Penerapan Metode K-Means Clustering dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Pengelompokan Kinerja Guru dan Karyawan pada SMA Brawijaya Smart School

Imantika, Dika (2019) Penerapan Metode K-Means Clustering dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Pengelompokan Kinerja Guru dan Karyawan pada SMA Brawijaya Smart School. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SMA Brawijaya Smart School (SMA BSS) Malang setiap bulan telah rutin melakukan penilaian kinerja terhadap guru dan karyawan dimana setiap guru akan mendapatkan penilaian dari siswa yang diajarnya, dari sesama guru, dan dari karyawan. Sementara karyawan akan mendapat penilaian dari para guru dan sesama karyawan. Namun, pada pelaksanaan kegiatan ini masih terdapat beberapa kendala seperti kegiatan mencetak dan menyebarkan kuesioner yang dianggap kurang efisien, membutuhkan biaya dan tenaga yang tidak sedikit. Serta belum menggunakan sistem atau metode tertentu dalam mengolah hasil kuesioner menjadi nilai dan grafik untuk laporan bulanan dan penentuan guru atau karyawan terbaik. Metode clustering K-Means digunakan untuk membagi guru dan karyawan ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan nilai hasil kuesioner siswa, guru, dan karyawan. Kemudian digunakan metode Analytical Hierachy Process (AHP) untuk melakukan perangkingan terhadap guru dan karyawan dengan menggunakan prioritas pilihan dari berbagai alternatif. Dari hasil analisis cluster menggunakan metode Elbow, SSE, Connectivity, Dunn Index, dan Silhouette Width menunjukkan jumlah cluster yang optimal yaitu sebanyak 2 dan 3. Kemudian dihasilkan rangking guru dan karyawan menggunakan AHP pada masing-masing cluster beserta rangking secara keseluruhan dan per kriteria untuk guru dan karyawan dari tertinggi hingga terendah. Hasil uji korelasi Spearman pada data 1 menunjukkan angka 0,771 dan untuk data 2 adalah 0,888 dimana keduanya menunjukkan korelasi yang kuat. Serta hasil scatter plot keduanya menunjukkan korelasi yang bernilai positif. Dihasilkan sistem dashboard berupa grafik jumlah guru dan karyawan yang dinilai kinerjanya, jumlah cluster dan anggota masing-masing cluster, serta daftar rangking guru dan karyawan dengan hasil perhitungan Usability Testing menggunakan metode System Usability Testing (SUS) menunjukkan nilai sebesar 72,5 dengan kategori acceptable.

English Abstract

Brawijaya Smart School (BSS) Senior High School Malang every months did performance assessments for their teachers and employees where every teachers will get assessments from their students, fellow teachers, and employees. While the employees got assessment from teachers and fellow employees. However, at the implementation of this activity there still some problems such as printing and distributing questionnaires is inefficient, requiring costs and energy. As well as not using particular system or method in processing the results of the questionnaire into values and graphics for monthly reports and determine the best teacher or employee. K-Means clustering method is used to divide teachers and employees into groups based on value result from students, teachers, and employees questionnaire. Furthermore, the Analytical Hierarchy Process is a method used to rank the teachers and employees by using priority choices from various alternatives. Results of analysis using Elbow, SSE, Connectivity, Dunn Index, and Silhouette Width methods the optimal number of clusters is 2 and 3. Then the teachers and employees rankings are generated using AHP on each cluster along with overall rankings and per criteria from highest to lowest. From the Spearman correlation test in data 1 shows the number 0.771 and for data 2 is 0.888 where both show a strong correlation. As well as the results of scatter plots both show a positive correlation. The dashboard system is generated in the form of a graphics of the number of teachers and employees assessed for performance, the number of clusters and members of each cluster, and a list of teachers and employees. With the Usability Testing calculation using System Usability Testing (SUS) method showing a value of 72, 5 which is an acceptable categories.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/401/051905719
Uncontrolled Keywords: performance of teachers and employees, clustering, K-Means, Analytical Hierarchy Process
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:55
Last Modified: 24 Aug 2020 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172039
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item