Astriyani, Mirna (2019) Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Akses Pendidikan (Studi Pada Kecamatan Sukun Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Program Keluarga Harapan merupakan program yang berupaya untuk mengembangkan sistem perlindungan sosial terhadap warga miskin di Indonesia. Program ini memberikan bantuan non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dengan catatan mengikuti persyaratan yang terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia yaitu pendidikan. Lapisan masyarakat menengah ke bawah banyak yang tidak bisa mengenyam pendidikan. Hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki biaya untuk mengakses pendidikan. Meskipun telah banyak strategi yang digunakan untuk meningkatkan akses pendidikan, akan tetapi angka partisipasi sekolah di Indonesia masih belum optimal khususnya bagi anak-anak RTSM. Program Keluarga Harapan memberikan peluang lebih baik kepada anak-anak dalam mengakses pendidikan. Hal ini sangat dimungkinkan dengan adanya bantuan program ini, anak-anak RTSM yang menjadi peserta PKH akan lebih mudah untuk mengakses pelayanan pendidikan yang tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimanakah implementasi Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan akses pendidikan di Kecamatan Sukun dan apa sajakah keberhasilan Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan akses pendidikan di Kecamatan Sukun. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa yang pertama, komunikasi yang berjalan dari UPPKH Kota Malang maupun dari pendamping sudah baik dalam penyampaian pelaksanaan program serta koordinasi dilakukan secara berkelanjutan oleh para pelaksana program. Kedua, sumber daya terdiri dari sumber daya manusia yaitu pelaksana PKH yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing yang sudah jelas, sumber daya anggaran didukung dengan adanya dana sharing yang bersumber dari APBD Kota Malang. Namun seharusnya bantuan PKH perlu adanya penambahan besaran bantuan per tingkat pendidikan. Ketiga, disposisi atau sikap dari pelaksana sudah baik yaitu dengan memotivasi peserta PKH agar mendorong anaknya aktif dalam sekolah dan bisa berprestasi. Keempat, struktur birokrasi yang sudah tersusun dengan baik. Hasil dari Program Keluarga Harapan di Kecamatan Sukun sudah mampu berhasil meningkatkan akses pendidikan bagi para peserta PKH di Kecamatan Sukun.
English Abstract
The Family Expectations Program is a program to make effort to expand social system protection for impecunious in Indonesia. This program provides non-cash assistance to Very Poor Households (RTSM) with a record of following the requirements related to improving the quality of human resources, namely health and education.There are many layers of middle to lower class who cannot get education. This is because they don’t have the cost to access education. Although there have been many strategies used to improve access to education, the school enrollment rate in Indonesia is still not optimal, especially for RTSM children. The Hope Family program provides better opportunities for children to access education. This is very possible with the help of this program, RTSM children who are PKH participants will find it easier to access available education services. The purpose this research is to analysis how the implementation of Family Expectation Programme to increase education access at Sukun sub district and what are the successes of the Family Expectations Program in increasing access to education in Sukun sub district. This research using descriptive research methods with qualitative approach. The data was collected using interviews and documentation. Based on the result of the research, can be known first, the communication that running from UPPKH and mentors are good for the program implementation and coordination was continued by the program implementor. The second is resources is consisting of the human resource that is PKH implementor who have duties and functions of the obvious, budget resources supported by the sharing fund that from Malang regional budget. But it must to need an additional aid for each education level. Third the disposition or the attitude is so good to motivate PKH participants to actively encourage their children in schools and could well. Fourth, bureaucratic astructure is well composed. The result of Famiy Expectations Program was able to managed to improve education for PKH participants at Sukun.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/106/051906053 |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Program Keluarga Harapan, Pendidikan, Implementation, Family Expectation Program, Education. |
Subjects: | 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 16:57 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172420 |
Preview |
Text
MIRNA ASTRIYANI (2).pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |