Pengaruh Model ROLE-PLAY Pada Pelatihan Komunikasi Terapeutik Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Motivasi Perawat Di Rumah Sakit Baptis Batu

Febrina, Senia Surya (2019) Pengaruh Model ROLE-PLAY Pada Pelatihan Komunikasi Terapeutik Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Motivasi Perawat Di Rumah Sakit Baptis Batu. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan keperawatan yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh ketepatan dalam memberikan pelayanan, tetapi dengan membina hubungan komunikasi yang dapat menyembuhkan pasien (komunikasi terapeutik). Beban kerja perawat yang tinggi menyebabkan perawat hanya berkomunikasi sesuai dengan kebutuhan, yang berakibat komplain dari pihak pasien dan keluarga pasien. Hasil studi pendahuluan menyebutkan bahwa angka cakupan pelatihan di RS Baptis Batu belum memenuhi target, dan dilakukan pembagian formulir Training Needs Analysis (TNA) yang menghasilkan tiga pelatihan tertinggi: Workshop Komunikasi, Basic Life Support (BLS) dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPDG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan komunikasi terapeutik metode tutorial dan role-play terhadap pengetahuan, sikap dan motivasi perawat. Metode: Penelitian kuantitatif, desain Quasi Experimental, responden 78 perawat dengan teknik total sampling terbagi menjadi dua kelompok, tutorial dan role-play. Dilaksanakan di RS Baptis Batu pada bulan April 2019. Pengambilan data menggunakan kuesioner dilakukan pada sebelum pelatihan, sesaat setelah pelatihan (0 minggu), 2 minggu dan 4 minggu setelah pelatihan. Kuesioner berisi 3 bagian penilaian, variabel pengetahuan berisi 16 poin pilihan ganda, variabel sikap dan motivasi berisi 16 pernyataan menggunakan skala likert 1-5. Teknik analisis data menggunakan Paired T, Friedman, Mann Whitney dan Wilcoxon test. Hasil: Pelatihan komunikasi terapeutik metode tutorial meningkat signifikan pada variabel pengetahuan, indikator proses komunikasi terapeutik (p = 0.002). Metode role-play meningkat signifikan pada variabel pengetahuan, indikator dasar (p = 0.002) , tujuan (p = 0.025), manfaat (p = 0.041) komunikasi terapeutik; variabel sikap, indikator komponen afektif (p = 0.013), komponen konatif (p = 0.006). Kesimpulan: Pelatihan komunikasi metode tutorial dan role play berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap, namun tidak terhadap motivasi. Sehingga diharapkan metode role-play dapat diimplementasikan untuk peningkatan pengetahuan dan sikap perawat.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/610.73/FEB/2019/p/041906278
Uncontrolled Keywords: NURSES--IN SERVICE TRAINING
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Kedokteran, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:36
Last Modified: 03 Sep 2019 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172321
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item