Adibi, Alda Haidar (2019) Representasi Sosial Masyarakat terhadap Konsep Desa Wisata, Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan representasi sosial masyarakat di objek wisata Hutan Pinus Semeru terhadap konsep desa wisata khususnya di Desa Sumberputih, dan (2) Menganalisis dan mendeskripsikan antara hubungan representasi sosial masyarakat yang ditinjau dari sapta pesona. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk responden yang diteliti ialah sebanyak 100 responden yang terbagi menjadi dua tahap, 50 pada tahap anchoring dan 50 pada tahap pengelompokkan, yang di tentukkan dengan teknik penentuan sampel Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan kuesioner, wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Sedangkan untuk hasil representasi sosial masyarakat terbentuk menjadi dua yaitu anchoring dan pengelompokkan. Pengelompokkan yang akan mendapatkan pengkatagorian dari representasi sosial masyarakat dan wisatawan. Kemudian hasil dari pengkatagorian di analisis menggunakan analisis komponen utama (Principal Component Analysis) dan analisis korelasi. Analisis komponen utama dilakukan untuk membantu mengetahui hasil dari representasi sosial masyarakat terhadap konsep desa wisata dengan mendapatkan komponen utama dari variabel representasi yang ada, selanjutnya untuk analisis korelasi dilakukan untuk membantu peneliti mengetahui hubungan representasi sosial masyarakat dengan unsur sapta pesona. Analisis korelasi yang digunakan yaitu analisis korelasi Spearman. Hasil dari representasi sosial masyarakat terhadap konsep desa wisata ini yaitu sejuk, penasaran, indah, objek, dan ekonomi. Sejuk merupakan kata yang memiliki nilai yang tertinggi sebesar 50 %. Hal tersebut menujukkan bahwa kata yang paling mempresentasikan wisata Hutan Pinus Semeru, karena wisata ini memiliki banyak pohon pinus yang memberikan kesejukan dan kesegaran pada saat berada di sekitar wisata Hutan Pinus Semeru. Hasil analisis komponen utama (Principal Component Analysis) pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1 komponen yang terbentuk dalam 5 variabel dari objektifikasi. Komponen 1 diberi nama keadaan objek wisata yang terdiri dari penasaran, objek, dan ekonomi. Berdasarkan nilai total variansi dari 1 komponen utama yang terbentuk mampu menjelaskan keseluruhan hasil representasi sosial masyarakat sebesar 37.518 %. Hasil hubungan representasi sosial dengan unsur sapta pesona di wisata Hutan Pinus Semeru menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara 2 variabel. Sejuk representasi sosial dengan indah unsur sapta pesona karena hasil nilai signifikansi sebesar 0.015 dimana hasil tersebut < 0.05. Sejuk representasi sosial dengan kenangan unsur sapta pesona karena hasil nilai signifikansi sebesar 0.011 dimana hasil tersebut < 0.05. Penasaran representasi sosial dengan bersih unsur sapta pesona karena hasil nilai signifikansi sebesar 0.025 dimana hasil tersebut < 0.05. Ketiga variabel tersebut dapat mewakili hubungan yang nyata, tetapi secara keseluruhan nilai tingkat koefisien korelasi yang rendah dan sangat rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam penerapan sapta pesona di wisata viii Hutan Pinus Semeru belum berjalan dengan maksimal dan perlu adanya dukungan dari pihak terkait dalam melakukan pengembangan objek wisata Hutan Pinus Semeru.
English Abstract
This study aims to (1) Describe the social representation of the community in the Pinus Semeru Forest tourism object towards the concept of tourism villages, especially in Sumberputih Village, and (2) Analyze and describe the relationship between the social representation of the community viewed from Sapta Charm. The study was conducted using a quantitative approach, for the respondents studied were as many as 100 respondents divided into two stages, 50 at the anchoring stage and 50 at the grouping stage, which was determined by Purposive Sampling and Accidental Sampling. Data collection is done by questionnaire, interview, observation and documentation. Whereas the results of the social representation of society are formed into two, namely anchoring and grouping. Grouping that will get the categorization of the social representation of the community and tourists. Then the results of categorization are analyzed using principal component analysis (Principal Component Analysis) and correlation analysis. The main component analysis was carried out to help find out the results of the social representation of the community on the concept of tourism villages by obtaining the main components of the existing representation variables, then for correlation analysis to help researchers find out the social representation of the community with sapta charm. Correlation analysis used is Spearman correlation analysis The results of the social representation of the community towards the concept of this tourist village are cool, curious, beautiful, object, and economic. Cool is a word that has the highest value of 50%. This shows that the word that best presents the Pinus Semeru Forest tour because this tour has a lot of pine trees that provide coolness and freshness while in the vicinity of the Pine Semeru Forest tour. The results of the main component analysis (Principal Component Analysis) in this study indicate that there are 1 component formed in 5 variables of objectification. Component 1 is given the name of a tourist attraction consisting of curious, objects, and economics. Based on the total variance value of the 1 main component formed, it can explain the overall results of the social representation of the community at 37.518%. The results of the relationship of social representation with the element of enchantment in the Pinus Semeru Forest tourism show that there is a significant relationship between the two variables. Cool social representation with beautiful elements of Sapta Charms because the results of the significance value are 0.015 where the results are <0.05. Cool social representation with memories of the Sapta charm element because the results of the significance value are 0.011 where the results are <0.05. Curious about social representation with clean elements of Sapta Charm because the results of the significance value are 0.025 where the results are <0.05. These three variables can represent a real relationship, but overall the value of the correlation coefficient is low and very low. This shows that in applying the charm of tourism in the Pinus Semeru Forest tourism has not run optimally and x there needs to be support from relevant parties in developing the tourist attraction of the Pine Semeru Forest.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2019/34/051906733 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 02:59 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |