Program Adiwiyata Dalam Membangun Kesadaran Lingkungan Bagi Pelajar (Studi di SMAN 8 Kota Malang)

Omega, Kezia Sari (2019) Program Adiwiyata Dalam Membangun Kesadaran Lingkungan Bagi Pelajar (Studi di SMAN 8 Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah agar dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program dalam membangun kesadaran lingkungan bagi pelajar di SMA Kota Malang serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dihadapi sekolah dalam menerapkan program adiwiyata. Proses penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2019 yang berlokasi di Kota Malang dengan siklus penelitian di SMAN 8 Kota Malang. Indikator indikator sekolah adiwiyata yang diteliti yaitu indikator ketiga kegiatan lingkungan berbasis partisipasi yang didalamnya terdapat indikator pemeliharaan dan perawatan gedung sekolah oleh warga seklah, pemanfaatan lahan dan fasilitas sekolah yang sesuai dengan lingkungan hidup, mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan yang terakhir adanya kreativitas dan inovasi warga sekolah dalam upaya perlindungan lingkungan hidup. Hasil penelitian bahwa dalam implementasi program adiwiyata dalam membangun kesadaran lingkungan bagi pelajar di SMAN 8 Kota Malang sudah di terapkan hanya dalam pealaksanaannya belum berjalan secara maksimal yang berasal dari faktor internal maupun eksternal.Berdasarkan hasil penelitian, penulis merumuskan saran sebagai berikut: dalam pemeliharaan gedung sekolh yang tidak melaksanakannya lebih baik diberi sanksi,dalam pemanfaatan lahan dan lingkungan sekolah penulis memberikan saran untuk tim Egoponik membuat jadwal rutin semua kelas sehingga siswa siswi bisa kontribusi didalamnya, lalu dalam mengambangkan ekstrakulikuler penulis memberikan saran untuk mendatangkan pelatih-pelatih yang profesional sehingga siswa siswi lebih giat dalam latihan dan mampu bersaing dengan sekolah lain, yang terakhir dengan adanya kreativitas dan inovasi warga sekolah penulis memberikan saran untuk menjalin kemitraan dengan banyak alumni yang lain sehingga dapat mendukung SMAN 8 Kota Malang dalam pengimplementasi program adiwiyata.

English Abstract

Adiwiyata is one of the programs of the State Ministry of Environment that aims to create good conditions for schools to become a place of learning and awareness of school people so that in the future the residents of the school can take responsibility for efforts to save the environment and sustainable development. This study aims to determine the implementation of the program in building environmental awareness for students in Malang City High School and to know what supporting and inhibiting factors the school faces in implementing the adiwiyata program. This qualitative research used a descriptive to analisyng the data. This research was conducted from January to February 2019 located in Malang City with a research cycle at SMAN 8 Kota Malang. The adiwiyata school indicator indicators studied are the third indicator of participation-based environmental activities in which there are indicators of school building maintenance and maintenance by seklah residents, land use and school facilities that are in accordance with the environment, develop extracurricular activities related to the environment and the last is creativity and innovation of school citizens in efforts to protect the environment. The results of the study that in the implementation of the adiwiyata program in building environmental awareness for students at SMAN 8 Kota Malang have been implemented only in the implementation it has not run optimally from internal and external factors. Based on the results of the study, the author formulated the following suggestions: in the maintenance of the school building that did not implement it better sanctioned, in the use of land and school environment the author gave advice to the Egoponic team to make a routine schedule for all classes so that students could contribute in it, then develop extracurricular the author gives advice to bring in professional trainers so that students are more active in training and able to compete with other schools, the latter with the creativity and innovation of school citizens the authors provide advice to establish partnerships with many other alumni so that they can support SMAN 8 Kota Malang in implementing the adiwiyata program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/406/051906420
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology > 370.11 Education for specific objectives > 370.115 Education for social responsibility
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:59
Last Modified: 18 Aug 2020 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172556
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item