Evaluasi Usability Aplikasi E-Tpt Berbasis Mobile Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Rahmadina, Annisa (2019) Evaluasi Usability Aplikasi E-Tpt Berbasis Mobile Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

e-TPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara adalah aplikasi inovasi dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara yang dikembangkan dan dikelola oleh seorang Account Representative. Aplikasi ini dibuat untuk menunjang aktivitas perpajakan yang dilakukan oleh Wajib Pajak. Fitur utama dari aplikasi ini adalah pengambilan nomor antrian secara online. Fitur lainnya antara lain berkomunikasi dengan petugas pajak, memeriksa kelengkapan berkas, unduh dokumen perpajakan, membuat kode billing untuk penyetoran pajak, e-Filling (Pelaporan SPT online), dan lacak permohonan. Dari awal publikasi, aplikasi ini hanya memperhatikan fungsionalitasnya saja dan belum dilakukan pengujian usability. Oleh karena itu dilakukan evaluasi heuristik untuk mengetahui permasalahan usability apa saja yang ada pada aplikasi e-TPT. Evaluator yang terlibat dalam proses evaluasi heuristik ini berjumlah 3 orang. Evaluasi usability dengan metode evaluasi heuristik menghasilkan total temuan permasalahan sebanyak 30 permasalahan. Dari total 30 permasalahan usability, ditemukan rata-rata severity ratings yang dapat diklasifikasikan menjadi 3 dari 4 kategori yaitu cosmetic, minor dan mayor. Prinsip yang memiliki permasalahan usability terbanyak adalah prinsip H-4 (Consistency and Standards) dengan jumlah 7 permasalahan atau 23,3% dari seluruh temuan permasalahan. Sedangkan prinsip heuristik yang memiliki nilai akumulasi (rata-rata) severity ratings tertinggi adalah H-9 (Help User Recognize, Diagnose and Recovers User) dengan nilai akumulasi sebesar 3. Rekomendasi perbaikan dibuat berdasarkan hasil evaluasi heuristik dan menghasilkan 10 desain halaman dan 6 desain popup/notifikasi

English Abstract

e-TPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara is an innovation application by Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara, developed and managed by an Account Representative. This application was made to support tax activity which is conducted by taxpayer, and it is optional to use this application. The main features of this application is to get queue number online. Another features that is available on this application are communicating with tax officer, checking document completeness, downloading tax document, make billing codes for paying tax, e-Filling (Online SPT report), and tracking request.. From the beginning of its publication, this application only focus on functionality and has not been tested for its usability. Therefore, heuristic evaluation is conducted to find out what usability problems exist in the application. The evaluators involved in this heuristic evaluation process were 3 evaluators. Usability evaluation using heuristic evaluation method resulted in a total of 30 problems. From these 30 usability problems, the average of severity ratings that is found can be classified into 3 of 4 category namely cosmetic, minor and mayor. The most usability problems are found in H-4 (Consistency and Standards) with total 7 problems or 23.3% from all problems found. While the highest average of severity rating is found in H-9 (Help User Recognize, Diagnose and Recovers User) which has an average severity ratings of 3. Improvement recommendations are made based on the results of the heuristic evaluation and produce 10 page designs and 6 pop-up / notification designs.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/453/051905836
Uncontrolled Keywords: evaluasi usability, usability, evaluasi heuristik, severity rating, aplikasi e-TPT, usability evaluation, usability, heuristic evaluation, severity rating, eTPT application
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.302 87 Testing and measurement
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:55
Last Modified: 25 Oct 2021 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172029
[thumbnail of Annisa Rahmadina (2).pdf]
Preview
Text
Annisa Rahmadina (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item