Pengaruh Pengawasan, Kedisiplinan, dan Pelayanan terhadap Penerimaan Cukai (Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur II dan Instansi Vertikal.

Indriyanti,, Siska (2019) Pengaruh Pengawasan, Kedisiplinan, dan Pelayanan terhadap Penerimaan Cukai (Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur II dan Instansi Vertikal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jenis penerimaan pajak yang memberikan kontribusi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) adalah cukai. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur II dan Instansi Vertikal adalah salah satu kantor yang ikut menyumbang penerimaan cukai. Namun penerimaan tersebut masih mengalami kendala, dimana terdapat realisasi penerimaan cukai yang tidak mencapai target dan masih banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna Jasa sehingga menyebabkan potensi kerugian penerimaan negara. Dengan adanya kendala tersebut, perlu adanya Pengawasan, Kedisiplinan dan Pelayanan yang ketat dan intensif yang harus dilakukan agar dapat meningkatkan Penerimaan Cukai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatory. Lokasi penelitian ini berada di Jalan Raden Intan No 3 Malang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 72 responden yang terdiri dari seluruh pegawai yang ada di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur II dan Instansi Vertikal pada bidang Kepabeanan dan Cukai, Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Penindakan dan Penyidikan, Kepatuhan dan Internal. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan stratified proportionated random sampling dan menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian tersebut menggunakan uji R2,uji t, dan uji F. Berdasarkan pengujian hipotesis menyatakan bahwa Pengawasan berpengaruh terhadap Penerimaan Cukai sebesar 22,9% , Kedisiplinan berpengaruh pada Penerimaan Cukai sebesar 13,4%, dan Pelayanan berpengaruh terhadap Penerimaan Cukai sebesar 63,2%. Secara bersama-sama Pengawasan, Kedisiplinan dan Pelayanan berpengaruh terhadap Penerimaan Cukai sebesar 72,5% .

English Abstract

One type of tax receipt that contributes to the State Budget (APBN) is excise. The Regional Office of the Directorate General of Customs and Excise of East Java II and Vertical Agency is one of the offices that contributed excise revenue, but the revenue is still experiencing problems, where there is a realization of excise tax that does not reach the target and there are still many violations committed by the User causing potential loss of state revenues.With these constraints, there is a need for strict supervision, discipline and service and intensive to be done in order to increase the Revenue Customs. This study shortly use a type of quantitative research with an explanatory approach. The location of this research is on Jalan Raden Intan No. 3 Malang. The sample used in this study were 72 respondents consisting of all employees in the Regional Office of the Directorate General of Customs and Excise of East Java II and Vertical Agencies in the fields of Customs and Excise, Customs and Excise Facilities, Enforcement and Investigation, Compliance and Internal Affairs. This study used the stratified proportionated random sampling technique and used multiple regression analysis. The study used the R2test, t test, and F test. Based on the hypothesis testing stated that Supervision has an effect on Excise Revenue of 22.9%, Discipline affects the Excise Revenue by 13.4%, and Service has an effect on Excise Revenue of 63, 2%. Together, Supervision, Discipline and Service has an effect on Excise Revenue of 72.5%

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/54/051905974
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Kedisiplinan, Pelayanan dan Penerimaan Cukai, Supervision, Discipline, Service and Excise Acceptance
Subjects: 300 Social sciences > 382 International commerce (Foreign trade) > 382.7 Tariff policy
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Oct 2020 11:07
Last Modified: 25 Oct 2021 07:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172529
[thumbnail of Siska Indriyanti, (2).pdf]
Preview
Text
Siska Indriyanti, (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item