Balanced Scorecard Sebagai Salah Satu Cara Mengukur Kinerja Keuangan(Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang)

Simaremare, Miranda Aprila (2019) Balanced Scorecard Sebagai Salah Satu Cara Mengukur Kinerja Keuangan(Studi pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang. Selama ini pengukuran kinerja sektor publik masih bersifat internal dan lebih berfokus pada tujuan jangka pendek (keuangan). Oleh karena itu, pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard menawarkan solusi pengukuran kinerja yang lebih menyeluruh dalam suatu organisasi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah rasio-rasio keuangan untuk perspektif keuangan, tingkat kepuasan dan rasio retensi dan akusisi untuk perspektif pelanggan, tingkat kepuasan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, sedangkan untuk perspektif proses bisnis internal menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: 1) perspektif keuangan rumah sakit dikategorikan ekonomis, rasio efisiensi dikategorikan efisien, dan raio efektifitas dikategorikan sangat efektif. 2) perspektif pelanggan untuk kepuasan sangat tinggi sedangkan retensi dan akusisi tergolong cukup baik. 3) pada perspektif proses bisnis internal menunjukkan sudah baik dari satu sisi. 4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan kondisi sangat baik.

English Abstract

The purpose of this study was to analyze the financial performance of the Regional General Hospital Dr. Saiful Anwar Malang. So far the measurement of public sector performance is still internal and focuses more on short-term (financial) goals. Therefore, performance measurement using the Balanced Scorecard offers a more comprehensive performance measurement solution within an organization. This type of research is a case study. Data collection techniques using documentation and questionnaires. Data analysis techniques used are financial ratios for financial perspectives, satisfaction levels and retention ratios and acquisitions for customer perspectives, satisfaction levels for growth and learning perspectives, while for internal business process perspectives using descriptive analysis. The results of data analysis are as follows: 1) the hospital financial perspective is categorized as economical, the efficiency ratio is categorized as efficient, and the effectiveness ratio is categorized as very effective. 2) the customer's perspective for satisfaction is very high while retention and acquisition are quite good. 3) the perspective of internal business processes shows that it is good from one side. 4) learning and growth perspective shows very good conditions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/346/051906346
Uncontrolled Keywords: kinerja, rumah sakit, balanced scorecard-performance, hospital, balanced scorecard
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Nov 2020 15:29
Last Modified: 21 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172249
[thumbnail of Miranda Aprila Simaremare.pdf]
Preview
Text
Miranda Aprila Simaremare.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item