Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan kualitas Sekolah Alam Berbasis Al-Qur’an (Studi pada Mi Baipas Malang)

Munjidah, Fitriyatul (2019) Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan kualitas Sekolah Alam Berbasis Al-Qur’an (Studi pada Mi Baipas Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran disekolah alam berbasis AlQur’an Mi Baipas maka diperlukan peran kepala sekolah sebagai pemimpin disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Baipas Malang serta Untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis factor yang Internal dan Eksternal dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MI Baipas Malang. Penelitian ini dilakukan di Mi Baipas Malang yang berlokasi di Jl. Manunggal Sudimoro Utara No. 7a, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Jenis Penelitian yang digunakanadalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dari metode pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran kepala sekolah dalam mewujudkan kualitas sekolah alam berbasis Al-Qur’an, maka dapat diperoleh hasil bahwa Kepala sekolah Mi Baipas Malang sudah melakukan peran kepemimpinan sebagai pemimpin, manajer, pendidik, administrator, motivasi dan inovaasi dengan sangat baik. Ketercapaian tersebut membuktikan bahwa peran kepala sekolah yang ada di Mi Baipas sangat mampu untuk mewujudkan sekolah alam berbasis Al-Qur’an yang berkualitas. Penulis memberikan saran untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat disekitar Mi Baipas, Memberikan lebih banyak beasiswa,memberikan reward kepada guru agar lebih semangat dalam bekerja, menjalin kerjasama dengan instansi-instansi lain serta fasilitas sarana dan prasarana yang ada di Mi Baipas segera dilengkapi guna untuk mewujudkan sekolah alam berbasis Al-Qur’an yang berkualitas.

English Abstract

In order to improve the quality of learning in natural schools based on AlQur'an Mi Baipas, the role of the school principal as a leader is needed at school. This study aims to find out, describe, and analyze the leadership role of principals in improving the quality of learning at MI Baipas Malang and to find out, describe, and analyze internal and external factors in improving the quality of learning at MI Baipas Malang. This research was conducted at Mi Baipas Malang, located on Jl. Manunggal North Sudimoro No. 7a, Mojolangu, Lowokwaru District, Malang City, East Java. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. The data sources used are primary data and secondary data obtained from data collection methods in the form of observation, interviews, and documentation. Based on the results of the research on the leadership role of principals in improving the quality of learning in Al-Qur'an-based natural schools, it can be obtained that the Principal of MI Baipas Malang has carried out leadership roles as a leader, manager, educator, administrator, motivation and innovation very well. This achievement proves that the role of the principal in realizing the quality of the quality of the natural school based on al-qur’an at MI Baipas Malang. The author gives suggestions for approaching the community around Mi Baipas, Providing more scholarships, giving rewards to teachers so that they are more enthusiastic in working, cooperating with other agencies and facilities and infrastructure available at Mi Baipas immediately equipped to create a quality natural school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/458/051906458
Uncontrolled Keywords: Leadership, The Role of The Principal, Natural School, MI Baipas
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.1 Teachers and teaching, and related activities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2020 14:11
Last Modified: 03 Sep 2020 14:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172540
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item