Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Menginap ( Survei pada Wisatawan yang Menginap di Hotel Arjuna Kota Batu)

Prawira, Seftya Henggar (2019) Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Menginap ( Survei pada Wisatawan yang Menginap di Hotel Arjuna Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mempertimbangkan pememilihan atau mengambilan keputusan dalam menggunakan jasa wisata, yang selalu dipengaruhi oleh faktor-faktor bauran promosi seperti Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct Marketing terhadap keputusan menginap wisatawan di Hotel Arjuna Kota Batu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research (penelitian penjelas). Populasi dalam penelitian ini yaitu pengunjung (wisatawan) yang menginap di Hotel Arjuna Kota dengan teknik purposive sampling, dengan karakteristik yang sudah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Skala pengukuran dengan menggunakan Skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, analisis regrensi sederhana dan uji t. Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 20 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Bauran Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Menginap. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Bauran Promosi (X) terhadap Pengambilan Keputusan Menginap (Y). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kepada Hotel Arjuna Kota Batu untuk lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan dalam variabel Bauran Promosi. Penelitian ini juga diharapkan dapat dikembangkan oleh penelitian sejenis berikutnya dengan menambahkan variabel-variabel lainya diluar variabel yang telah peneliti lakukan.

English Abstract

This research is motivated by the importance of considering election or decision making in using tourism services, which always influenced by promotional mix factors such as Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct Marketing towards tourist decision to stay at Arjuna Hotel Batu City. This research is a quantitative research with explanatory research type. Population in this research are visitors (tourists) who stayed at Arjuna Hotel using purposive sampling technique, with characteristics determined. Data collection in this research using questionnaire. Measurement Scale using Likert Scale. Data in this research is analysed with descriptive analysis technique, simple regression analysis and T test. Data in this research is processed using IBM SPSS Statistic 20 for Windows application. The result of this research shows that the promorion mix has a significant effect on the decision to stay. Hence it can be concluded that there is a significant influence between Promotion Mix (X) on Decision Making to Stay (Y). This research is expected to be able to advise Arjuna Hotel, Batu City to further improve activities in the promotion mix variable. This research is also expected to be develop by the next similar research by adding other variables that have been done by the researcher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/357/051906367
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct Marketing, Keputusan Menginap-Promotion Mix, Advertising, Sales Promotion, Personal Selling, Public Relation, Direct Marketing, Decision to Stay.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:32
Last Modified: 21 Oct 2021 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172228
[thumbnail of Seftya Henggar Prawira.pdf] Text
Seftya Henggar Prawira.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item