Perbaikan Kualitas Kripik Singkong dengan Menggunakan Metode Six Sigma dan Taguchi (Studi Kasus Pada UKM UD Dua Putra Jaya Probolinggo)

Ulum, Muhammad Showi Nailul (2018) Perbaikan Kualitas Kripik Singkong dengan Menggunakan Metode Six Sigma dan Taguchi (Studi Kasus Pada UKM UD Dua Putra Jaya Probolinggo). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas adalah sesuatu yang sangat penting untuk industri. Kualitas yang baik akan mempengaruhi kepuasan konsumen, semakin baik atau meningkat kualitasnya akan semakin banyak pula permintaan konsumen. UKM Dua Putra Jaya probolinggo memiliki kualitas kripik singkong yang tidak baik pada lembaran kripik singkong yang memiliki ketebalan berbeda-beda, hal ini akan menyebabkan kematangan tidak merata pada setiap sisi kripik singkong dan rasa yang dihasilkan menjadi tidak renyah yang akan mengecewakan konsumen. Dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kripik singkong dengan menggunakan metode Six Sigma dan perbaikan dengan menggunkan metode desain eksperimen Taguchi. Hasil penelitian ini menemukan penyebab kerusakan, yaitu pada pisau pemotong tepatnya pada sudut geser dan sudut potong serta pada kecepatan dalam proses pemotongan. Untuk mengetahui kombinasi sudut geser dan sudut potong serta penyetelan RPM menggunakan eksperimen yaitu eksperimen taghuci. Dari eksperimen tersebut didapat kombinasi yang baik adalah pada sudut potong 00, sudut geser 800, dan kecepatan pemotong pada 200 Rpm dengan hasil rata-rata pemotongan adalah 1,206667 mm dengan target yang diinginkan 1,2 mm.

English Abstract

Quality is necessary thing in industry. Good quality will affect customer satisfaction, the better of quality product will increase the consumer demand. SMEs of UD. DuaPutra Jaya Probolinggo has bad quality cassava chips. Especially on the sheet of cassava chips that have different thicknesses, this causingthe each side of cassava chips are not cook evenly, so the cassava chips is not crispy. This will disappoint the consumers. This research aimed to improve the quality of cassava chips using Six Sigma methods and using Taguchi experimental design method for improvement. The results of this study found the cause of defect product, namely the cutting bavel angle and Knife approach angle as well as the speed in the cutting process. To find the combination of cutting bavel angle and knife approach angle as well as the RPM setup by using taghuci experiment. From these experiments obtained a good combination was on the cutting bavel angle of 00, the knife approach angle of 800, and the cutting speed at 200 rpm with an average of cuts was 1.206667 mm with 1.2 mm the desired target

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.401 3/ULU/p/2018/041807152
Uncontrolled Keywords: QUALITY PRODUCT--PRODUCT MANAGEMENT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management > 658.401 3 Control and quality management
Divisions: S2/S3 > Doktor Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Sep 2019 04:00
Last Modified: 04 Sep 2019 04:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172383
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item