Dina, Mei Fayana Rosa (2019) Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Pembentukan Karakter Anak (Studi pada Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada pasal 28 menyebutkan bahwa: Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK), raudatul athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat. Menurut Megawangi (2004), anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter apabila dapat tumbuh pada lingkungan yang berkarakter, sehingga fitrah setiap anak yang dilahirkan suci dapat berkembang segara optimal. Mengingat lingkungan anak bukan saja lingkungan keluarga yang sifatnya mikro, maka semua pihak - keluarga, sekolah, media massa, komunitas bisnis, dan sebagainya - turut andil dalam perkembangan karakter anak. Dengan kata lain, mengembangkan generasi penerus bangsa yang berkarakter baik adalah tanggung jawab semua pihak. Pembentukan karakter pada anak memang sudah seharusnya diterapkan pada anak semenjak usia dini, karena hal tersebut akan mempengaruhi pola pembentukan kepribadian pada anak. Selain dari orang tua anak juga dibimbing dan diajarkan di sekolah untuk belajar disiplin dan mengikuti aturan/ perintah dari guru dengan menyenangkan. Oleh karena itu jika anak sejak usia dini sudah terbiasa membedakan mana hal-hal yang dianggap baik dan mana hal hal yang dianggap tidak baik maka dari situlah akan terbentuk Karakter anak yang sesungguhnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan anak usia dini terhadap pembentukan karakter anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanasi dengan menggunakan kuisioner sebagai metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wali murid sekolah PAUD Negeri dan sekolah PAUD Swasta.
English Abstract
Based on Law Number 20 of 2003 concerning the National Education System, Article 28 states that: Early childhood education is held before the basic education level, early childhood education can be held through formal, nonformal, and / or informal education channels. Early childhood education in the formal education path is in the form of kindergarten (TK), festivals athfal (RA), or other forms of equal. Early childhood education on non-formal education in the form of play groups (KB), child care parks (TPA), or other forms of equal. According to Megawangi (2004), children will grow into a character with character if they can grow in a characteristic environment, so that the nature of every child born holy can develop optimally. Considering the child's environment is not only a micro family environment, all parties - family, school, mass media, business community, etc. - contribute to the development of children's character. In other words, developing the next generation of a nation that has good character is the responsibility of all parties. Character formation in children is already supposed to be applied to children since an early age, because it will affect the pattern of personality formation in children. Apart from parents, children are also guided and taught in schools to learn discipline and follow the rules / orders from the teacher with fun. Therefore, if children from an early age are accustomed to distinguishing which things are considered good and which things are considered not good, then the real character of the child will be formed. Based on this, this study aims to determine the effect of early childhood education on the formation of children's character. The population in this study were guardians of the students of the Public PAUD school and the private PAUD school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/479/051906505 |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan,, Pembentukan Karakter Anak.-Early Childhood Education, Education Management, Children, Child Character. |
Subjects: | 300 Social sciences > 372 Primary education (Elementary education) > 372.2 Specific levels of primary education > 372.21 Preschool education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 16:44 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172063 |
Preview |
Text
Mei Fayana Rosa Dina.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |