Apriyanti, - (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Pada Divisi Operasional Pt. Ventika Terra Semesta Menggunakan Teknik Esia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Ventika Terra Semesta adalah perusahaan pengembang di sektor properti di kota Malang, yang bergerak di bidang developer perumahan. PT. Ventika Terra Semesta memiliki divisi-divisi yang membantu untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu divisi yang ada pada PT.Ventika Tera Semesta yaitu divisi operasional. Divisi operasional bertugas untuk melaksanakan pembangunan. Pembangunan merupakan salah satu kegiatan inti PT. Ventika Terra Semesta. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak PT. Ventika Terra Semesta terdapat permasalahan pada divisi operasional. Permasalahan tersebut yaitu sering terjadinya keterlambatan dalam pembangunan. Dalam satu tahun terdapat lima kali keterlambatan pembangunan. Hal ini mengakibatkan pelanggan mengajukan komplain dan pengunduran pelunasan pembayaran rumah. Apabila permasalahan tersebut tidak segera teratasi, pelanggan akan berpindah atau memesan rumah kepada kompetitor sehingga akan menurunkan profit PT. Ventika Terra Semesta. Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan perlu dilakukan pemodelan dan analisis proses bisnis untuk mengetahui penyebab permasalahan sehingga dapat memberikan saran rekomendasi proses bisnis agar dapat meningkatkan efisiensi waktu. Proses bisnis merupakan titik awal yang baik dalam perbaikan pelayanan perusahaan. Pemodelan proses bisnis diperlukan sebagai langkah awal untuk dapat memahami proses bisnis perusahaan saat ini. Untuk melakukan pemodelan proses bisnis pada penelitian ini digunakan BPMN (Business Process Modelling and Notation). Untuk mendapatkan proses bisnis yang lebih baik pada divisi operasional PT. Ventika Terra Semesta dapat digunakan suatu metode untuk merekomendasikan perbaikan proses bisnis. Metode tersebut adalah Business Process Improvement (BPI). Untuk mengetahui aktivitas dalam proses bisnis yang perlu diperbaiki, penulis menggunakan teknik ESIA (Eliminate, Simplify, Integrate, Automate). Hasil simulasi yang telah dilakukan pada proses bisnis saat ini (as is) dan rekomendasi (to be) menunjukkan bahwa proses bisnis yang mempunyai penurunan waktu tertinggi yaitu proses bisnis pendokumentasian keluhan pelanggan sebesar 83,6% atau 2 hari 23 jam 29 menit 46 detik. Penurunan waktu pada proses bisnis pendokumentasian keluhan pelanggan tersebut dikarenakan adanya perubahan beberapa aktivitas yang semula berjalan secara manual menjadi aktivitas yang mendapat dukungan sistem informasi. Dengan demikian sistem informasi yang akan dikembangkan dalam pendokumentasian keluhan diharapkan dapat mempercepat waktu pendokumentasian keluhan pelanggan sebesar 83,6%. Kata kunci: Proses Bisnis, BPMN (Business Process Modelling and Notataion), BP
English Abstract
PT. Ventika Terra Semesta is a company property developer in Malang that engaged on housing developer. PT. Ventika Terra Semesta have divisions that help to reach the company goals. One of the divisions on PT. Ventika Terra semesta is operational division. Operational division on duty for doin development. Development is one of core activities of PT. Ventika terra semesta. Based on the result of interviews with part of PT. Ventika terra semesta there is a problem on operational division. That problem is often occur of delay in development. In one year happened five times of delay in development. This result is customer complains and delay in repayment for house. When that problem not immediately resolved, the customer will move to order house to the competitors, so that will decrease the provit of PT. Ventika terra semesta. ased on the problems that described is modeling needs to be done and business process analysis to find out the cause of problems so can provide a suggestion of business process in order to improve the time efficiency. Business process is a good starting point on improvement of company services. Business process modeling needed as a first step to understand the company's current business process. To doing business process modeling on this research uses BPMB (Business Process Modelling and Notation). To get a better business process on operational division of PT. Ventika terra semesta a method can be uses to recommend repairs of business process. The method is business process improvement (BPI). To find of activities on business process which needs to be repaired. The writer use the technique of ESIA ( Eliminate, Simplify, Integrate, Automate). Simulation results which has been done on the current business process and recommendations indicate that business process that has highest decrease in time is business process of documentation of customer complaints amounting to 83,6% or 2 day 23 hours 29 minutes 46 seconds. Decrease in time on business process, documentation on of customer complaints because of change some activities that the first one was running manually to be activities that received information system support. Therefore, information system to be developed on documentation of complaints expected to be speed up time on the documentation of customer complain amounting to 83,6%.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FILKOM/2019/499/051905882 |
Uncontrolled Keywords: | Proses Bisnis, BPMN (Business Process Modelling and Notataion), BPI (Business Process Improvement), ESIA ( Eliminate, Simplify, Integrate, Automate), Simulasi Proses Bisnis, Business Process, BPMN (Modeling and Business Process Notification), BPI (Business Process Improvement), ESIA (Eliminating, Simplifying, Integrating, Automating), Business Process Simulation |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:55 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 06:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172078 |
Preview |
Text
Apriyanti (2).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |