Harga Beli Pertanian dalam Perspektif Konsepsi Sunan Kalijaga

Amir, Vaisal (2017) Harga Beli Pertanian dalam Perspektif Konsepsi Sunan Kalijaga. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses produksi usaha tani dan mencari konsep harga beli pertanian yang menyejahterakan lahir dan batin serta tidak bertentangan dengan nilai-nilai budaya, sosial dan religi yang ada pada masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur tepatnya di Desa Ngetos yang masuk dalam area Gunung Wilis. Penelitian ini berusaha melihat realitas masyarakat pertanian dengan menggunakan konsepsi hidup Sunan Kalijaga sebagai alat analisis serta rerangka teorinya, di mana peneliti menjadi instrumen utama penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep harga beli hasil pertanian yang ada saat ini belum dapat mengakomodasi kepentingan seluruh stakeholder, karena konsep harga beli pertanian yang ada saat ini cenderung menguntungkan tengkulak dan pemerintah dan mengabaikan aspek lain dari diri (ingsun) petani yang nota bene terdiri atas unsur fisik dan nonfisik. Selain itu konsep yang ada juga mengabaikan lingkungan, serta bertentangan dengan nilai-nilai keislaman. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa untuk mendukung keberhasilan konsep harga beli pertanian yang ada diperlukan adanya kebijakan-kebijakan non akuntansi. Hal tersebut juga mempertegas pernyataan beberapa peneliti yang menyatakan bahwa akuntansi merupakan suatu ilmu yang tidak bebas nilai, dimana akuntansi dapat dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungannya. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi para praktisi dan pembuat kebijakan dalam mendorong terbentuknya konsep harga beli pertanian yang sesuai dengan nilai-nilai Islam yang berorientasi pada diri (ingsun) petani dan lingkungan agar keberlanjutan lingkungan (masyarakat dan alam) dapat terjaga.

English Abstract

This study aims to find out the ideal concept of income and policy in the agricultural sector which do not conflict with shari’ate as well as supporting the concept of the income. This research was conducted at Nganjuk, East Java. The approach used in this research is critical theory by which one instrument used: political economy of accounting in perspective shari’ate. The results of this research show that the concept of income which currently have no yet can accommodate the interests of all stakeholders, since the concept of income that currently exist have tended to exploit other humans and the environment, as well as the concept is also contrary to the Islamic values. The result of this research also shows that to support the success of the concept of income that is required the presence of non accounting policies. It also reaffirms the statements of several researchers who stated that accounting is a science that does not value-free, where accounting can be influenced and influencing their environment. The implications of research is relevant for the practitioners and policy makers in push the formation of accounting farm in accordance with shari’ate that is oriented toward the environmental from continued environment ( society and nature ) could be maintained.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/338.17/AMI/h/2017/041810317
Uncontrolled Keywords: AGRICULTURAL PRODUCTS--ECONOMICS
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2019 06:39
Last Modified: 28 Aug 2019 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172106
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item