Damayanti, Audrya (2017) Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Perpajakan Untuk Berkarir Sebagai Konsultan Pajak (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2013-2015). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jumlah tenaga kerja yang semakin meningkat seiring dengan jumlah lulusan perguruan tinggi yang semakin banyak, akan tetapi tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang ada. Kondisi ini membutuhkan perhatian terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan. Ketersediaan lapangan pekerjaan bisa diatasi dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Seperti contohnya dalam bidang perpajakan, menciptakan lapangan pekerjaan baru dapat dilakukan dengan banyak hal salah satu alternatifnya yakni menjadi konsultan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi terhadap minat mahasiswa Program Studi Perpajakan untuk berkarir sebagai konsultan pajak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research. Sampel yang digunakan sebanyak 84 responden dengan instrumen penelitian kuisioner, tetapi data yang dapat diolah dalam penelitian ini sebanyak 82 responden. Hal ini disebabkan karena adanya responden yang tidak mengisi item pertanyaan dengan lengkap. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi (X1) dan motivasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat (Y), yang ditunjukkan dengan masing-masing variabel memiliki nilai signifikansi di bawah 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara persepsi dan motivasi terhadap minat mahasiswa Program Studi Perpajakan untuk berkarir sebagai konsultan pajak. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini diharapkan pihak Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya untuk terus menunjang kemampuan mahasiswa perpajakan di bidang skill perpajakan dengan menyediakan fasilitas yang berkaitan dengan karir konsultan pajak baik berupa praktik maupun teori.
English Abstract
The growing number of workers in line with the increasing number of college graduates, however, is not matched by the availability of existing jobs. This condition requires attention to the availability of employment. The availability of employment can be overcome by creating new jobs. As an example in the field of taxation, creating new jobs can be done with many things one of the alternatives of being a tax consultant. This study aims to determine the effect of perception and motivation on student interest Taxation Study Program for a career as a tax consultant. The type of research used in this research is quantitative research with explanatory research approach. The sample used is 84 respondents with questionnaire research instrument, but the data that can be processed in this research as much as 82 respondents. This is because of the respondents who did not complete the question items completely. Data analysis used is multiple linear regression. The results showed that the variables perceptions (X1) and motivation (X2) have a significant effect on interest (Y), which is indicated by each variable has a significance value below 0.05. The conclusion of this research is the existence of significant influence between perception and motivation to student interest Taxation Study Program for a career as a tax consultant. Suggestions that can be submitted in this study is expected to the Faculty of Administrative Sciences Brawijaya University to continue to support the ability of tax students in the field of tax skill by providing facilities related to the career of tax consultants in the form of practice and theory.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/567/051707720 |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Motivasi, Minat dan Karir Sebagai Konsultan Pajak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Philosophy and theory, education for specific objectives, educational psychology > 370.15 Educational psychology > 370.154 Motivation to learn |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 08:56 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 06:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1724 |
Preview |
Text
135030407111026_BAB 5.pdf Download (139kB) | Preview |
Preview |
Text
135030407111026_COVER + DAFTAR ISI.pdf Download (270kB) | Preview |
Preview |
Text
135030407111026_BAB 1.pdf Download (207kB) | Preview |
Preview |
Text
135030407111026_BAB 2.pdf Download (254kB) | Preview |
Preview |
Text
135030407111026_BAB 3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
135030407111026_BAB 4.pdf Download (365kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |