahwa Fakultas Pertanian telah menerapkan pendidikan mengenai ekologi dan berkelanjutan pada kurikulumnya yaitu ekologi pertanian dan pertanian berlanjut. Responden penelitian ini merupakan mahasiswa senior, sophomore, dan freshman Program Studi Agribisnis sejumlah 282 mahasiswa yang ditentukan melaui teknik acak stratifikasi proporsional. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang akan diisi sendiri oleh responden. Setelah itu dilakukan pengolahan data dengan analisis statistik deskriptif berupa gambaran tingkat literasi ekologi mahasiswa dan analisis statistik inferensia berupa analisis crosstab dengan uji chi square menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 66% mahasiswa telah dapat dikatakan literasi ekologi, namun sebanyak 50% mahasiswa secara keseluruhan memiliki tingkat literasi ekologi yang rendah. Hal ini dikarenakan oleh persentase rata-rata tingkat pengetahuan mengenai ekologi rendah. Berdasarkan analisis crosstab dengan uji chi square yang telah dilakukan, diketahui bahwa tidak ada perbedaan antara tingkat status mahasiswa dengan literasi ekologi mahasiswa dan tidak ada hubungan antara tingkat literasi ekologi mahasiswa dengan penggunaan botol minum yang dapat digunakan kembali. Tidak ada perbedaan tersebut disebabkan oleh kurangnya penekanan terhadap pengetahuan ekologi yang diberikan kepada mahasiswa sejak dini dan tingkat pengetahuan tidak berhubungan dengan praktik yang dilakukan. Saran yang dapat diberikan kepada pihak fakultas atau jurusan yaitu membuat kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan pengetahuan yang berkaitan dengan ekologi agar dapat meningkatkan tingkat literasi ekologi yang dimliki oleh mahasiswa.
English Abstract
Environmental issues are the important thing that should be consider because it will threaten the lives of today and in the future. One of the factors in the occurrence of environmental problems is the consumption of food and beverage plastic packaging that are dangerous and difficult to manage. Plastic bottles are plastic waste that are often produced by someone when outside the house, one of which is while on campus. The efforts that can be done are through education in the form of an understanding of the environment or ecology and sustainability as a basis for solving environmental problems. Education as a humanization process that results in changes in knowledge-understanding, caring, and sustainable practices. Based on these problems, this study aims to compare the level of student ecological literacy based on student status as an illustration of the student's mindset in caring for creating sustainable practices. This research was conducted in February - March 2019 at the Faculty of Agriculture, Universitas Brawijaya, Malang with the consideration that the Faculty of Agriculture has implemented education on ecology and sustainability in its curriculum, namely the agricultural and agricultural ecology. Respondents of this study were 282 students consist of senior students, sophomore, and freshman Agribusiness Major who were determined through proportional stratified random sampling method. Data collection use the questionnaire method that will be filled by the respondents. After that data processing was carried out with descriptive statistical analysis in the form of an overview of the level of student ecological literacy and inferential statistical analysis in the form of crosstab analysis using the chi square test using Microsoft Excel and SPSS applications. The results showed that 66% of students were said to be ecological literacy, but 50% of students as a whole had a low level of ecological literacy. This is due to the percentage of the average level of knowledge about ecology is low. Based on crosstab analysis with the chi square test that has been done, it is known that there is no difference between the level of student status and student ecological literacy and there is no relation between the level of student ecological literacy and the use of drinking bottles. There is no difference in the proportion caused by a lack of emphasis on the ecological knowledge given to students early on and the level of knowledge not related to the practice carried out. Suggestions that can be given to the faculty or department are making learning activities that emphasize knowledge related to ecology in order to increase the level of ecological literacy that is owned by students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/18/051906735 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 02:59 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172571 |
Actions (login required)
View Item |