Pradipta, Muhammad Abiel (2019) Pengaruh Massa Alir terhadap Karakteristik Pembakaran Spray Biodiesel Waste Cooking Oil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh massa alir bahan bakar terhadap karakteristik pembakaran spray biodiesel waste cooking oil. Pada proses dilakukan pengujian dengan metode pengambilan gambar yang nantinya hasil dari pengambilan gambar tersebut akan diolah menjadi bentuk dengan software ImageJ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh massa aliran bahan bakar terhadap karakteristik pembakaran spray biodiesel waste cooking oil terhadap hasil dari visualisasi api, persentase O2 yang dibutuhkan saat keadaan extinction yang dihasilkan dari metode spray nozzle dan data yang didapatkan akan dibandingkan dengan solar. Laju aliran bahan bakar yang digunakan sebesar 12 ml/menit, 14 ml/menit, 16 ml/menit, 18 ml/menit, dan 20 ml/menit. Dengan parameter yang diperhatikan yaitu diameter nozzle spray berukuran 0.5 mm, ketinggian wadah bahan bakar pada 2 m, dan gas pengoksidasi menggunakan O2 dan N2 dengan laju alir total 12 l/menit pada 1 atm. Hasil penelitian menunjukkan ketinggian api yang dihasilkan semakin meningkat dengan bertambahnya variasi laju aliran bahan bakar, sedangkan lebar api cenderung menurun. Warna api bahan bakar biodiesel lebih biru dibandingkan solar. Semakin besar laju aliran bahan bakar, warna api cenderung berubah dari biru menjadi merah. Dan yang terakhir konsentrasi oksigen saat extinction juga menurun saat variasi laju alir bahan bakar meningkat.
English Abstract
This study aims to determine the influence of fuel mass in the combustion characteristics of biodiesel waste cooking oil. In the process is done testing with the method of take a flame picture that later the result of the shooting will be processed into a form with the ImageJ software. The purpose of this research is to know the influence of mass flow of fuel to the combustion characteristics of biodiesel waste cooking oil to the result of the visualization of fire, the percentage of O2 that is needed when the resulting extinction condition of spray nozzle method and the data obtained will be compared with solar. The fuel flow rate used at least 12 ml/min, 14 ml/min, 16 ml/min, 18 ml/min, and 20 ml/min. With the parameters noted is the diameter of nozzle spray measuring 0.5 mm, the height of the fuel container at 2 m, and the oxidizing gas using O2 and N2 with a total discharge of 12 L/min at 1 atm. Results show the altitude of the resulting flame Increased fuel flow rate variation, while the flame width tends to degradation. Biodiesel fuel Flame color is more blue than diesel. The greater the flow rate of fuel, the flame tends to change from blue to red. And the last concentration of oxygen when extinction also decreases as fuel variations
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/308/051904904 |
Uncontrolled Keywords: | Biodiesel, Pembakaran, Waste Cooking Oil, Premixed, Biodiesel, Combustion, Waste Cooking Oil, Premixed |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.25 Engines > 629.254 Ignition, electrical, electronic systems of internal-combustion engines |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 19 Jul 2020 08:18 |
Last Modified: | 31 Jul 2020 06:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |