Pengaruh Kualitas Layanan dan Keadilan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Daerah Kota Samarinda Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi

Febriani, Eka (2018) Pengaruh Kualitas Layanan dan Keadilan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Daerah Kota Samarinda Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh kualitas layanan dan keadilan terhadap kepatuhan wajib pajak serta peran mediasi kepuasan terhadap pengaruh kualitas layanan dan keadilan terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi penelitian adalah wajib pajak daerah orang pribadi Kota Samarinda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 164 responden yang dipilih menggunakan metode nonprobabilitas dengan teknik convenience sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan teknik survey menggunakan kuesioner berskala likert 1-7. Teknik analis jalur dengan menggunakan program aplikasi software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan. Pertama, kualitas layanan berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan dan kepatuhan wajib pajak. Kedua keadilan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan dan kepatuhan wajib pajak. Ketiga, kepuasan berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Keempat, kualitas layanan berpengaruh signifikan positif terhadap kepatuhan wajib pajak melalui mediasi kepuasan. Kelima, keadilan

English Abstract

This study aims to examine the effect of service quality and fairness on taxpayer compliance and the mediating role of satisfaction in the effect of service quality and fairness on taxpayer compliance. The population of this research is individual local taxpayers in Samarinda. The sample of this study is 164 respondents selected using non probability method with convenience sampling technique. This study uses primary data obtained from seven-scale Likert questionnaires. The data were analyzed using path analysis in SPSS. The results of this study show that, first, service quality has a significant positive effect on satisfaction and taxpayer compliance; second, fairness has an insignificant effect on satisfaction and taxpayer compliance; third, satisfaction has a significant positive effect on taxpayer compliance; fourth, service quality has a significant positive effect on taxpayer compliance mediated by satisfaction; fifth, mediated by satisfaction, fairness has no significant effect on tax compliance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/336.201/FEB/p/2018/041803771
Uncontrolled Keywords: LOCAL TAXATION
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.201 Taxes by governmental level
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Sep 2019 06:33
Last Modified: 06 Dec 2021 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172427
[thumbnail of Eka Febriani.pdf] Text
Eka Febriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item