Evaluasi Kesuksesan Implementasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Di Kabupaten Sidoarjo Berdasarkan Model DeLone and McLean

Fannani, Alfian (2019) Evaluasi Kesuksesan Implementasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Di Kabupaten Sidoarjo Berdasarkan Model DeLone and McLean. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah mengimplementasikan e-government bagi pegawai yang bernama Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) untuk memberikan layanan bagi pegawai dalam penilaian prestasi kerja. Namun, dalam penggunaan sehari-hari SKP masih memiliki berbagai macam kendala. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiap-tiap variabel pada model DeLone and McLean untuk mengetahui sejauh mana kesuksesan SKP Kabupaten Sidoarjo. Model DeLone and McLean yang terdiri dari variabel information quality, system quality, service quality, intention to use, user satisfaction, dan net benefit. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan 10 kuesioner kepada 12 Satuan Kerja Pangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Sidoarjo dengan teknik pengambilan data cluster random sampling. Data yang terkumpul dari pegawai yang bertindak sebagai responden adalah sebesar 120 setelah itu diolah dengan pendekatan statistik deskriptif dan didapatkan hasil bahwa tingkat kesuksesan SKP di Kabupaten Sidoarjo dari perspektif pegawai dengan persentase sebesar 82,34% yang termasuk dalam kategori ‘Sangat Tinggi’. Namun, masih terdapat tiga variabel yang memiliki nilai di bawah rata-rata, yaitu variabel information quality dengan indikator yang terendah relevance, accuracy, dan completeness; system quality dengan indikator yang terendah integration; dan service quality dengan indikator yang terendah responsive dan empathy. Sebagai rekomendasi, maka variabel yang masih di bawah rata-rata perlu dioptimalkan melalui perbaikan.

English Abstract

Sidoarjo government has implemented e-government for employees named Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) to provide services for employees in work performance assessments. However, in daily use SKP still has a various of problems. This study aims to describe variable in the DeLone and McLean model to find out the success of SKP in Sidoarjo. The DeLone and McLean model consists of variables of information quality, system quality, service quality, intention to use, user satisfaction, and net benefits. Descriptive statistical approach ware applied to processed data from 120 employees of e-government system by distributing 10 questionnaires to 12 Satuan Kerja Pangkat Daerah (SKPD) in Sidoarjo. The finding of this study that the success rate of SKP in Sidoarjo from the perspective of employees with a percentage of 82.34% was included in the 'Very High' category. However, there are still three variables that have values below the average, namely the variable information quality with the lowest indicators of relevance, accuracy, and completeness; system quality with the lowest indicators of integration; and service quality with the lowest indicators of responsive and empathy. As a recommendation, the variable that is still below the average needs to be optimized through improvement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/333/051905651
Uncontrolled Keywords: sasaran kinerja pegawai, evaluasi, kesuksesan, DeLone and McLean Model, e-government
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.3 Computer modeling and simulation
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:28
Last Modified: 30 Jul 2020 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171990
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item