Maulana, Bagus Akbar and Lutfi, Muhammad Fahmi (2019) Studi Penentuan Lokasi dan Kebutuhan Fasilitas Stasiun pada Rencana Pembangunan Light Rail Transit di Kota Manado. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemacetan menjadi salah satu permasalahan transportasi di Kota Manado. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Kota Manado berencana membangun LRT di Kota Manado. Belum optimalnya kinerja angkutan umum di kota Manado juga menjadi alasan pemilihan LRT sebagaii solusi. Pemerintah Kota Manado telah menentukan trase yang akan digunakan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pelaku perjalanan,menentukan lokasi ideal stasiun, memperkirakan jumlah potensi penumpang serta merencanakan kebutuhan fasilitas dan luasan stasiun . Wilayah studi ini bertempatan pada jalan utama di Jln. RW Mongisidi berdasarkan hasil studi trase yang telah dilakukan sebelumnya. Survei yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi survei traffic counting yang dilakukan selama 1 hari, survei Road Side Interview selama 3 hari , dan survei angkutan umum dinamis selama 1 hari. Data yang dibutuhkan pada saat survei adalah volume jumlah kendaraan yang melintas, Jumlah dan lokasi naik turun penumpang angkutan umum, dan karakteristik pelaku perjalanan yang melintas pada wilayah studi. Metode yang digunakan dalam penentuan lokasi stasiun yaitu metode analis naik turun penumpang angkutan umum dan metode MAT. Standar yang digunakan dalam perencanaan stasiun LRT ada 3, dari Indonesia yaitu Buku Standarisasi Stasiun Indonesia, dari Jepang yaitu Standar JICA , dan dari Edmonton yaitu ETS. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden melakukan perjalanan dengan maksud bekerja sebesar 54% dengan tingkat frekuensi perjalanan setiap hari sebanyak 37% dari jumlah responden. Lokasi ideal Stasiun LRT sejumlah 6 titik lokasi stasiun yakni Stasiun Terminal Malalayang, Stasiun RS. Kandou, Stasiun Bahu Mall, Stasiun Manado Town Square, Stasiun Megamas Mall, dan Stasiun Pusat Kota. Jumlah potensi penumpang pada arah Malalayang – Pusat Kota dalam sehari adalah sebanyak 25351 penumpang. Jam puncak terjadi pada pukul 07.00 hingga 08.00 dengan jumlah penumpang sebanyak 2214 penumpang. Sedangkan pada arah Pusat Kota – Malalayang sebanyak 21748 penumpang. Jam puncak terjadi pada pukul 18.00 hingga 19.00 dengan jumlah penumpang sebanyak 2005 penumpang. Stasiun menggunakan tipe Elevated Station adalah Stasiun Pusat Kota, Stasiun Megamas Mall, Stasiun Manado Town Square, dan Stasiun Bahu Mall. Adapun untuk stasiun dengan tipe Ground Level Station adalah Stasiun Terminal Malalayang dan Stasiun RS. Kandou. Kebutuhan fasilitas stasiun LRT pada tiap stasiun yang disediakan antara lain Fasilitas Pergerakan, Fasilitas Penumpang, Fasilitas Pelayanan Costumer, Fasilitas Pekerja, dan Ruang M.E . Fasilitas Pergerakan ini meliputi Eskalator, Elevator/ Lift, dan Tangga. Fasilitas Penumpang meliputi Musholla, Toilet Umum, dan Ruang Menyusui. Fasilitas Pelayanan Costumer meliputi Loket Pembelian Tiket Manual, TVM (Ticket Vending Machine), Kantor Pelayanan Stasiun, dan Ruang Informasi. dan Fasilitas Pekerja meliputi Ruang Staff, Ruang Petugas Kebersihan, Ruang Petugas Keamanan, dan Dapur.
English Abstract
The human need to move from one place to another requires a reliable mode of transportation with low cost of travel, fast travel time. One city that has the potential to do massbased urban transportation infrastructure development to overcome the congestion problem that occurs is the City of Manado. LRT or Light Rail Transit has an advantage over Bus ground transportation modes namely greater carrying capacity, higher durability, smaller noise and environmentally friendly. Manado City stakeholders have determined the phase to be used, but still need further study on the movement characteristics of the passenger, the station's ideal location, the number of potential passengers at each station location and the need for station facilities for passengers. This study area is located on the main road at Jln. RW Mongisidi based on the results of a previous transient study. The survey conducted in this study included asurvey traffic counting conducted for 1 day, a Road Side Interview 3-day survey, and a 1-day dynamic public transport survey. The data needed at the time of the survey was the volume of the number of vehicles passing, the number and location of ups and downs of public transport passengers, and the characteristics of travelers who crossed the study area. The method used in determining the location of the station is the method of analyzing up and down public transport passengers and the MAT method. The standards used in planning LRT stations are 3, from Indonesia, namely the Indonesian Station Standardization Book, from Japan, namely Standard JICA, and from Edmonton, namely ETS. The results showed that the majority of respondents traveled with the intention of working at 54% with a daily travel frequency of 37% of the total respondents. Ideal location for LRT Station for 6 stations, namely Terminal Malalayang Station, RS Kandou Station, Stasiun Bahu Mall, Manado Town Square Station, Megamas Mall Station, and Pusat Kota Station. The number of potential passengers in the Malalayang - Pusat Kota direction in a day is 25351 passengers. The peak hours occur at 07.00 to 08.00 with 2214 passengers. While in the direction of Pusat Kota - Malalayang as many as 21748 passengers. The peak hours occur at 6:00 p.m. to 7:00 p.m. with a total passenger number of 2005 passengers. The station using thetype Elevated Station is the Pusat Kota Station, Megamas Mall Station, Manado Town Square Station, and Bahu Mall Station. As for the Station withtype, Ground Level Station Terminal Malalayang Station and RS Kandou Station. The needs of the LRT station facilities at each station provided include Movement Facilities, Passenger Facilities, Customer Service Facilities, Worker Facilities, and ME Space. These Movement facilities include Escalators, Elevators / Lifts, and Stairs. Passenger facilities include prayer rooms, public toilets, and breastfeeding rooms. Customer Service Facilities include the Manual Ticket Purchase Counter, TVM (Ticket Vending Machine), Station Service Office, and Information Room. and Worker Facilities include Staff Room, Cleaning Room, Security Officer Room, and Kitchen.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2019/749/051906609 |
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Light Rail Transit, Stasiun, Penumpang, Manado, Transportation, Light Rail Transit, Stations, Passengers, Manado |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.7 Roads > 625.702 85 Computer applications |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:55 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/171945 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |