Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Yang Akan Berdampak Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Dalam Pembelajaran Produktif Jurusan Multimedia (Studi Kasus: Smk Negeri 11 Malang)

Putri, Fadillah Eka (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Yang Akan Berdampak Pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Dalam Pembelajaran Produktif Jurusan Multimedia (Studi Kasus: Smk Negeri 11 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan adalah sesuatu kebutuhan yang mendasar bagi manusia, dalam pendidikan itu sendiri ada kegiatan yang utama yaitu pembelajaran. Pembelajaran bisa diartikan sebagai suatu interaksi antara guru dan peserta didik dengan memanfaatkan sumber belajar atau media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan guru untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran, media pembelajaran juga bisa mempengaruhi minat belajar dan motivasi belajar. Minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi bisa memprediksi hasil belajar yang tinggi pula. Di SMK Negeri 11 Malang, dalam mengajar produktif kelas XI jurusan Multimedia, guru selalu menggunakan media pembelajaran. Tetapi masih saja ditemukan permasalah dalam kegiatan pembelajaran, yang pertama peserta didik lebih cenderung diam jika mendapat kesulitan atau dengan kata lain kurang aktif di kelas, yang kedua para peserta didik juga tidak selalu mengumpulkan tugas tepat waktu, yang ketiga para peserta didik kurang bisa mengembangkan kreatifitas mereka, dan yang keempat dari hasil belajarnya terlihat peserta didik yang kurang aktif bisa mendapatkan nilai yang lebih bagus daripada peserta didik yang aktif. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran produktif mempengaruhi minat belajar dan motivasi belajar yang kemudian apakah minat belajar belajar dan motivasi belajar juga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Peneliti melakukan observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan data, kemudian untuk data hasil belajar diambil dari nilai Ujian Tengah Semester (UTS). Sampel yang digunakan menggunakan sampling jenuh atau mengambil seluruh populasi yaitu sebanyak 82 peserta didik. Untuk pengolahan data menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, pengujian parsial (uji-t), pengujian simultan (uji-f) dan koefisien determinasi. Peneliti menggunakan software SPSS 25 untuk membantu mengolah data. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu: (1) Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran produktif secara parsial mempengaruhi minat belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia, dibuktikan dari nilai 9,420 > 1,993 dengan taraf signifikansi 5%; (2) Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran produktif secara parsial mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia, dibuktikan dari nilai 9,012 > 1,993 dengan taraf signifikansi 5%; (3) Minat belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia secara parsial tidak mempengaruhi hasil belajar, dibuktikan dari nilai-0,656 < 1,993 dengan taraf signifikansi 5%; (4) Motivasi belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia secara parsial tidakvi mempengaruhi hasil belajar, dibuktikan dari nilai 0,127 < 1,993 dengan taraf signifikansi 5%; (5) Minat belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas XI jurusan Multimedia secara simultan tidak mempengaruhi hasil belajar, dibuktikan dari nilai 0,775 < 3,09 dengan taraf signifikansi 5%.

English Abstract

Education is a basic need for human beings, in education itself, there is the main activity, namely learning. Learning can be interpreted as an interaction between teachers and students by utilizing learning resources or learning media. Learning media is used by teachers to deliver material in learning, learning media can also influence learning interest and motivation to learn. Interest in learning and high learning motivation can predict high learning outcomes as well. In SMK Negeri 11 Malang, in teaching productive class XI Multimedia majors, teachers always use learning media. But problems are still found in learning activities, the first is that students are more likely to be quiet if they get into trouble or in other words less active in the class, the second the students also do not always collect assignments on time, the third students are less able to develop creativity them, and the fourth from the results of their study, it appears that students who are less active can get better grades than active students. So from that this research was conducted to find out whether the learning media used in productive learning influence the interest in learning and learning motivation which then whether the interest in learning and learning motivation also affects the learning outcomes of students. The researcher conducted observations, interviews, and distributed questionnaires to collect data, then for the learning outcomes data was taken from the value of the Middle Semester Exam (UTS). The sample used uses saturated sampling or takes the entire population as many as 82 students. For processing data using simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, partial testing (t-test), simultaneous testing (f-test) and coefficient of determination. The researcher used SPSS 25 software to help process data. From the research conducted, the results obtained are: (1) Learning media used in productive learning partially affect the learning interest of students of class XI Multimedia majors, as evidenced by the t_count 9.420> t_table 1.993 with a significance level of 5%; (2) Learning media used in productive learning partially affect the learning motivation of students in class XI Multimedia majors, as evidenced by the value of t-test 9.012> t table 1.993 with a significance level of 5%; (3) The interest in learning class XI students in Multimedia majors partially does not affect learning outcomes, as evidenced by the value of t-count -0.656 <1.993 t_table with a significance level of 5%; (4) Learning motivation of class XI students majoring in Multimedia partially does not affect learning outcomes, as evidenced by the value of t_count 0.127 <1.993 t_table with a significance level of 5%; (5) The interest in learning and learning motivation of class XI students in Multimedia majors simultaneously doesviii not affect learning outcomes, as evidenced from the value of f_count 0.775 <table 3.09 with a significance level of 5%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/460/051905843
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar, learning media, learning interest, learning motivation, learning outcomes
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:55
Last Modified: 28 Oct 2021 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172047
[thumbnail of Fadillah Eka Putri (2).pdf]
Preview
Text
Fadillah Eka Putri (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item