Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Tulungagung Tourism Dengan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Ueq)

Rolando, Edo Yokko (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Tulungagung Tourism Dengan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Ueq). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi Tulungagung Tourism merupakan suatu aplikasi dalam bidang pariwisata dibawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung. Aplikasi ini berguna untuk para wisatawan yang berasal dari Tulungagung atau bahkan dari luar Tulungagung, untuk mengetahui informasi dan rekomendasi tentang spot wisata yang ada di Tulungagung. Suatu aplikasi tentunya harus mempunyai usability yang baik sehingga pengguna akan mempunyai pengalaman yang baik pada saat menggunakan suatu aplikasi. Berbeda pada aplikasi mobile Tulungagung Tourism. Pada aplikasi ini mempunyai masalah terkait usability seperti pengguna tidak mendapatkan output yang mereka harapkan pada saat mengoperasikan aplikasi. Pada penelitian ini akan menganalisis suatu tingkat usability berdasarkan pengalaman pengguna pada aplikasi mobile Tulungagung Tourism dengan menggunakan metode usability testing dan user experience questionnaire (UEQ). Metode usability testing digunakan untuk mengukur tingkat efektifitas dan tingkat efisiensi dari aplikasi ini. Lalu, pada metode User Experience Questionnaire (UEQ) akan mengukur tingkat kepuasan dengan menggunakan konsep hedonic quality, dimana pada konsep tersebut akan melihat skala stimulation dan novelty dari metode UEQ tersebut. Pada penelitian ini nantinya mempunyai hasil akhir yaitu suatu rekomendasi prototype antarmuka baru dengan acuan dari hasil evaluasi aplikasi mobile Tulungagung Tourism dengan antarmuka lama. Setelah dilakukan analisis pada hasil evaluasi lanjut menggunakan metode usability testing, dihasilkan tingkat efektifitas pada antarmuka baru sebesar 99,73%. Sedangkan tingkat efisiensi pada antarmuka baru sebesar 97,61%, dimana selisih kenaikan pada hasil evaluasi antarmuka lama cukup tinggi. Untuk tingkat kepuasan sendiri yang diperoleh dari metode UEQ dihasilkan rata-rata sebesar 1,8 dari skala 3, dimana hasil tersebut mengalami kenaikan pula. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perancangan user interface atau antarmuka baru dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik daripada pengalaman pengguna pada antarmuka lama.

English Abstract

The Tulungagung Tourism application is an application in the field of tourism under the auspices of the Tulungagung Regency Culture and Tourism Office. This application is useful for tourists who come from Tulungagung or even from outside Tulungagung, to find out information and recommendations about tourist spots in Tulungagung. An application must certainly have good usability so that users will have good experience when using an application. Different on the Tulungagung Tourism mobile application. This application has usability related problems such as users not getting the output they expect when operating an application. In this study, we will analyze a usability level based on user experience on the Tulungagung Tourism mobile application using the usability testing method and user experience questionnaire (UEQ). The usability testing method is used to measure the level of effectiveness and efficiency of this application. Then, on the User Experience Questionnaire (UEQ) method will measure the level of satisfaction by using the concept of hedonic quality, wherein the concept will see the scale of stimulation and novelty of the UEQ method. In this study, the final result will be a recommendation for a new interface prototype with reference to the results of the evaluation of the Tulungagung Tourism mobile application with the old interface. After analyzing the results of further evaluation using the usability testing method, the effectiveness of the new interface resulted in 99.73%. While the level of efficiency in the new interface is 97.61%, where the difference in increase in the old interface evaluation results is quite high. For the level of self-satisfaction obtained from the UEQ method, an average of 1.8 on a scale of 3 is generated, where the results also increase. Therefore, it can be concluded that the design of a new user interface or interface can provide a better user experience than the user experience on the old interface.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/486/051905869
Uncontrolled Keywords: usability testing, user experience questionnaire (UEQ), user interface, user experience, usability, : usability testing, user experience questionnaire (UEQ), user interface, user experience, usability
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.2 System analysis and design, computer architecture, performance evaluation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:31
Last Modified: 25 Oct 2021 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172020
[thumbnail of Edo Yokko Rolando_Full Text Skripsi (2).pdf]
Preview
Text
Edo Yokko Rolando_Full Text Skripsi (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item